Home > Other Issues > Kontraktor Minta Proyek Migas Dipegang Lokal

Kontraktor Minta Proyek Migas Dipegang Lokal

VIVAnews (5 juni) – Pengusaha kontraktor yang tergabung dalam Gabungan Perusahaan Nasional Rancang Bangun Indonesia (Gapenri) meminta proyek minyak dan gas bumi dipegang kontraktor lokal.

“Sebenarnya pemerintah sudah memberikan kesempatan yang banyak untuk kontraktor lokal tapi untuk proyek migas masih saja didominasi asing,” kata Ketua Gapenri Triharyo I Soesilo di Jakarta, Jumat 5 Juni 2009.

Triharyo menjelaskan dari proyek migas yang sebesar US$ 9 miliar, kontraktor lokal hanya mendapat jatah US$ 2 miliar. “Sebanyak US$ 7 miliar lari ke luar negeri,” katanya.

Menurutnya, tantangan terbesar untuk penggunaan produk lokal ada pada proyek migas dan investasi swasta. “Kalau Permenperin bisa diterapkan di proyek migas akan sangat luar biasa, jauh lebih dahsyat ketimbang industri padat karya,” katanya.

Triharyo mengaku Kepala BP Migas Priyono telah mendorong penggunaan produk lokal dalam proyek migas. “Kepala BP Migas hari ini telah melakukan tindakan, bahwa seluruh transaksi migas diminta menggunakan bank nasional,” ujarnya. Selain itu, BP Migas juga tengah mendorong penggunaan kandungan lokal sebesar 50 hingga 70 persen.

———————–

comment saya: setuju 1000%, masalahnya kadang terletak pada bankability para perusahaan lokal untuk pembelian barang2 import beresiko tinggi. harga menjadi lebih mahal karena vendor menempatkan high price untuk mitigasi resiko sehingga sudah tidak ekonomis lagi. jika sudah pake bank nasional insyaallah masalah ini akan bisa teratasi.

mungkin yang bisa jadi solusi lain adalah keterlibatan orang2 lokal sebagai keyperson sampai tingkat PM dan EM (terutama di sisi client). ini memberikan confidence yang kuat terhadap kandungan lokal.

Categories: Other Issues
  1. Priyono HP
    February 14, 2011 at 3:31 am

    Rekan2 Yth:
    Yang menjadi soal jelas permodalan Persh nasional masih kecil. Kalau di- paksakan para kontraktor ini malah menghambat. Sebaiknya mereka buat konsorsium agar jadi perusahaan gede, lalu ikut tender migas yang rata-rata perlu modal gede.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: