Home > EPC and Migas > Tahapan pengembangan blok migas

Tahapan pengembangan blok migas

tulisan singkat berikut mencoba menjelaskan secara concise tahapan tipikal suatu blok migas dari awal sampai akhir:

1. Pemenangan suatu wilayah kuasa dimana tendernya dilakukan oleh pemerintah (melalui BP Migas). setelah diumumkan maka pemenang biasanya akan membayar semacam ‘commitment fee’ (atau signature bonus) kepada pemerintah.

tentang signature bonus ini mungkin masih ada yang ingat berita tentang menangnya Hess Indonesia di Semai V yang salah satunya diberitakan karena Hess memberikan signature bonus yang paling tinggi (kalau tidak salah sekitar USD 40 mill) dibandingkan Pertamina (yang cuma di angka USD 15 mill)

2. Tahapan Explorasi. di tahapan ini si pemenang harus membuktikan bahwa memang ada kandungan migas di wilayah kuasa (WK) yang dimenanginya. disini peranan G&G (Geologist & Geophysict) serta reservoir engineer menjadi sangat vital. Exploration drilling dan juga appraisal drilling dilakukan di tahapan ini. di tahapan ini services company seperti Schlumberger, Halliburton dan lain sebagainya juga terlibat membantu company.

3. Tahapan Development. di tahapan ini pemenang WK harus mengajukan POD (Plan of Development) kepada BP Migas yang menyatakan rencana-rencana pengembangan, lengkap dengan calon offtaker, volume migas yang akan dijual, expenditure plan dan berbagai hal lainnya yang menyangkut aspek teknis dan komersial. development drilling juga mulai dilakukan. khusus untuk EPCI, di fase inilah biasanya paralel sambil menunggu di setujuinya POD, pemenang WK akan mengadakan tender FEED dan tender EPCI. sesuai dengan tingkatan detail yang dilakukan, melalui hasil tender, Owner Estimate dan AFE (approval for expenditure) akan dipertajam.

di tahapan pengembangan ini, berbagai latar belakang engineering diperlukan, mulai dari disiplin subsurface (G&G, reservoir), surface (mech, electrical, process, instrument, civil, structural), maupun dari supply chain management (procurement).
4. Tahapan Produksi. begitu kontrak EPCI selesai dilakukan (tentunya melalui tahapan Engineering, Procurement, Construction, Precom, Commissioning dan Start-up) maka blok migas tersebut akan mulai berproduksi.

demikian. insya allah di tulisan mendatang akan dibahas lebih detail di tahapan pengembangan yang tentunya terkait dengan pekerjaan EPCI.

  1. January 18, 2010 at 12:14 am

    Kok mudah ya pengembangan blok migas. kenapa sedikit modal nasional yang investasi disini.apa dari grup kampungmelayu bisa mulai mencoba untuk terjun ke MIGAS?
    almek4711@gmail.com

  2. Drajad
    January 18, 2010 at 2:17 pm

    o gitu yaaa

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: