Home > EPC and Migas > Naiknya rate engineer di Jakarta

Naiknya rate engineer di Jakarta

seperti biasa, concern utama dari para ‘serdadoe bajaran’ alias professional engineer yang sering pindah dari project ke project adalah ‘berapa sih rate engineer di jakarta’.

bukan rahasia lagi bahwa rate di jakarta untuk engineer berpengalaman termasuk rendah jika dibandingkan dengan rate di kawasan sekitar seperti KL, Bangkok dan Singapore. kenapa rendah? padahal secara kualitas engineer kita gak kalah dengan engineer di mana pun (ini utk case yang berpengalaman ya) karena toh project2 yang dikerjakan oleh engineer2 kita adalah worldclass project dengan quality control yang ketat pula.

ada banyak jawaban, salah satunya adalah biaya hidup di jakarta yang lebih murah. apa benar? kayaknya gak juga. dilihat dari harga barang2 tertier (mobil, handphone etc), kayaknya jakarta sama aja dengan kota2 lain di asia tenggara, malah mungkin lebih mahal. tapi kalo dilihat dari harga barang2 primer (makanan, transportasi, listrik) jakarta harus diakui lebih murah. 

berita yang beredar, saya dengar rate di jakarta sudah mulai naik. untuk case para engineer di EPC pengalaman 10 tahun saja, saya dengar sudah bisa masuk diangka 30 juta lebih perbulannya. pengalaman 12 tahun saja sudah ada yang berani bayar 40 jutaan lebih. tapi memang gak bisa digeneralisir karena rata-rata masih banyak yang dibawahnya.

dari statistik sementara di kalangan teman2 EPC di jakarta, sepertinya untuk 10 tahun pengalaman, jika di EPC lokal berkisar antara 15-20 juta perbulan, sementara jika di EPC asing berkisar antara 22-28 juta perbulan. yang berani bayar lebih (30 an) biasanya karena memang si engineernya sudah ‘outstanding’ level atau karena si EPC-nya sudah ‘putus asa’ karena gak dapat-dapat ‘serdadoe’ untuk project mereka yang big scale dan tight scale.

mudah2an saya cukup objective, karena meski saya bergerak di industri EPC saat ini saya bukan bekerja di EPC company tapi di PSC yang notabene adalah client dari EPC companies.

apapun dari itu semua, syukurilah rezeki yang kita dapat, dan jangan lupa membayar zakat dan bersedekah.

Categories: EPC and Migas
  1. July 19, 2008 at 9:37 am

    sialnya lagi rate engineer lokal beda jauh dengan engineer impor dari india, filipin, bahkan malaysia sekali pun.. padahal nanti engineer2 itu dibayar pake cost recovery negara.. uh..

    tapi kalo di client tentunya lebih besar lagi ya :p

  2. July 19, 2008 at 10:20 am

    mas dimasu,
    ini sebenernya bukan masalah ‘sial’ atau ‘tidak sial’, tapi bahwa man hour rate expat harus lebih tinggi. saya pribadi pernah merasakan sebagai expat (sekalipun ‘cuma’ di malaysia) dan rate kami lebih tinggi daripada lokal malaysia (bahkan dibanding filipin dan india).
    rule-nya gampang: jika anda merasa qualified, silakan jadi expat di luar negeri…
    pesan saya: be professional and be proud of being professional engineer…

    salam,

  3. dimasu
    July 27, 2008 at 12:34 am

    Oh ya? di sana lebih dihargai daripada India? mantaap. soalnya di tempat saya sekarang. India-nya jauh dihargai lebih tinggi dari lokal. jauhnya kelewatan, menurut saya. hihi..
    OK deh. Pengen juga jadi ekspat. tapi harus belajar dulu di dalam negeri ^^

  4. August 4, 2008 at 4:25 pm

    Ed,
    Di Singapore:
    HDB flat 3 kamar bisa sampai Rp 2 Milyar++ tergantung lokasi. Condo bisa berkali lipatnya.
    Sewa HDB flat tempatku, naik 100% dalam setahun; untuk yg Condo naik (katanya) ada yg sampai 300%.
    Harga mobil bisa 3, 4x di Indonesia, belum tol, pajak, dlll pusying deh. Mending naek MRT atau bis.

    Ternyata di SIN sini banyak bener engineer jebolan ITB. Rata-rata mereka masuk ke project-based organizations: McDermot, SembCorp, Yokogawa, Honeywell, etc u name it.
    BTW, sekarang saya mbantuin ngajar (TA) manajemen proyek di NUS.🙂

    Gmana Jakarta sekarang ya?

  5. tami
    January 30, 2009 at 8:09 am

    Mas, mw tanya dong ttg Mahakarya GeoSurvey sama fugro.
    Plis jwb ya,,asap…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: