Home > Other Issues > jadi insinyur di kerjaan non teknis

jadi insinyur di kerjaan non teknis

belum lama saya berdiskusi dengan seorang fresh grad dengan background engineering yang mendapati dirinya kecewa karena bekerja di bidang non teknis.

ini sebenernya menjadi masalah klasik: setengah dari kita akan memahami masalah ini sebagai masalah ‘kesempatan’, sementara yang lain sebagai masalah ‘pilihan’

ini menjadi kesempatan karena setiap orang yang ingin menjalani insinyur seharusnya melengkapi diri dengan bidang non teknis, seperti manajemen dan administrasi. dua hal itu yang saya kira menjadi kekurangan engineer indonesia: terlalu ‘pinter’ dengan teknis tapi terlalu naif dalam hal bisnis portofolio (manajemen) dan terlalu polos dalam hal mempresentasikan dirinya secara administratif baik berupa lisan maupun tulisan (writing report).

jadi jangan patah semangat dulu kalau ada yg bekerja di consumer goods company misalnya, tapi dalam hati kecilnya masih tetap ingin bekerja sbg engineer sejati. suatu saat pengalaman anda di perusahaan berorientasi pasar itu akan berguna! percayalah!

ada juga yang melihat masalah diatas sebagai pilihan ‘black and white’: kalau jadi engineer ya kerja di bidang teknis dong, jangan sekali2 kerja di bidang non teknis.

gak salah juga sih punya pendapat begitu, tapi biasanya kalau mau ‘kaya’ pengalaman, ya silakan cicipi berbagai pekerjaan di non teknis sekalipun…

 

Categories: Other Issues
  1. Andhika
    June 17, 2008 at 11:38 am

    Kalo misalkan awal bekerja seorang engineer masuk ke scope food industry…setelah 5 tahun kemudian ingin mencoba masuk ke scope oil & gas industry. Nah itu bgimana, apakah perusahaan oil & gas biasanya dapat mempertimbangkannya??

  2. June 24, 2008 at 9:45 am

    Mas Ed,
    Untuk mereka yg kerja di Engineering company-pun; akhirnya ada dua pilihan: manajerial atau pun spesialis.

    Saya pikir engineering dan manajemen memang gak bisa dipisahkan dengan tegas, terlalu banyak overlap-nya. Apalagi jika ranah engineering-nya adalah EPCC dan yg sejenis. Bagaimana kita bisa mengelola proyek engineering tanpa kemampuan manajemen?

    Science discovers things
    Engineering makes them economically viable.🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: