Home > Other Issues > Bagaimana mencari ‘the right job’?

Bagaimana mencari ‘the right job’?

sudah lama juga saya gak nulis, sedikit banyak tersita oleh demam fb he he he

beberapa hari ini saya sedang baca ulang bukunya jack welch – winning, dan kayaknya lumayan menarik untuk di share diblog, terutama untuk teman2 para pekerja EPC (dan oil company) yang sedang menimbang2 utk resigned…

menurut jack welch, setidaknya ada 5 signal/ tanda2 yang bisa  kita dalami saat ingin pindah (atau gak pindah) pekerjaan:

1. UANG:

uang memang bukan segalanya, tapi perhatikan jika memang pekerjaan sekarang membuat anda hidup susah, atau anda rencana ke depan yang perlu banyak uang (misalnya anak masuk universitas, keluarga ada yang sakit atau uang untuk buka toko dlsb), kelihatannya anda perlu untuk pindah kerja ke tempat yang memberi bigger salary. jika anda tidak dalam kedua posisi tsb, think about it.

2. ORANG/PERTEMANAN:

pastikan bahwa anda akan menikmati pertemanan dengan teman2 sekantor anda nanti. cari tau apakah gaya hidup mereka cocok dengan anda atau tidak. sekalipun anda hanya bertemu di jam kerja, tapi anda kan bersosialisasi juga selama jam makan siang misalnya.

3. KESEMPATAN:

pastikan bahwa tawaran yang ada didepan adalah tawaran yang menantang: it is a STRETCH JOB. dimana anda akan belajar sesuatu yang baru (baik dari sisi tanggung jawab ataupun jenis pekerjaan) dimana anda gak dapat dipekerjaan sebelumnya. jika anda hanya mengulang persis posisi dan pekerjaan anda sebelumnya (atau malah mundur), think about it before resigned dari pekerjaan skrg.

4. REPUTASI:

pastikan bahwa reputasi perusahaan/tempat kerja yang sdg ditawarkan adalah lebih baik dari sebelumnya. ini penting terutama untuk para professionalitas dimana kredibilitas dan kualitas CV sangat tergantung pada tempat kerja kita sebelumnya.

5. WORK CONTENT:

pastikan bahwa anda akan MENCINTAI pekerjaan anda, setidaknya ada bagian dari pekerjaan tsb dimana anda merasa sangat happy dan teraktualisasi. jika tidak ada sama sekali, re-think!

mudah-mudahan berguna ya…

Categories: Other Issues
  1. April 20, 2009 at 10:30 am

    Tulisan yang menarik. Terima kasih sudah berbagi informasi. Jika ingin tahu lebih banyak lagi tentang cara mengatasi hidup yang sulit atau kompleks, silakan baca artikel When Life Sucks di blog saya. Salam kenal, sobat.

    Lex dePraxis
    Romantic Renaissance

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: