Home > EPC and Migas > Bagaimana freshgrad masuk ke dunia EPC

Bagaimana freshgrad masuk ke dunia EPC

Saya menerima pertanyaan dari salah satu reader tentang bagaimana caranya seorang freshgrad bisa masuk dan bekerja di EPC company. Menurut saya ada beberapa cara (rekan rekan senior di EPC bisa menambahkan):

1. Pastikan bahwa background dan minat anda cocok dengan tipikal struktur organisasi di EPC (next time saya akan coba jabarkan, insyaallah, tipikal organisasinya). Juga pastikan apa core dari EPC company yang dituju. Maksud saya, jangan sampai anda, misalnya apply ke Petrosea padahal anda tertarik dengan konstruksi kelapa sawit, ya ngga nyambung dong.

Untuk tau apa core setiap EPC, silakan dibaca saja websitenya.

2. Cari info proyek2 yang dimenangkan oleh EPC. Banyak info di internet seperti di http://www.petromindo.com dlsb yang memberitakan suatu EPC menang project. Saat anda apply, jika timingnya tepat mereka baru aja mendapatkan contract, sekalipun anda freshgrad kemungkinan untuk diterima pasti lebih besar

3. Masuk melalui jalur kerja praktek. Banyak mahasiswa yang pernah KP di satu EPC yang lanjut diterima dan bekerja disana. Advis saya, KP yang efektif adalah saat di site/konstruksi, karena bujet EPC cukup besar disana (dibanding pada saat engineering), dan pastikan anda punya keuntungan komparatif. Maksud saya, misalnya anda tinggal di Jambi Kuala Tungkal, anda berpeluang mendapatkan peluang kerjapraktek di EPC yang punya konstruksi disana (karena anda dianggap putra daerah yang memudahkan mereka untuk bekerja disana).

Timing yang cukup ‘aman’ biasanya adalah saat load konstruksi dah mulai selesai, misalnya saat as-built drawing phase (membuat drawing seperti ‘yang baru saja dibangun’) dimana banyak staf yang mulai balik ke Home Office. Atau misalnya anda dapat ‘menawarkan’ diri mengenai kasus2 lesson learnt yang dialami saat konstruksi dan commissioning

4. Tentunya memperhatikan lowongan kerja baik-baik. Jika ada job vacant yang minta 5 years experience ya jangan corba2 apply, tapi kalau ‘cuma’ minta 1 years exp. requirement, saya kira anda yang baru lulus masih bisa bersaing kok

Setelah sekian tahun berkecimpung di EPC, saya kadang suka berkesimpulan bahwa EPC company tidak terlalu memerlukan staf yang sangat pintar (karena memang bukan research institute) tapi diperlukan staf yang cepat bekerja dan mengambil keputusan (karena deadline project) serta mampu bekerja sama dengan baik. Karakter lain yang diperlukan, saya kira, adalah kemampuan berdebat dan mempertahankan pendapat (saat berhadapan dengan vendor dan client)

Demikian, semoga membantu…

Categories: EPC and Migas
  1. razzz
    October 18, 2007 at 4:04 am

    salam kenal mas,

    kebetulan saya bekerja di epc amrik yang punya engineering centre di jkt. saya masuk dari jalur freshgrad rekrutmen kampus. kalo mnrt saya, lebi baik freshgrad masuk dulu ke epc lokal. krn di epc lokal bisa bljr lebih byk dan menimba lebi byk pengalaman (terutama field experience). stelah ud byk ilmu baru d msk ke epc multinasional. yang dibutuhkan utk freshgrad itu sbtulnya kan ga melulu soal duit. tp lebih ke pengalaman.hehehee…

  2. Bob
    November 1, 2007 at 9:40 am

    mas razz..tolong email ke aku bagaimana apply k e epc.
    jaya_karya1@yahoo.com
    tx.

  3. James
    January 30, 2008 at 3:53 am

    Salam kenal Mas.
    Saya tertarik ni kerja di EPC. Sekarang lagi di FMCG dan kurang cocok karena kerjaannya bener2 membosankan. Saya coba2 buka web2 EPC kaya tripatra dan ikpt, tapi saya ga nemuin alamat buat ngirim lamaran. Ada informasi yang bisa dipake Mas?
    Thanks before.

  4. toyo
    March 25, 2008 at 7:34 am

    Salam kenal Mas,
    Nama saya hartoyo, saya lulusan D3 akamigas balongan jurusan teknik perminyakan n pernah sekolah di rekayasa engineering drafting school mengambil piping n mechanical.
    2 tahun ini saya bekerja di perusahaan furniture dan structure cabling system sebagai drafter.
    Saya dari dulu minat untuk kerja di EPC bidang piping.
    Apa mas punya informasi lowongan piping drafter?

    terima kasih.

  5. bobo
    May 9, 2008 at 1:52 pm

    hallo pak…
    q kerja d EPC nasional,,,
    biasana butuh brp tahun utk tau ttg epc, maklum q freesssss bgt ne…
    tks

  6. February 19, 2009 at 6:36 pm

    Salam kenal mas…saya seperti mas toyo..lulusan Rekayasa Enginering Drafting School,waktu itu saya ngambil jurusan Piping and Mechanical Drafter,trus iseng2 lanjut ngambil training PDMS Piping and Mechanical Draftsmen, cuma ko susah banget ya nyari info lowongan seputar piping Drafter???ada saran ga mas kira2 saya mesti mulai dari mana buat masuk ke jalur EPC??Jujur saya berpendapat kalo ga diasah lama2 skill Drafting saya bisa turun..sekarang saya iseng2 ngisi waktu sambil nyari peluang kerja saya ikut training Welding Inspector diwilayah Pulo Gadung…tapi itupun cuma sabtu dan minggu,walhasil senin sampai jumat saya kosong dan pengen banget mulai praktek ilmu piping drafting saya…dimana ya mas kira2 saya bisa berkecimpung di dunia migas Piping Drafter??..

    Thanks atas jawabannya…

    • Arief
      April 14, 2010 at 2:27 am

      kepada mas toyo: mas salam kenal, mas saya juga lulusan REDS, dan saya mau tanya kepada mas toyo: mas waktu ambil training PDMS dimana yah soalnya saya ingin sekali untuk bisa PDMS. dan kalo ada info training 3D yg bagus juga dimana yah… kan sewaktu di REDS tidak diajarkan 3D, dan ternyata didunia kerja sangat penting sekali untuk bisa 3D apalagi kalo ditambah dengan bisa PDMS.

      terima kasih.

  7. muhammad
    December 27, 2009 at 5:53 am

    blog yang bagus, saya kira masuk ke epc lokal aja terkadang susah ya? kira2 ada low. ga buat fresh grad. untuk STRUCTURAL ENGINEER? I have good knowledge SACS 5.2.

    mohon bls ke email saya ya, tks sebelumnya
    email: fakkih_87@yahoo.co.id

  8. tukang listrik
    December 28, 2009 at 11:09 am

    @ muhammad : rajin2 buka web EPC yg bersangkutan bro. itu coba buka web Gunanusa sedang buka gede2an.

    Salam,

    ETAP Engineer

  9. Arief
    April 14, 2010 at 2:29 am

    ada yang tau infi training untuk PDMS dan 3D yg bagus gak??? saya berminat sekali untuk belajar keduanya, untuk mendukung pekerjaan saya yg kebetulan tidak bisa 3D.
    terima kasih

  10. kelik
    July 28, 2010 at 8:20 pm

    saya lulusan teknik mesin.umur 33 thn. 6thn work experience di manufacturing.saat ini sedang kursus piping design.
    bagaimana jalur masuk ke epc? apakah sama dg frsh graduate?
    karena sy pernah lamar ke migas..trus sy disarankan masuk ke epc dulu ..cari pengalaman.
    mohon pencerahannya.
    thx

  11. ady
    September 8, 2010 at 2:58 am

    saya lulusan t. indsutri untuk masuk ke epc bagaimana ? mas razz..tolong email ke aku bagaimana apply k e epc.

  12. enjang hendrawan
    September 11, 2010 at 4:57 pm

    saya bisa cad, catia 3d Software, lulusan polman/pms bandung, selama ini saya kerja di perusahaan manufacturing, sudah agak henuh pining nyoba di dunia epc ada yang bisa nembusin ga ya

  13. syafi uddin
    September 15, 2010 at 11:15 pm

    saya lulusan sipil struktur kalau ke epc cocoknya yang paling oke dimana ya? job nya ? trims

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

