Home > EPC and Migas > Menjadi client

Menjadi client

Sekitar 2 bulan ini saya menjalani fase baru dalam karir engineering saya dengan menjadi client dalam project development. Tugasnya mengawasi kontraktor dalam fase engineering dan installasi. Berhubung project ini adalah offshore maka installasi (dan pre-commissioning) akan dilakukan di yard dan kemudian akan di load out dan dibawa ke offshore-site untuk final commissioning.

Job title saya sedikit tidak nyambung dengan pekerjaan, karena disebut sebagai ‘offshore mechanical static engineer’ padahal pekerjaannya justru sedikit sekali berurusan dengan static, justru yang banyak rotating dan package. Akhirnya setelah bernegosiasi, title pun diubah menjadi ‘offshore mechanical engineer’. Mungkin masalah remeh, tapi saya agak malas kalo melihat ada jabatan sumbang (terinsipirasi dari definisi kalimat sumbang di pelajaran bahasa Indonesia di smp dulu he he) karena posisi saya di perusahaan sebelumnya adalah ‘rotating mechanical engineer’

Seru gak jadi client? Terus terang gak seseru jadi contractor atau consultant (PMC). Menjadi client berarti harus mensupervisi pekerjaan contractor, mengapprove, dan melakukan interface dengan pihak2 lain jika diperlukan. Karena posisinya mensupervisi naturenya menjadi ‘menunggu’ dan ‘menagih’, jauh banget dari karakter pekerjaan saya sebelumnya yang menjadi ‘inisiator’ dan ‘originator’.

Menjadi client memang berarti relatively lebih santai namun harus lebih bertanggung jawab secara keseluruhan – not partially – dan memiliki sense of belonging yang lebih tinggi (maklumlah namanya juga jadi owner). Dan juga harus punya future vision untuk operation dan maintenance lebih daripada kontraktor yang biasanya lebih fokus ke constructibility nya saja.

Scope pekerjaan sebenernya tidak terlalu berat (dibanding pada saat ngurusin refinery yang segede gajah), mechanical equipmentnya pun jauh lebih simple dan low duty, tapi karena beroperasi unmanned dan offshore maka banyak pertimbangan yang lebih rumit terutama dari sisi koordinasi dengan structural dan operation philisophy.

Kira-kira berapa lama saya tahan jadi client? let see as this is too early to decide… tapi yang pasti alignment dengan karir dan cita-cita harus terus dilakukan…

 

Categories: EPC and Migas
  1. May 22, 2008 at 2:51 pm

    sukses akan pekerjaan barunya bang hamdi….

    salam dari karlsruhe

  2. May 23, 2008 at 1:12 am

    makasih. masih di jerman nih? bukannya mau pulang? atau mau nungguin euro 2008 dulu ya he he he he

  3. June 19, 2008 at 5:21 am

    Somehow i missed the point. Probably lost in translation🙂 Anyway … nice blog to visit.

    cheers, Avaunt.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: