Home > EPC and Migas > Rencana Pertamina mengakuisisi ConocoPhillips

Rencana Pertamina mengakuisisi ConocoPhillips

kembali terdengar agresivitas pertamina untuk meningkatkan kapasitas produksi migas nya, barangkali untuk mengejar ketertinggalan setelah selama ini sepertinya ‘tertidur’ pulas.

khusus untuk pengembangan oleh ConocoPhiliips di North Belut (EPCI CPPnya dilakukan oleh McDermott, dimulai Januari 2007 dan load-out Juni 2009) produksi pertamanya telah dilakukan sekitar november 2009 lalu. kalau tidak salah, produksi gas akan mencapai 265 – 315 MMSCFD dan oil sekitar 20-30ribu bpd. angka yang cukup signifikan.

mari kita lihat realisasi dari agresivitas pertamina ini, tentu yang paling terdekat adalah realisasi dari rencana lain yaitu pertamina akan mengambil alih blok Mahakam yang seharusnya keputusan sudah ada di bulan Jan-Feb ini.

setidaknya jika pertamina tumbuh terus dan berkembang, porsi lokal dalam setiap project offshore EPCI yang akan dilakukan, akan meningkat dan memberikan nilai tambah bagi para engineer lokal yang terlibat. semoga.

berita detail dari web.bisnis.com, 21 Jan 2010

JAKARTA: PT Pertamina (Persero) siap mengakuisisi seluruh aset ConocoPhilips di Indonesia setelah perusahaan yang bermarkas di Houston, Texas, Amerika Serikat, itu mengumumkan rencana menjual asetnya bernilai US$10 miliar yang ada di luar negeri.

Dalam rangka itu, BUMN minyak dan gas itu telah menyediakan dana untuk kepentingan merger dan akuisisi senilai US$1 miliar, sementara untuk rencana akuisisi aset ConocoPhilips itu diperkirakan membutuhkan dana US$600 juta -US$700 juta.

Vice President Merger dan Akuisisi Pertamina Bayu Kristanto mengemukakan persero kini akan lebih gencar meningkatkan nilai perusahaan dengan mencari peluang, baik merger maupun akuisisi, dengan menggunakan strategi pendekatan aset level, induk perusahaan dan government to government.

“Kami kini gencar mengincar beberapa peluang, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Salah satunya adalah aset ConocoPhilips di Indonesia. Dalam rangka kepentingan itu, kami telah menyiapkan dana US$600 juta-US$700 juta,” ujarnya kemarin.

Khusus di Indonesia, ConocoPhilips memiliki aset berupa blok a.l. Arafura Sea, South Natuna Sea Block B, South Jambi. Dalam rangka kepentingan itu, lanjutnya, Pertamina telah mengajukan ketertarikan itu ke Houston, markas ConocoPhilips.

Perusahaan asal Amerika Serikat itu telah mengumumkan rencana menjual aset yang ada di luar negeri dengan nilai US$10 miliar. Program penjualan itu merupakan program pelepasan aset periode 2010-2011. “Kami juga berencana membeli perusahaan migas yang listed di luar negeri selain beberapa peluang di Angola, Kazakstan, Vietnam dan Australia,” ujar Bayu.


  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: