Home > EPC and Migas > Welcome: Steam Turbine made in Indonesia

Welcome: Steam Turbine made in Indonesia

ini berita yang sangat mengembirakan. di tengah dominasi OEM dari luar untuk hampir semua major rotating equipment, akhirnya ada badan usaha nasional yang mempelopori pembuatan steam turbine.

Equipment lain seperti pompa, gas engine, generator sudah banyak di buat di Indonesia, namun untuk Steam Turbine setau saya ya baru NTP ini…

para investor maupun EPC company yang bergerak di bidang power plant (geothermal maupun combined cycle) setidaknya sudah ada alternatif vendor buatan Indonesia…

dari bisnis.com (July 2009)

============

Meskipun belum go public, Direktur Utama PT Nusantara Turbin dan Propulsi (NTP) akan memperlakukan anak perusahaan PT Dirgantara Indonesia (DI) yang dipimpinnya layaknya sebuah perusahaan terbuka untuk mempercepat perkembangan perusahaan.
Supra Dekanto, Dirut PT NTP yang sebelumnya menjabat sebagai VP Director of PT GE Nusantara Turbine Services (2004-2009), mengharapkan tata kelola sebagai perusahaan terbuka itu akan diwujudkan dalam bentuk pelaporan kinerja yang lebih cepat dan akurat, sehingga baik buruknya kinerja perusahaan dapat segera dianalisis.

“Reporting kinerja harus bisa dilakukan bulanan, bahkan mingguan agar bisa dirumuskan langkah yang tepat untuk perkembangan perusahaan,” katanya.

Pria kelahiran Yogyakarta, 46 tahun silam ini merupakan lulusan Aeronautical/Mechanical Engineering Institut Teknologi Bandung pada 1988.

Sebelum lulus pun, tepatnya pada 1986, dia sudah bekerja menjadi tenaga part timer di PT IPTN pada Damage Tolerance Analysis, Direktorat Teknologi.

Sejak 1992, Supra Dekanto menjalani tugasnya di luar negeri sambil menimba ilmu industri penerbangan dengan menjadi laison officer IPTN North Amerika, Inc.

Akibat terpaan krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada 1998, dia dikembalikan ke Indonesia dan dipercaya menjadi vice president-GM N250 Division PT IPTN/PT DI (persero) hingga 2004.

Sambil menjalani jabatannya itu, Supra Dekanto juga dipercaya menjabat sebagai president commisioner of PT GE Nusantara Turbine Services sejak 2001 hingga 2004.

Bagi dia, bisnis inti PT NTP, yaitu perawatan mesin pesawat dan turbin industri, sangat prospektif.

Sebagai langkah maju, PT NTP yang semula menggeluti jasa perawatan mesin pesawat dan turbin, kini sudah mampu membuat steam turbine, dengan kapasitas yang dikembangkan 450 horse power (HP), 2 mega watt (MW) dan 4 MW.

“Kami merencanakan bisa memproduksi mesin turbin hingga kapasitas 7 MW, setahap demi setahap kami akan bergerak ke arah sana,” katanya.

Prototype steam turbine dengan kapasitas 450 HP dan 3 MW sudah berhasil dibuat oleh PT NTP dan telah diuji coba.

Categories: EPC and Migas
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: