Home > EPC and Migas > Blogs around EPC and Oil & Gas

Blogs around EPC and Oil & Gas

All,

Belakangan saya suka memindai diskusi di beberapa blog tentang dunia EPC – dunia yang saya geluti 10 tahun ini – terutama EPC yang berkaitan dengan dunia oil & gas. Seru-seru diskusinya mulai dari gaji, karir, gimana bekerja di luar negeri, enakan jadi manager atau engineer etc.

Biasanya saya intip di http://priandoyo.wordpress.com/ atau di http://don85.wordpress.com/ atau malah langsung ke mbahnya (pisss man :-D) di http://rovicky.wordpress.com/

ada beberapa hal yang menarik saya kira, dan boleh dong saya kasih pendapat…

kalo wp yang pertama (priandoyo) saya salut dengan data-data survey gajinya, maklum auditor kali ya. tapi kalo masalah menanggapi pertanyaan tentang karir di EPC etc, saya kira he is not the best person to ask. no hurt feeling ya, cuma memang masalah karir EPC dan oil & gas lainnya ya harus dijawab oleh yang dibidangnya dong.

saya sempet bingung dan feel weird membaca perdebatan antara mas priandoyo dengan gilang di http://priandoyo.wordpress.com/2007/04/17/gaji-di-perusahaan-minyak-analisa-untung-rugi/. ya gak nyambung dong seorang offshore practicer debat dengan seorang auditor dalam masalah cengeng-cengeng di dunia pekerjaan hi hi hi…. wong yang dibahas tentang analisis gaji untung-rugi kok. btw, saya juga sebenernya gak terlalu sreg kalo gaji sampai segitunya dianalisis. kalo kita dagang okelah ada untung-rugi tapi kalau gaji, kayaknya gak fair deh!

mas anjar pasti maksudnya baik: ini ditinjau dari sisi auditor, tapi mesti diingat di dunia EPC (dan juga perusahaan migas) itu sangat ‘contract’ base (ini gak ada hubungannya dengan status karyawan lho) yang diimbasi oleh pemenangan tender proyek. lha kalau proyek gede dan margin gede, otomatis pantas dapat gaji besar dong. jadi untung-rugi gaji berapa itu harus dilihat konteksnya dulu… anyway, mas anjar, keep on posting the good survey result!

wp yang kedua ini mas doni. lumayan banyak penggemar terutama buat mereka2 yang kepengen kerja sebagai expat. kenapa ya orang pengen banget jadi expat? (ini selalu menjadi topik hangat). saya sendiri sempet kerja di belgie, denmark dan sekarang di malaysia, dan memang merasa kehidupan expat ini (gak selalu sih) jadi keingintahuan banyak orang… mas doni itu selalu tampil update dan sangat menguasai bidangnya (stress analysis) dan terlihat sangat menikmati kehidupannya di UK (..sst.. dulu saya sempet ditawari di Manchester tapi saya gak berani ambil he he he)

wp yang ketiga (pak rovicky), paling dahsyat kalo kasih presentasi. detaaaaail tenan… tapi memang dunianya upstreamnya. kalo saya yang di downstream migas, cuman nambah2 info aja tapi gak bisa comment. khusus untuk analisis boom-oil-over itu asli kereeen banget… btw, pak rovicky kan di KL ya, saya di melaka nih, pengen banget ngobrol2 dan diskusi dengan beliau…

naaah, ada yang tau gak blogs lain yang menarik untuk kita intip?

Categories: EPC and Migas Tags: ,
  1. September 24, 2007 at 1:51 am

    Halo Mas Hamdi, terimakasih sudah menganalisa posting saya ya🙂. Memang kalau sudah masuk di debat kusir, postingan diblog itu sulit sekali dikontrol. Kadang maksud kita kemana komentator ngarahnya kemana.

    Saya sendiri berusaha memposisikan diri saya netral, tidak pro Oil, tidak pro Telco atau Banking. Yang saya harapkan adalah orang bisa mendapatkan gambaran sebuah lapangan kerja dari berbagai sisi. Kalau seseorang memang ingin terjun di Oil memang mutlak tanya orang Oil, tapi ada juga orang yang masih punya pilihan diluar Oil kan? artinya orang itu juga harus mendapatkan masukan dari pihak diluar Oil.

    Tentang analisa gaji, yang dibahas itu kan brief saja mas Hamdi. Kalau mau detail saya bisa kena ‘hukum’ juga, kan ada aturan confidential agreementnya. Saya kira diskusinya masih wajar kok. Dan saya kira tidak ada yang dirugikan dalam hal ini. Mungkin judulnya terkesan gimana ya, analisa gaji, tapi tujuannya lebih ke sharing suasana didunia kerjanya kok.

    Terimakasih ya mas

  1. October 21, 2007 at 6:27 am

Leave a Reply

