Home > EPC and Migas > Update: Project LNG Inpex Masela

Update: Project LNG Inpex Masela

23 Desember lalu, Inpex Masela Ltd membuka tender feasibility study untuk leasing Floating LNG. seperti diketahui Inpex adalah pemain lama di oil and gas Indonesia, hanya saja selama ini mereka biasanya selalu bertindak sebagai Participating Interest, dan belum pernah bertindak sebagai major operator.

Yang menarik dari tender feasibility study tersebut adalah keharusan local content sebesar 35% (ini sesuai semangat dari BP Migas yang belakangan ini sangat menaruh perhatian terhadap masalah ini). Juga persyaratan tentang ‘berpengalaman di bidang LPG FPSO’ (bukannya LNG FPSO yang relatif sangat sedikit di dunia).

sependek sepengetahuan saya, saat ini yang sudah beroperasi di Indonesia untuk LPG FPSO ada di Pertamina ONWJ (Ardjuna Sakti) yang sudah cukup tua, kalo tidak salah sejak tahun 1975 (dari jaman masih dimiliki Arco?).

setidaknya ini langkah maju dari berita sebelumnya (lihat disini) dimana sekarang kelihatannya opsi yang dipilih sudah mengarah ke floating production system (dengan sistem leasing).

seperti diketahui, blok Masela / Abadi ini terletak diperbatasan dengan Australia dan diduga memiliki cadangan sampai 10 TCF. rencana POD oleh Inpex ini diperkirakan menjadi USD 14.5 milliar.

Categories: EPC and Migas
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: