Home > EPC and Migas > West Madura akan diambil alih Pertamina EP?

West Madura akan diambil alih Pertamina EP?

dari berita yang beredar, kelihatannya peluang Pertamina untuk mengambil alih West Madura block yang selama ini dioperatori oleh Kodeco adalah cukup besar.

setidaknya peluangnya lebih besar daripada berita rencana pengakuisisan Total Mahakam dan juga ConocoPhillips Corridor Block. ini mengingat bahwa porsi kepemilikan Pertamina dari awal memang cukup besar dan juga block West Madura ini akan expiry 2011 nanti. apalagi memang dari awal, West Madura ini adalah berpola JOB (Joint Operation Body) dengan Pertamina.

jika jadi, maka setau saya secara cara kerja Pertamina selama ini, West Madura akan dikelola oleh Pertamina EP yang memang bertugas mengelola lapangan2 yang 100% milik Pertamina (bukan oleh Pertamina Hulu Energi – PHE yang mengelola kepemilikan blok secara bersama oleh Pertamina dengan perusahaan2 lain).

Blok West Madura terdiri atas lapangan minyak dan gas bumi lepas pantai. Produksi minyaknya mencapai 14 ribu barel per hari dan gas 92 MMSCFD (juta standar kaki kubik per hari). Kontrak blok ini ditandatangani pada 7 Mei 1981 dengan porsi kepemilikan saham Pertamina 50 persen, Kodeco 25 persen, dan CNOOC (Cina) 25 persen. Kodeco sendiri dimiliki oleh Korea Selatan.

kita lihat saja perkembangannya, terutama mencermati usaha agresif Pertamina untuk mengejar produksi migas secara portofolio dengan mengakuisisi perusahaan migas lain yang sudah beroperasi atau mengambil alih secara penuh JOB Pertamina yang selama ini dioperatori oleh pihak lain.

berita lain bisa diintip di http://www.inilah.com

Juru Bicara PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP), Ali Mundakir mengatakan kemungkinan pada 2013 mendatang Pertamian bakal menjadi operator di blok West Madura, dengan mitranya PT Kodeco Ltd.

“Kemungkinan baru 2013 Pertamina bisa menjadi operator di blok west Madura,” kata Juru Bicara Ali Mundakir kepada INILAH.COM, akhir pekan lalu.

Dia menjelaskan saat ini status operatorship di blok tersebut masih di tangan PT Kodeco Ltd, tetapi mulai 2013 mendatang, Perseroan siap menjadi operatornya. Adapun pemilik saham di blok tersebut antara lain Pertamina 50% dan Kedeco 50%.

Dalam hal ini, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Karen Agustiawan telah menjelaskan untuk menjadi operator di blok migas west madura, pihaknya sudah mendapatkan restu dari pemerintah, (kementerian ESDM), tinggal menunggu pelaksanannya. [hid]

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: