Home > Other Issues > Blok Cepu: kapan ya tender EPC-nya?

Blok Cepu: kapan ya tender EPC-nya?

Menjadi penantian banyak EPC company seluruh dunia tentang tender EPC Blok Cepu yang dimiliki ExxonMobile. Bukan apa-apa, dilihat dari potensinya ini bakal menjadi salah satu mega project di Indonesia.

Sekalipun saat ini saya bergabung dengan EPC overseas, besar harapan saya bahwa nanti EPC lokal seperti IKPT, Rekayasa Industri, Tripatra, serta fabrikator lokal seperti Bangun Bejana, Singgar Sarana, Puspetindo, dll bisa kebagian rejeki juga. Khusus untuk EPC lokal, mohon jangan saling ‘bunuh-bunuhan’ ya he he he (ini ironis, tapi sering terjadi lho, insyaallah saya tulis di lain kesempatan).

Berikut ini update terbaru tentang Blok Cepu dari detik.com, 5 Jan 2007

Pengembangan sentral fasilitas produksi migas blok Cepu di Kabupaten Bojonegoro harus terus dikebut. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro meminta selambatnya akhir 2008 blok Cepu sudah mulai berproduksi untuk mengantisipasi potensi krisis energi nasional.

“Batas waktunya paling lambat akhir tahun ini migas blok Cepu sudah harus produksi. Makanya pembangunan fasilitas lapangan minyak harus dipercepat, seperti infrastruktur jalan dan soal teknis lainnya,” ujar Purnomo pada detikFinance.

Hal itu diungkapkan Purnomo usai memberikan bantuan bagi korban banjir Bojonegoro dan Cepu di Kampus Akademi Migas Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Sabtu (5/1/2008).

Beberapa fasilitas produksi yang dikerjakan pembangunan landasan helikopter (helipad), pergudangan serta base camp karyawan Exxon Mobil. Jika nantinya fasilitas itu sudah tersedia, maka Exxon Mobil sebagai kontraktor tinggal melakukan pengembangan lapangan minyak blok Cepu menjadi 49 sumur, dari yang sekarang baru 4 sumur di lapangan Banyu Urip di Desa Mojodelik, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro.

Hanya saja masih ada persoalan lebih teknis yang dihadapi yakni pola distribusi minyak mentah hasil eksploitasi dari lapangan blok Cepu itu sendiri. Pilihannya antara dikapalkan di lepas pantai Kabupaten Tuban melalui saluran pipa bawah tanah, atau membangun kilang (pabrik pemurnian) minyak di sekitar tambang blok Cepu.

“Nah, akan dikemanakan minyak itu nanti? Apakah dilewatkan pipa ke pantai atau buat kilang portable disini? Masalahnya kita diuber oleh waktu, kita sekarang butuh pasokan energi dari lapangan blok Cepu,” tambah Purnomo, yang didampingi oleh pejabat BP Migas, Pertamina, Exxon Mobil, Petrochina, dan sejumlah sub kontraktor migas yang beroperasi di Blok Cepu dan Tuban.

About these ads
Categories: Other Issues
  1. Eko P
    June 28, 2008 at 5:00 am

    Iya boss, saya juga lagi nunggu info nih proyek infrastruktur kena siapa yah? Kalo udah dapat infor bagi-bagi boss, kita supplier part alat berat di Surabaya juga pengen mengajukan sebagai relasinya.

  2. mrv
    July 21, 2008 at 8:23 am

    bos tendernya EPC blok cepu sudah mulai tuchhh
    silahkan cari2 aja belum ada pemenangnya nanati kalo udah ada kasih kabar dechhh

  3. Arya
    August 8, 2008 at 1:37 am

    Mau infokan kabar yg belum pasti kebenarannya….

    Tripatra akan bekerja sama dengan TOYO.
    Agar kemungkinan mendapatkan proyeknya lebih besar.

    Sayangnya……tripatra lebih suka meng-hire banyak engineer dengan rate fresh grad daripada menghire 1 engineer yang berpengalaman dan terbukti kualitas kerjanya.
    Ini udah jadi rahasia umum para ex-tripatra.
    Faktanya turn over karyawannya sangat tinggi (diperkuat dengan pernyataan HRD-nya).

    Bagaimana bangsa kita bisa maju kalo prinsipnya dengan pengeluaran yang sekecil-kecilnya mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya diterapkan secara keliru.

  4. April 21, 2009 at 9:53 am

    iya katanya ada tender epc di petrochina ???

  5. Hermanus
    August 27, 2009 at 2:00 am

    Saya mau tanya, apakah sudah ada pemenang tender EPC Blok Cepu.
    Kalau sudah ada pemenangnya tolong di infokan donk..

    Thanks

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 47 other followers

%d bloggers like this: