Home > Common > Prof. Ir. Said D Jenie ScD

Prof. Ir. Said D Jenie ScD

Innalillahi wa innailaihi rajiun.

pembimbing kepala tugas akhir saya saat undergrad di ITB (saat itu juga menjabat Ketua Prodi) meninggal dunia Jumat lalu. beliau terakhir menjabat sebagai Kepala BPPT. Berita detail di sini

ada banyak kenangan saya bersama beliau, bahkan sebelum saya kenal beliau. dulu, saat SMA saya pernah baca artikel tentang jurusan aeronautika itb yang di pimpin beliau. terbayang di benak saya saat itu betapa ‘keren’nya kuliah tentang masalah teknik penerbangan dibimbing seorang yang bernama Said D Jenie (dulu saya menyangka beliau ‘bule’ karena nama belakangnya). yang ada dilamunan saya dulu adalah saya hadir di ruang kelas yang rapi dengan jumlah mahasiswa yang sedikit dan mendapat bimbingan dari seorang ‘bule’ tadi khusus tentang perancangan pesawat…

..and the dreams come true. alhamdulillah saya bisa tembus umptn dan bisa kuliah disana. gambaran waktu SMA tadi menjadi kenyataan, meski ternyata Pak Said itu orang Indonesia asli (meski kepakarannya – saya yakin – jauh melebihi kepakaran orang bule di dunia penerbangan).

selama kuliah tentu saya diajar langsung oleh beliau dan bahkan melaksanakan tugas akhir dibawah bimbingan beliau (meski melalui dosen yang lain karena beliau sudah sibuk sekali saat itu untuk N250). malah, seingat saya dulu, saya juga pernah menjadi asisten beliau untuk matakuliah ‘pengantar sistem satelit’.

yang berkesan dari beliau adalah ide tentang ujian oral instead of writing test. beliau sering sekali menceritakan pengalaman beliau kuliah di MIT dimana ujian dilakukan secara oral dan presentasi dimana mahasiswa hanya dibekali satu pesawat model dan diminta menerangkan prestasi atau dinamika pesawat secara langsung (seperti bagaimana menerangkan angle of attack atau sidewind take-off dengan menggunakan alat bantu peraga pesawat model tadi).

selamat jalan pak said. semoga jasa-jasamu dibidang penerbangan menjadi modal para penerusmu untuk memajukan dunia dirgantara indonesia.

semoga Allah SWT mengampuni beliau dan melapangkan jalannya di hari pembalasan nanti.

Categories: Common
  1. July 15, 2008 at 6:52 am

    Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Saya juga banyak kenangan selama diajar beliau, bahkan tugas akhir saya yang menyidang adalah Pak Said D. Jenie.

  1. July 15, 2008 at 9:38 am
  2. August 30, 2009 at 2:26 pm

Leave a Reply

