Home > EPC and Migas > Diskusi: karir di mechanical engineering

Diskusi: karir di mechanical engineering

dibawah adalah salah satu diskusi yang saya lakukan dengan salah seorang rekan pembaca blog ini. saya kira cukup menarik untuk ditayangkan disini.

Pertanyaan:

Saya tertarik untuk berprofesi menjadi mechanical engineer, terutama rotating engineer, di perusahaan konstruksi namun sayangnya saya tidak ada pengalaman untuk itu. Pekerjaan saya saat ini menjadi business development, lebih karena kebetulan dan kebutuhan pada saat itu, yang ternyata pekerjaannya tidak nyambung dengan mechanical engineer. Itulah sebabnya saya berniat untuk pindah perusahaan.
Jika boleh saya minta saran bapak, bagaimana seharusnya jalur yang seharusnya saya ambil untuk bisa berprofesi menjadi mechanical engineer?Kebanyakan lowongan di perusahaan konstruksi mengharuskan pengalaman 3-5 tahun, walaupun ada untuk fresh graduate, biasanya dicari yang umurnya tidak lebih dari 25. umur saya sudah masuk 28 tahun depan, dan sepertinya saya juga sudah tidak cocok lagi masuk sebagai fresh graduate.
Ilmu yang bapak bilang didapatkan di office, apakah tidak memungkinkan untuk dicari bahannya dan bisa dipelajari sendiri? sehingga nanti pada saat wawancara, saya bisa menunjukkan bahwa saya paham mengenai pekerjaan mechanical engineer di bidang EPC.
terima kasih pak atas diskusinya.

Jawaban:

secara umum seorang engineer tidak mungkin menguasai sepenuhnya seluruh hal, mulai dari 1. design (spec write-up), 2. equipment selection / design, 3. installation, 4. precomissioning, 5. commissioning, start-up, sampai 6. operation and maintenance.

1-2 biasanya dilakukan di office dan porsinya disebut ‘design engineer’ or just engineering saja. 3-4 dilakukan di site dan biasanya disebut construction engineer. 5-6 dilakukan disite / facilities dan biasanya disebut operation engineer.

anda harus memilih, itu udah rumusnya. being professionals meaning being specialist.

saya kira secara umum anda malah punya nilai lebih karena anda (harusnya) sudah paham business nature EPC yang sebenernya tidak lebih dari integrator : membeli dari vendor, mendayagunakan subcontractor detail dan merangkai seluruh komponen2 tsb menjadi unit / plant yang menghasilkan product yang diinginkan user/client. EPC company TIDAK membuat barang dan juga TIDAK membangun dengan tangan sendiri.

kalo passion anda diconstruction, khususnya di rotating, maka isu yang paling relevan adalah masalah instalasi equipment, balancing, alignment dan testing2 di site.
company yg fokus di construction tidak akan ‘memaksa’ anda mengerti ttg technical bid evaluation (TBE) jika anda diinterview misalnya.

jika passion anda di engineering, isu yang relevan utk rotating adalah memahami cara kerja pompa, compressor, turbine, tau standard2 di API, tau vendor2 / supplier, memahami specification dan scope of supply dan ujung2nya adalah mendeliver TBE.

banyak ‘pintu masuk’ untuk menjadi seorang rotating engineer, selain langsung menjadi EPC engineer. bisa menjadi application engineer di salah satu vendor misalnya.

demikian, semoga bermanfaat.

Categories: EPC and Migas
  1. kelik
    August 3, 2010 at 4:41 pm

    ass wr. wb

    perkenalkan, nama saya kelik, 33 thn. lulusan S1 teknik mesin. 3 tahun kerja di rotating equipment services sbg QA/QC (cek dimensi, visual, NDT penetrant &UT inspeksi, balancing, ISO auditor)
    3 tahun kerja (sampai saat ini) kerja di chain conveyor manufactur sbg QC (cek dimensi, visual, test tarik, brinell hardness test).
    telah 6 bulan sy melamar ke oil company dan sering ditolak(dipanggil tes pun tidak). sepertinya pengalaman kerja sy sangat tdk cukup utk bekal.
    trus teman menyarankan utk coba lamar ke EPC company dulu.
    pertanyaan sy : dg umur 33 penglaman nol di EPC, jalur apa yg bs sy tempuh utk msk ke EPC? apakah bs lewat jalur fresh graduate?
    saat ini sy sedang kursus PDMS pipe design.
    utk kursus di bidang rotating eqp sukar diperoleh. lowongan bidang rotating engineer pun jarang sekali. krn itu sy banting stir ke dunia pipa.
    mohon pencerahannya

  2. Teddy Napitupulu
    February 10, 2011 at 9:11 am

    Saya seorang Mechanic pompa dan compresor rotartin equipment di perusahaan Migas Oil dan Gas diSupport Production Equipment selam 13 tahun sampai saat ini.Umur saya sekitar 35 tahun. saya menguasai pekerjaan dalam bidang mechanic semua pompa dan compressor segala bentuk dan cara kerjanya serta system instumentasi sebagai pendukung indikasi mesin tersebut.saya hanya lulusan SMK jurusan Mesin. pertanyaan saya apakah saya bisa melamar diperusahaan EPC ? karna setiap saya melamar diperusahaan Migas selalu belum ada jawaban. mohon saya tunggu jawaban nya
    terimakasih

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: