Home > Other Issues > Factory Acceptance Test: New Orleans trip

Factory Acceptance Test: New Orleans trip

Beberapa waktu yang lalu, selama sepekan saya melakukan FAT (Factory Acceptance Test) untuk Offshore Pedestal Crane di New Orleans, Louisiana, US. Kebetulan project yang sedang saya kerjakan membeli peralatan ini untuk dipasang di Wellhead Platform.

FAT adalah satu tahapan inspection and testing yang bertujuan untuk memeriksa kualitas equipment yang dibeli (kualitas fisik dan kemampuan kinerja) langsung ditempat dimana equipment tsb dibuat / di rakit. Juga ditujukan sebagai persiapan pengecekan sebelum pengiriman / shipping ke area project.

Tentu yang menjadi patokan adalah spesifikasi yang disepakati pada saat pembelian, baik spesifikasi fisik (kelengkapan alat) maupun performance (kinerja) yang dapat dilakukan equipment tersebut.

Setelah inspeksi (kelengkapan alat / fungsi serta pemeriksaan kualitas fisik) dan testing (pengetesan fungsi dan performance) maka baik user, contractor, maupun vendor harus menanda-tangani berita acara acceptance dari equipment tersebut. Tidak harus 100% full acceptance, bisa saja ada beberapa minor punch list yang dirasa tidak signifikan dan bisa diperbaiki oleh vendor sesaat sebelum pengiriman.

Seingat saya ini adalah kali ke 4 saya melakukan FAT overseas – kalo yang dalam negeri sih sudah sering. Tahun 2005 di Edmonton Canada (untuk Glycol Dehydration Package) , tahun 2006 di Tulsa Oklahama US (untuk Gas Engine Generator) dan tahun 2007 di Rayong, Thailand (untuk Reciprocating Compressor).

Khusus untuk trip yang kali ini, saya pergi sendirian dari tanah air. Biasanya sih, selalu disertai dengan owner (saat saya masih kerja di EPC dulu) dan staf dari BP Migas. Saya mengambil rute: Jakarta – Tokyo – Dallas – New Orleans, dengan JAL (alhamdulillah dapet business class jadi bisa santai).

Sebenernya testing dilakukan di Houma, kota kecil sekitar 1.5 jam drive dari New Orleans. Namun karena kota itu baru saja terkena badai / hurricane di pertengahan tahun ini, maka saya terpaksa harus menginap di New Orleans karena seluruh akomodasi di kota tsb dipergunakan oleh para pekerja yang memperbaiki infrastrukture.

1

Categories: Other Issues
  1. ali hasan
    March 5, 2009 at 12:03 pm

    mau tanya mas? punya prosedur FAT ga? saat ini saya kesulitan buat prosedur FAT. barang yang mau di FAT adalah orifice meter, control valve dan flow computer. Kalau ada contoh prosedur FAT mungkin bisa diemail di ali_nfu@yahoo.com
    Terima kasih banyak
    Salam

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: