Home > Other Issues > Jenjang Karir di EPC – a simple question

Jenjang Karir di EPC – a simple question

Tukang Insinyur
agustinus.uki@gmail.com | 203.14.176.189

Bos kalo dilihat jenjang karir di EPC ada dua yaitu spesialis dan manajerial….nah kalo dilihat dari jenjang pertama junior eng dst…pada posisi mana keduanya memisah satu ke manajerial dan satu ke spesialis….apa keduanya bisa overlap??…misal sebagai lead engineer sekaligus principal apa bisa seperti itu??

di posisi mana??apakah setelah posisi senior engineer??

Jawaban:

Mas Agustinus yth,

Secara umum seorang junior engineer baru bisa menjadi lead engineer jika telah menjalani satu siklus project dari awal sampai selesai, melibatkan E – Engineering, P – Procurement dan (kadang2 C – construction). Dan karena satu siklus project itu rata2 3 tahun, ya lead engineer biasanya minimum 3 years working experience. Memang ada beberapa perusahaan EPC yang fresh-grad + 6 bulan pengalaman telah jadi lead, namun menurut hemat saya ini sangat tidak sehat baik utk si engineer maupun perusahaan.

Principal adalah posisi spesialis. Posisi ini juga unik bisa beda2 setiap perusahaan. Perusahaan saya bekerja dulu, seorang prinsipal adalah ‘the last man’ yang mengapprove seluruh dokumen, jadi pengalamannya  tidak kurang dari 15-20 years. Sementara di salah satu perusahaan yg saya kenal (kebetulan salah satu engineering company di Jakarta yangberpusat di australia), 4 tahun exp sudah diberi jabatan jadi principal! (sebenernya ini cuma akal2an aja utk mendongkrak harga manrate karena manrate itu berbanding lurus dengan jabatan).

Apakah posisi tsb bisa di overlap (jadi principal kemudian jadi lead engineer)? ya bisa saja, tergantung kebutuhan. Namun yang pasti kedua posisi itu tidak boleh menyatu pada saat yang bersamaan, karena secara prinsip berbeda: prinsipal menjaga kualitas teknik secara profesi dan korporat / standar kualitas perusahaan harus dijaga, sementara lead lebih bertugas menjaga skedul, progress dan interface dengan disiplin lain.

Yang ideal menurut saya sbb: fresh grad, (setelah minimum 1 siklus EPC menjadi) lead engineer, (setelah minimum 3-4 EPC) menjadi senior engineer dan kemudian jika mau terus menjadi prinsipal (spesialis) atau Engineering Manager / Project Manager (manajerial).

demikian, semoga membantu

Categories: Other Issues
  1. dimasu
    October 28, 2008 at 12:58 pm

    Makasih infonya, Mas Kampung Melayu🙂

    Kalo saya baru saja dipindah dari mechanical engineer jadi mechanical construction engineer. kira2 bagus ga tuh ke depannya?
    pengalaman engineeringnya sendiri masih minim banget sekarang ini.

  1. October 21, 2008 at 1:45 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: