Home > EPC and Migas > Exxonmobil atau Pertamina?

Exxonmobil atau Pertamina?

kisruh pertamina – exxonmobil di cepu mudah-mudahan cepat berakhir. terlihat sekali bahwa BP Migas sudah mulai kesal dengan exxonmobil atas keangkuhannya selama ini.

yang dikhawatirkan nanti adalah bukan penyelesaian fair yang terjadi tapi malah ‘mengundang’ lobby tingkat tinggi amerika serikat (seperti yang dulu dilakukan Bush) untuk menginjak kaki para pengambil keputusan di indonesia. apapun yang terjadi, cepat produksi migas secepat2nya!

berita selengkapnya dari viva news jumat 9 oct 2009

============

bbanyuurip

VIVAnews – PT Pertamina (Persero) dan ExxonMobil Oil Indonesia Inc mulai membahas revisi perjanjian operasi bersama di Lapangan Banyuurip, Blok Cepu.

“Pertemuan sudah kami lakukan dengan Pertamina,” kata juru bicara ExxonMobil Maman Budiman di kantor BP Migas, Jakarta, Jumat 9 Oktober 2009.

Namun, Maman enggan menyebutkan hasil pertemuan itu, dengan alasan pertemuan baru dilakukan sekali.

Dia menuturkan, saat ini produksi Cepu sudah naik menjadi 18.000 barel per hari atau masih di bawah target 20.000 Belum tercapainya target itu karena peralatan yang belum optimal.

Kepala BP Migas R Piyono menuturkan, pihaknya akan memfasilitasi pertemuan antara Exxon dan Pertamina. “Kami akan membuka dialog,” katanya.

Priyono menjelaskan, pekan depan BP Migas akan memanggil Pertamina dan Exxon untuk menemui Deputi Pengendalian Operasi BP Migas.

Sebelumnya, Pertamina ingin mengambilalih operasi Lapangan Banyuurip yang saat ini dioperasikan ExxonMobil. Alasannya, selain produksi awal Pertamina molor hingga pertengahan tahun ini dari target tahun lalu, angka produksi juga sangat kecil. Produksi awal lapangan ini hanya sekitar 5.000 barel per hari.

ExxonMobil memiliki Langan Banyuurip melalui dua anak usahanya, yaitu Mobil Cepu sebesar 20,5 persen dan Ampolex (Cepu) Pte Ltd 24,5 persen. Sedangkan kepemilikan Pertamina di blok ini melalui PT Pertamina EP Cepu, sebesar 45 persen.

Categories: EPC and Migas
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: