Home > Other Issues > Bagaimana masuk EPC?

Bagaimana masuk EPC?

Saya cukup banyak menerima pertanyaan tentang ‘bagaimana masuk EPC’. Berikut dari Andhika:

==========

Assalamualaikum

Mas,Out Of Topic nih…tahun ini saya insyaallah lulus dari kampus gajah duduk (sekitaran oktober), nah saya pengen bgt ni masuk EPC company sebagai start awal bekerja, yang saya ingin tanya :

1. Apakah syarat masuk perusahaan EPC itu sama dengan masuk ke perusahaan client gitu mas?terutama dalam hal GPA. Soalnya perusahaan client itu biasanya masang diatas 3 lebih, bahkan ada yang 3,4 lebih…jd minder duluan saya.

2. Trus yang saya liat di petromindo.com kok rata-rata minta yang udh pengalaman yo mas, malah yang freshgrad ga ada. Gimana ni menyiasatinya, apa tunggu rekrutmen kampus aj??tapi setau saya perusahaan EPC agak sedikit yang ikut ambil bagian dalam rekrutmen ke kampus-kampus.

3. Mnrt mas PT Control System termasuk EPC company gak mas??trus EPC company luar yang bagus mnrt mas apa saja, top 5 deh..

maaf banget mas kebanyakan nanya nih…soalnya saya jadi semangat ngebaca postingannya mas..hehehe

salam

===========

Jawaban:

1. Secara umum Client lebih memerlukan orang yang berpengalaman daripada EPC karena posisi di Client adalah lebih sedikit (dari sisi jumlah) dan bertindak sebagai owner (pengambil keputusan). Yang saya bicarakan disini adalah posisi Client di Development (pengembangan project) bukan di Operation (Facility). Kalau di Facility tentu juga banyak fresh grad, malah mungkin lebih banyak keperluannya dari EPC company.

Standard GPA saya gak berani jawab, karena GPA saya juga rendah waktu s1 (awal masuk EPC) meski sempat recovery waktu s2 he he he. Tapi yang dibutuhkan oleh EPC biasanya lebih di team work dan work under pressure, karena itu yang jauh lebih penting daripada GPA.

Kalau GPA requirement di Client kayaknya memang cukup wajar, bukan berarti mereka butuh orang yang pintar tapi saya kira lebih di ‘membatasi’ pelamar saja.

2. Menyiasatinya? terus kirim email lamaran dan satu lagi: gunakan REFERENSI. cari orang ‘dalam’ di perusahaan EPC yang anda tuju dan mintalah orang tsb menjadi referensi anda. Sekarang banyak program MGM (Member Get Member) di kalangan EPC tapi memang masih sebatas non fresh grad.

Untuk fresh grad biasanya memang nunggu rekruitment massal pada saat si EPC mau melakukan regenerasi.

3. PTCS itu packager di bidang Control & Instrumentation. Apakah PTCS itu EPC? ya bisa juga disebut EPC dengan spesialisasi C&I – dan tidak melingkupi bidang lain2nya. Kalau EPC dengan pengertian selama ini ya harus meliputi segala disiplin (Process, Mechanical, Civil, Electrical, Instrumentation, Piping).

Demikian semoga membantu.

Categories: Other Issues
  1. Andhika
    June 10, 2008 at 5:10 pm

    Matur nuwon mas…untuk pertanyaan no 2 berarti saya tetep harus nunggu rekrutmen massal gitu dunk??kalo saya kirim lamaran bukan disaat rekrutmen kira-kira diperhatikan gak mas?

    sekali lagi terimakasih infonya. sukses selalu mas….ngomong2 dulu masuk EPC mana toh mas??hehehe…dijawab boleh..gak jg gpp..hehehe..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: