Home > Common, EPC and Migas > Professional Engineer Indonesia di Malaysia

Professional Engineer Indonesia di Malaysia

Belakangan cukup banyak berita tentang brain-drainnya banyak engineer Indonesia di dunia EPC ke Malaysia. Dari pengamatan saya, kelihatannya memang tahun ini terdapat lonjakan jumlah para kaum professional untuk merantau ke negeri jiran ini.

Dari data yang saya miliki (kebetulan ada milis khusus para engineers EPC di Malaysia), engineers EPC asal Indonesia sudah berjumlah lebih dari 80 orang (mungkin juga lebih dari 200 orang kalo dihitung rekan2 yang di E&P / Oil & Gas company) tersebar mulai dari Johor, Melaka (seperti saya dan16 orang Indonesia lainnya), Kuantan, Terengganu, Kuala Lumpur dan Miri Serawak. Tentu konsentrasi terbesar di Kuala Lumpur.

Companynya tersebar mulai dari MMC, Worleyparsons, FosterWheeler, RNZ, Akerkvaerner,dan lain sebagainya (EPC) atau yang di Petronas, Petronas Carigali, Hess, Murphy dlsb (Oil Company).

Backgroundnya pun dari semua disiplin ilmu EPC, baik engineering sampai pada project control. Gaji? Tentu beda-beda, setau saya ada yang mulai dari RM 8000 sampai diatas RM 25000 bersih tiap bulan juga ada (see Note below).

Dalam beberapa kasus, para engineers ini masih mendapatkan tunjangan (baik karena dianggap foreigner atau karena dianggap di site project) yang angkanya dikisaran RM 4500 per bulan.

Terus terang salah satu daya tarik orang Indonesia bekerja di Malaysia adalah damai, aman, tenang, bersih dan jauh dari kemacetan!! (kecuali daerah tertentu di KL yang langganan macet). Masalah perlakuan imigrasi yang tidak menyenangkan memang kadang ada tapi biasanya dianggap sebagai resiko perantau lah.

Faktor lain adalah biaya hidup yang terjangkau dan dalam banyak hal gak jauh dari Jakarta baik untuk tempat tinggal dan makanan. Salah satu yang barangkali di Malaysia lebih mahal adalah pakaian, dengan harga yang sama dengan Jakarta secara umum kualitasnya kurang begitu bagus.

Secara umum, jika tujuannya adalah menabung namun tetap bisa pulang kampung ke Indonesia sering2 dan masih bisa makan sesuai selera dan lidah orang Indonesia, bekerja di Malaysia saat ini adalah pilihan yang menarik…

Tapi para professional ini tentunya harus waspada pada perkembangan politik di Malaysia, yang tahun 2008 ini akan ada pilihan raya… Mudah-mudahan semua berlangsung aman…

(Note: insyaallah maksud saya menampilkan data-data gaji disini hanya sebagai ilustrasi dan informasi buat pembaca dengan tujuan sharing saja, semoga dijauhkan dari rasa membanggakan diri yang tidak perlu)

Categories: Common, EPC and Migas
  1. January 2, 2008 at 1:25 pm

    wah bang, aye jadi pengen meranto kesono, bosen dimarih…
    kira2 butuh pengalaman berapa tahun bang, 5 tahun pengalaman EPC diindo cukup gak buat jadi expat di malay?#

    vielen Dank

  2. January 3, 2008 at 3:25 pm

    mudah2an pemilihan raya di malaysia aman damai sentosa😀

  3. January 4, 2008 at 6:36 pm

    Wah, saya dari dulu tertarik stay di Malaysia deh… Hmm.. Kira2 butuh pengalaman berapa tahun ya supaya kompetensi kita diakui disana? Apalagi saya baru aja jadi fresh grad, lagi berkarir di BUMN EPC.

    *Pertanyaannya mirip Bang Resi Bismo*🙂

    Danke..

  4. bobo
    May 9, 2008 at 1:57 pm

    mas, klo ada lowongan epc d malaysia or singapura, kasi tau aku… tks

  5. May 24, 2008 at 7:28 am

    Assalamu’aalikum Wr Wb

    Bonjour..

    Bro, seberapa besar seh peluang project control ‘tuk kerja di Malay? Butuh experience brp lama? Kalo EPC di Qatar, tau gak ttg perkembangan karyawan Indonesia dsana, dll nya?

    Thanks for your answer

    Best regards,
    -Ndi-

  6. July 16, 2008 at 12:12 pm

    Hebat Bro, go ahead with your briliant ideas. i love it bro. Malaysia adalah satu rumpun dengan indonesia, kita bangga akan hal ini bro, satu nenek moyang,satu bahasa, satu budaya dan adat istiadat bro.I am proud to study/live in in Malaysia.

    Drs. Saddia Naizal Norewan.

  7. Yuniarti,SE
    July 16, 2008 at 12:15 pm

    The news is very intersting and up to date. We feel happy and save living in Malaysia as if our home Indonesia. futhermore they respect the expert of the schoolar/proffesional.

    Yuniarti,SE.

  8. rina
    October 31, 2008 at 6:44 am

    Mas,bagaimana mendapatkan info openning di perusahaan epc malaysia?

  9. Desi Rosalina
    May 16, 2009 at 2:00 pm

    Hi..

    Saya sudah menetap di Kuala Lumpur Malaysia kurang lebih 1 tahun. Tapi sampai sekarang, saya masih kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan disini. Kebetulan sekali, background pendidikan saya adalah bachelor of chemical engineering dari Universitas Sriwijaya Palembang. Mohon infonya yah apabila ada lowongan di Oil Gas Company disini.
    Terimakasih.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: