Home > EPC and Migas > Analisa Gaji Engineer Indonesia (local vs expatriate)

Analisa Gaji Engineer Indonesia (local vs expatriate)

dari yang beredar di banyak milist, Hays (consulting company di bidang HR) mengeluarkan report tahun 2010 ttg Survey Salary di bidang Oil and Gas.

terlepas dari seberapa akurat (yang tentu tergantung dari metode survey dan pengolahan data) yang patut dicermati adalah kenyataan betapa ‘memalukannya’ standard gaji di Indonesia.

berikut kutipan untuk beberapa negara di asia (untuk permanent staff) kolom kiri adalah gaji engineer lokal, sementara kolom kanan adalah gaji engineer expat yang tinggal di negara tersebut

betapa terlihat bahwa para expatriate (terutama westerner) akan menganggap bekerja di Indonesia adalah surga karena mereka dibayar lebih dari 4 x para tenaga lokal (USD 32000 vs USD 136000). dengan biaya hidup di Indonesia yang paling murah, mereka – expatriate tsb – justru menikmati rate yang paling tinggi!

ini semakin memiriskan jika kita lihat di India justru gaji lokal tidak jauh beda dengan gaji expat, itulah mungkin alasannya orang2 India tsb berbondong2 bekerja di Technip, WorleyParsons dan belasan consulting company (dan oil company) lainnya di Indonesia!!

dari sisi salary lokal, mari kita bahas. disebutkan salary average adalah di angka USD 32000 / tahun, jika dibagi dengan 14 (12+1 THR+1 bonus) berarti sebulan (dengan kurs 1 USD = Rp 9200) adalah Rp 21jt (GROSS). jika dianggap rate tersebut adalah untuk 7-8 years exp (saya kira populasi terbesar di Indonesia adalah dikisaran tsb) maka saya kira salary survey tsb sudah lumayan akurat, meski kelihatannya sedikit under-estimated.

tentu para engineer yang bekerja sebagai client akan protes: angka segitu kekecilan!, tetapi mari kita ingat bahwa surveynya meliputi para pekerja di EPC, consulting company maupun tentunya Oil&Gas (client) company.

analisa dari sisi disiplin akan saya bahas di lain kesempatan.

untuk hasil survey resmi bisa dilihat di http://www.hays.com.sg

About these ads
Categories: EPC and Migas Tags: , ,
  1. Inge
    April 26, 2010 at 5:47 am

    Engineers di perusahaan saya (O&G industry juga), untuk 7 – 8 tahun paid (annual guaranteed cash) at minimum USD 45,652 gross. Expat average gross: USD 216,000 per annum. Jadi Hay more or less udah bener…

  2. tukang mesin
    September 6, 2010 at 3:25 pm

    sakit ati sih emang, tapi mo apalagi, ketika kita nego gaji, mereka bilang “masih banyak yang mao dg gaji yang telah kami setujui”…????? sementara kita juga butuh kesempatan itu.
    Bah…! pekerja emang selalu berada pada posisi lemah utk bisa menawar.

  3. gultom9
    October 12, 2010 at 5:34 am

    jangan berharap gaji tinggilah klp bekerja di indonesia, nasib..nasibbbbbb

  4. panie
    October 16, 2010 at 3:46 am

    wow…amazing.
    Apakah itu average di O & G company termasuk services company BUMN seperti Pertamina.
    Denger-denger lumayan banyak yang hijrah jua dari 7 sister ke Pertamina PHE ONWJ
    Kalo pertamina PHE gimana ya??

  5. Gallant
    December 12, 2010 at 9:00 am

    sy masi kurang jelas,salary yg dimaksd apakah itu brlaku diseluruh prusahaan O&G di indonesia? Memangnya apa yg menyebabkan perbedaan gaji tersebut (expatriate vs local)? Bagaimana dengan bekerja di O&G asing yg ada di indonesia? ex,chevron,total,dll,apakah salary pekerja indonesia juga murah?

  6. Faisol
    January 7, 2011 at 1:27 am

    kalau saya suggest kepada DEPNAKER dan imigrasi tentang ketenaga kerjaan,
    agas tenaga expart yang tertera ditable tsb harus secepat mungkin di kurangi dan di replace denga tenaga local indonesia kareana kapan lagi kita akan mau maju dengan technology yang semakin bekembang dan banyak anak anak indonesia yang tidak kalah profesional di bidangnya masing masing apalagi di EPCI,
    apalagi tenaga tenga yang dari Asia seperti india, malasia, philipina agar segera dikurangi dan segera return back home to they country,

    semoga menjadi masukan saran saran saya ini,

    Wasalam,
    fh

  7. d_ah19
    February 8, 2011 at 8:12 am

    hai teman2….lg cari penawaran hasil survey salary report chemical industry nh…
    ada yang bisa kasih tw ga ya, mesti kontak siapa?
    mohon infonya ya..
    thanks.

  8. dian
    April 8, 2011 at 2:12 am

    kalo PHE kan dulunya kontraktornya Petrosea untuk upgrade APN menang tender lawan Nisconi sama Mc Dermot. Jadi BP west java jadi Pertamina PHE ONWJ, karena dijual ke Pertamina. Nah engineer Petrosea yg kerja di proyek ini banyak yg pindah ke ONWJ, meskipun sebetulnya ndak ngeti juga mereka, karena yg expert ada di orang asingnya sama beberapa engineer yg masih ada di Petrosea. Kita lihat saja performancenya setelah pindah

  9. Mike Charlie
    April 19, 2011 at 9:54 pm

    Bagusnya gak usah sibuk cari gaji besar sebelum tanya diri terlebih dulu, apakah sudah mampu bekerja sebagaimana mestinya atau hanya modal ijasah doang. Karena banyak engineer muda kita hanya pandai ngeyel dibanding mengetahui apa yang seharusnya dikerjakan. ini kenyataan dilapangan …

    • lokaljaya@gmail.com
      November 1, 2011 at 10:31 am

      Mike Charlie :
      Bagusnya gak usah sibuk cari gaji besar sebelum tanya diri terlebih dulu, apakah sudah mampu bekerja sebagaimana mestinya atau hanya modal ijasah doang. Karena banyak engineer muda kita hanya pandai ngeyel dibanding mengetahui apa yang seharusnya dikerjakan. ini kenyataan dilapangan …

      Gimana gak ngeyel, kalau sudah gaji kecil, atasan dari engineer muda (si expat itu) cuma main perintah tapi tidak mau kasih petunjuk dengan detail.
      Namanya Engineer Muda kan masih cari pengalaman,… dan memang modalnya cuma ijazah (karena belum punya pengalaman).

      anda pakai nama Mike Charlie, kayaknya dari namanya saja sudah berbau bau expat hahaha

      Para pekerja lokal Indonesia, kebanyakan bekerja kerja keras dengan gaji cukup untuk
      kebutuhan keluarga, dan biasanya pulang kerja sebagian besar langsung pulang ke rumah menemui anak istri tercinta.

      Para pekerja expat, kebanyakan memang bekerja keras tapi sudah sepantasnya karena gajinya rata rata 4 kali lipat, dan biasanya pulang kerja sebagian besar langsung minum minum dan having fun.

      Jika para pekerja lokal digaji sama dengan pekerja expat, sudah pasti mereka akan bekerja lebih keras lagi, sebab siapa juga yang mau kehilangan penghasilan/gaji yang sudah bagus.

      Sekarang gini deh, anda pekerja lokal bekerja dengan gaji 30ribu USD per tahun.
      lalu anda diberi tawaran akan dinaikkan gajinya jadi 130ribu USD per tahun, tapi harus
      kerja lebih keras lagi, kira kira bagaimana responnya ?

      expat juga BANYAK yang kerjanya GAK BERES, bisanya main main dengan ARTIS!
      Expat itu juga manusia, kalau di negara asalnya aja juga banyak yang kerjanya gak beres,
      jadi apakah kalau dia pindah kerja di Indonesia, lantas pasti kerjanya beres ?

      Gaji 4 kali lipat, sudah seharusnya kerjanya harus beres!

  10. Teguh
    August 11, 2011 at 11:19 pm

    kita ingin gaji gede supaya banyak uang, banyak uang berarti kaya….gini ya, klo mau kaya, bikin perusahaan sendiri donk, sekalian membuka lapangan kerja baru…selama kita kerja terus sama orang yaaa, segitu2 aja dapetnya, jadi manusia rata2, gaji terbesar yang aku tau di bidang oil and gas di indonesia itu adalah Drilling supervisor (Company man) CMIIW mungkin ada yang lebih*, di salah satu oil company berani bayar 1300USD/day, 2 minggu on, 2 minggu off, sebulan kira2 182 juta (sistem kontrak), mungkin kalo di Service company macem Schlumberger ato Halliburton pegawai seniornya yang kerja dilapangan sekitaran 100jt-150jt/bulan (permanen employee), tergantung berapa lama dia di lapangan. Nah kalo buka usaha sendiri, per bulan bisa 500jt tuh! bahkan 1M…bayangin aja klo di Indonesia semua orang pinternya (terutama lulusan2 ITB, UI, UGM) bisa mendirikan perusahaan sendiri (enterpreneur/technopreneur), aku yakin indonesia pasti menjadi negara maju dan enggak tergantung sama negara lain….ayo budayakan budaya wiraswasta daripada mengeluh ngeliat duit si expat2 itu….

  11. buya
    November 25, 2011 at 9:17 pm

    Alhamdulillah saya bekerja di perusahaan dengan bayaran tinggi kalau begitu, setahun saya dapat more or less $50000 net

  1. March 14, 2010 at 3:19 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 47 other followers

%d bloggers like this: