Home > EPC and Migas > Karir di EPC

Karir di EPC

Karir? apa beda antara karir dan pekerjaan? Menurut saya, pekerjaan adalah yang kita lakukan sehari-hari untuk mencari nafkah sedangkan karir adalah serangkaian pekerjaan kita (dari dulu sampai saat ini) yang membawa kita ke tujuan kita…

Bisa saja pekerjaan kita sekarang adalah sebagai drafter mechanical (misalnya), tapi karir kita (yang kita inginkan) adalah menjadi professional mechanical engineer…

Oke, yang saya bahas kali ini adalah tentang berkarir di industri EPC. Maksudnya adalah beberapa posisi tipikal di EPC yang (kadang2) untuk mencapainya harus melewati beberapa posisi dibawahnya…

Mari kita mulai:

Secara umum ada dua ‘jalur karir’ di EPC, yang pertama adalah jalur spesialisasi dan kedua adalah jalur manajerial.

Untuk jalur spesialisasi umumnya diawali dengan menjadi junior engineer, engineer, kemudian menjadi senior engineer dan kemudian menjadi principal engineer. ada beberapa company (seperti tempat saya sekarang) yang mempunyai chief engineer sebagai posisi tertinggi.

Untuk jalur manajerial, minimal harus pernah menjadi engineer di spesialisasinya dulu, kemudian bisa jadi lead engineer, lalu project engineer, engineering manager, lalu menjadi project manager dan sebagai posisi tertinggi adalah sebagai project director.

Sebagai contoh (saya fokus di jalur spesialisasi saja dan lebih fokus lagi di mechanical…) adalah sbb:

seorang freshgrad akan mulai bekerja sbg junior engineer. dia harus report ke lead engineer (saat project) dan ke dept headnya (saat non project). tugasnya adalah sebagai pembuat awal (originator) datasheet, specification etc. kemudian setelah sekian tahun dia naik pangkat menjadi engineer dan (beberapa tahun lagi menjadi) senior engineer. di posisi ini tugasnya sudah menjadi checker (mengecek pekerjaan originator). kemudian karir berlanjut lagi menjadi principal dan kemudian (kalau mau) menjadi chief. di kedua posisi ini tugasnya sudah meng-approve dan sebagai trouble shooter utk hal2 yang major (kalau yang minor cukup engineer atau senior engineernya yang ‘turun’). kalau di company saya saat ini, seorang chief engineer sudah berpartisipasi dipembuatan international standard seperti API, ASME etc (biasa disebut sebagai panel)…

untuk masalah checker/approval, pada saat project biasanya senior engineer/principal ini akan ‘bahu-membahu’ dan sharing responsibility dengan jalur manajerial selevelnya yaitu lead engineer dan engineering manager (atau malah project manager) terkait…

demikian kira-kira ulasan singkat karir di EPC.. silakan kalau ada yang ingin comment…

Categories: EPC and Migas
  1. Bob
    November 1, 2007 at 9:44 am

    bagaimana melamar ke epc.
    tx.

  2. Pardede
    December 21, 2007 at 9:21 am

    Bagaimana memasuki EPC untuk pertama kali?
    Ada info lowongan?

    Did someone have any vacant?

    Mauliate.

  3. February 10, 2008 at 11:31 am

    bang pardede,
    coba anda intip petromindo.com lalu klik job gallery… banyak kali lowongan di sana…

  4. Melissa
    February 27, 2008 at 4:38 am

    saat ini sapa project directornya?

  5. April 20, 2008 at 6:22 am

    need info how make money with epc / earn perclick visit http://www.privurl.co.nr

  6. Mafioso de Civiliano
    April 28, 2008 at 11:49 am

    ni ada perusahaan EPC nasional, coba aja masukin lamaran ke ENCONA Inti Industri. dulunya sich namanya ENCONA Engineering. kliennya lumayan, ada Chevron, Carefour, Charoen Phoekphan, INCO, TAME, dll.

  7. May 24, 2008 at 7:58 am

    Bos.. Yang saya bingung, ditempat EPC saya kerja, penempatan di dinas Pengembangan Industri dan Perawatan kira2 harus menguasai apa aj? Apa harus mulai dari engineer dulu?

    Thanks for the answers…

  8. Iwan Effendy
    July 25, 2008 at 12:41 pm

    Sense of engineering desain harus tertanam dulu di otak kita,baru bisa di EPC

  9. Tukang Insinyur
    October 9, 2008 at 1:18 pm

    Bos kalo dilihat jenjang karir di EPC ada dua yaitu spesialis dan manajerial….nah kalo dilihat dari jenjang pertama junior eng dst…pada posisi mana keduanya memisah satu ke manajerial dan satu ke spesialis….apa keduanya bisa overlap??…misal sebagai lead engineer sekaligus principal apa bisa seperti itu??

    di posisi mana??apakah setelah posisi senior engineer??

  10. Mapung
    October 13, 2008 at 8:44 am

    Gara2 cewek saya kerja di Dept. EPC, saya jadi sering cari tahu apa itu EPC…
    btw, boleh saya nanya sekalian. apa di EPC itu orang2nya dari background Engineer ? kalo dilihat dari singkatannya Engineering, Procurement, Construction.

    sy sedikit ingin nyinggung soal Procurement, pada perusahaan tertentu Procurement merupakan dept. tersendri yang orang2nya bisa dari background manajemen, teknik, logistik. Procurement sendiri lebih banyak bicara mengenai supply chain management, mulai dari raw material, stock, warehouse & distribusi, maupun freight/transport management.

  11. November 6, 2009 at 1:31 pm

    Klo nyari lowongan buat fresh graduate civil engineer susah ya bang.
    Kebanyakan mintanya pengalaman min diatas 5 tahun.
    Padahal saya pengen bgt berkarier di dunia oil & gas

  12. ASFAR ARIEF
    February 14, 2010 at 7:04 am

    Kepada yang senior-senior saya himbau agar sering sharing bagi yang muda-muda melalui media ini, sehingga mereka cepat mengerti mengenai dunia kerjanya masing-masing, karena saat mereka di PT kurang sekali mendapat bimbingan dari dosen-nya. Hal ini dapat dimengerti karena para dosen banyak yang tidak pernah kerja, begitu lulus diambil oleh PT nya untuk mengajar, terutama yang IP nya tinggi. Saya ikut mengucapkan terima kssih kepada Penulis.

  13. May 28, 2010 at 3:52 pm

    silahkan berkungjung ke http://www.engineeringforoilandgas.blogspot.com untuk mengetahui pekerjaan seorang civil engineer di proyek EPC melalui training simulasi proyek.

    trims

  14. damar
    September 5, 2010 at 2:26 am

    wah,berminat bgt nih kerja di EPC.sekarang aku kerja di fabricator bridge and tower.pengen ambil pipe design kira-kira bisa buat masuk ke EPC ga ya?

  15. syafi uddin
    September 15, 2010 at 9:17 am

    PLEASE INFO2NYA DI epc yo

  16. mada
    May 10, 2011 at 5:43 pm

    salam, sama halnya dengan asfar arief, di PT gaung umum yang terdengar tentang oil n gas co. atau bumn sedang untuk epc kurang sekali.
    saya pernah liat kursus sertifikasi di inet untuk background mechanical eng. lebih banyak seperti piping stress dll. sedang untuk chemical eng. terdapat pelatihan hysys.
    di EPC sebagai chemical eng. dapat ditempatkan dibagian apa?dan jobdesk nya seperti apa?

  1. October 21, 2008 at 1:59 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: