Home > EPC and Migas > Aplikasi CFD di dunia EPC

Aplikasi CFD di dunia EPC

CFD itu singkatan dari Computational Fluid Dynamics, secara ringkas adalah metode numerik dalam mekanika fluida. Karena basisnya numerik maka CFD menggunakan filosopis metoda elemen hingga (grid) sebagai pendekatan dan tentu juga coding dari persamaan matematis yang terkait.

Sebenernya, dalam dunia akademik dan praktisi, metode numerik harus didampingi oleh metode experiment sehingga saling bisa diverifikasi. Namun dalam beberapa kasus, experiment bisa sangat mahal dan berbahaya (seperti ledakan dan kebakaran) sehingga numerik bisa menjadi satu-satunya pilihan.

Dalam dunia EPC, setau saya CFD sudah banyak diterapkan. Misalnya di Toyo Engineering Corp, Chiba, Jepang, silakan baca di http://www.toyo-eng.co.jp/e/Technology/fluid_cfd/index.html, atau di Bechtel, USA sila baca di http://www.fluent.com/solutions/power/cust_test_powe.htm

Saya sendiri, saat kuliah di Denmark, pernah develop CFD yang bisa dikembangkan lebih lanjut di dunia offshore (tentang kebakaran di platform) maupun di dunia design/manufaktur (suction heat di recip compressor).

Saat ini, dunia CFD di luar negeri sangat berkembang pesat, mulai dari penggunaannya dalam perancangan gas turbine sampai pada dunia medik (modelling blood flow, etc).

Untuk perkembangan dunia CFD, bisa diintip di www.cfd-online.com

Categories: EPC and Migas
  1. January 25, 2008 at 3:14 pm

    Salam,

    Mau sedikit komentar dengan segala kerendahan hati.

    Tambahan untuk kalimat kedua pada alinea pertama. Dinamika Fluida Komputasional (DFK atau CFD) tidak hanya menggunakan metoda elemen hingga (FE), DFK menggunakan juga metoda volume hingga (FV) dan perbedaan hingga (FD).

    Tambahan untuk kalimat pertama alinea kedua. Metoda numerik harus didampingi dengan metoda analitik dan eksperimen. Analitik, numerik dan eksperimen merupakan tiga pendekatan yang sinergis dalam menyelesaiakan masalah-masalah dalam suatu disiplin ilmu.

    Salam,

    BJ

  2. February 3, 2008 at 10:18 am

    terimakasih atas masukannya.

    salam

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: