Home > Common > 100 Kota Paling Enak untuk Expatriate

100 Kota Paling Enak untuk Expatriate

Di majalah Business Week belum lama ini, ditampilkan daftar 100 kota yang paling enak untuk ditinggali oleh expatriate. Katanya ‘world’s top 100 most liveable cities’ ini ditinjau dari beberapa hal seperti kestabilan politik dan keamanan (amat penting buat expatriate!), nilai kurs mata uang, kualitas sekolah, housing, etc.

Dari beberapa kota ini sebagian sudah pernah saya datangin dan saya mau kasih sedikit komentar.

Berikut daftarnya (sampai nomer 20 aja yaa…):

1 dan 2. Zurich dan Geneve, Switzerland (dua duanya belum pernah saya datangin hiks…)

3. Vancouver, Canada. Setuju banget!! kotanya indah, bersih dan enak untuk ditinggali. Saya ke Vancouver tahun 2005 dan sempat main ke tempat temen yang sedang ambil s2 di UBC. Dari dia saya juga tau bahwa untuk cari kerja juga gak susah2 banget (sekalipun juga gak gampang banget). Info tambahan saja: waktu itu saya sempet ke Edmonton, Alberta, dan disana banyak banget tulisan ‘job vacant’ di banyak toko2. ..

3 (lagi). Vienna, Austria. Saya belum pernah ke sana, tapi saya pernah ke Salzburg dan Austria memang negeri yang indaaaah banget karena di kaki Alpen. Buat yang fall in love dengan Sound of Music, kunjungan ke Salzburg itu sangat menyenangkan.

5. Auckland, NZ. Belum pernah, jadi gak tau he he he

6. Dusseldorf, Germany. Saya ke sana tahun 2003 dan asli ini kota bernuansa jepang banget!! (ngga tau nih alasan dan historynya – any readers want to comment on this?)

7. Frankfurt, Germany. Saya asli gak tau kenapa bisa diurutan tujuh, perasaan gak ada yang istimewa deh… (maaf nih buat frakfurt-ers)

8. Munich, Germany. Ini kota penuh sejarah (Nazi, WorldCup) dan taman bunga-nya cantiiik banget. Saya dua kali kesana dan pengen lagi kapan kapan ke sana (pengen ngunjungin lagi museum BMW!)

9. Bern, Switzerland. Heran deh, kok Swiss banyak ya di list tapi sayang saya malah belum pernah kesana😦

9 (lagi). Sydney, Aussie. Belon pernah juga!

11. Copenhagen, Denmark. Wah, ini sering banget saya datangin he he he (ya jelas, saya kan dua tahun di Denmark). Kotanya memang menarik juga sih, tapi rada heran kok Paris bisa kalah he he he)

12. Wellington, NZ. Belum pernah ke sana, tapi dua keponakan saya yang lucu2 lahir disana!

13. Amsterdam, Netherland. Rada gak setuju. Saya bilang ini kota kriminal, habis suasananya serem aja – bukan spooky lho. Tapi buat orang indonesia, nyari cendol disana gampang.

14. Brussels, Belgium. Ini kota kecil banget. Saya sempat tinggal 3 bulan di Leuven (1/2 jam dari Brussels). Yang menarik adalah bahasanya!! setiap jalan ditulis dalam dwi-bahasa: perancis dan belanda.Bikin pening.

15. Toronto, CA. Belum pernah!

16. Berlin, Germany. Kota yang penuh warna!! ya jelas karena banyak grafiti di mana-mana. Cukup unik karena bekas2 jerman timur masih jelas disana.

17. Melbourne. 18. Luxemburg dan Ottawa. Belum pernah!!

20. Stockholm, Swedia. Kota kereen. Apalagi kalo winter he he. Saya sebut ini kota dekat kutub yang paling maju!

Yah, lumayanlah dari 20 kota diatas, alhamdulillah saya sempet datangin 9 darinya…

Categories: Common Tags: , ,
  1. koba
    October 9, 2007 at 9:09 pm

    Eitsss… jangan salah!!! Kota Narashino, Jpn pantas menduduki tempat di 20 besar ;p.

  2. December 15, 2007 at 12:34 pm

    | 9 (lagi). Sydney, Aussie. Belon pernah juga!
    Kota besar, sibuk, tak pernah mati. Yg suka tempat yg energik ya ini salah satunya. [Karena saya suka kedamaian saya lebih suka Brisbane].

    | 17. Melbourne
    Victorian banget. Romantis🙂
    Kota ke-dua terbesar di OZ. Sehari bisa ganti cuaca berkali-kali.

    kenapa Djokja gak masuk ya ?😛

  3. March 5, 2008 at 6:10 am

    Mas, salam kenal ya…saya anak TK’94, kebetulan sekarang kerja di salah satu EPC company di Indonesia (ada di list yang Mas tulis di post ‘EPC Company di Indonesia’..hehe)

    Saya baca Mas pernah ke Edmonton ya ? Cerita donk kira2 kotanya gimana. Asyik ga buat tinggal ? Saya ada rencana relokasi ke sana soalnya. Thanks ya Mas…

    Erwin B

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: