Home > EPC and Migas > BP dan BPH Migas digabung?

BP dan BPH Migas digabung?

ada berita menarik minggu lalu tentang usulan penggabungan kedua regulator di bidang migas ini. saya kira baik BP Migas (upstream/hulu) dan BPH Migas (downstream/hilir) harus terbuka terhadap usulan ini dan menganalisisnya dengan kepala dingin.

cerita tentang kurang kompaknya BP dan BPH Migas dibeberapa issue ‘perbatasan’ hulu dan hilir seperti pipanisasi bukan satu-dua kali pernah terdengar. yang paling update tentunya masalah pipanisasi muriah project dimana BP Migas menganggap pipeline tersebut adalah konsesi Petronas sebagai bagian dari block Kepodang, sementara BPH Migas menganggap pipeline tersebut adalah konsesi Bakrie sebagai bagian dari Kalija (Kalimantan Jawa) pipeline.

dari vivanews: 12 April 2010

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengusulkan penyatuan Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas (BP Migas) dan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas).

Anggota Komisi VII DPR Satya W Yudha mengatakan usulan tersebut menjadi salah satu poin yang akan dibahas terkait rencana revisi Undang-Undang Minyak dan Gas (UU Migas) No. 22/2001.
“Kemungkinan penyatuan BP Migas dan BPH Migas serta penguatan peran mereka,” kata dia di Jakarta, Senin 29 Maret 2010.
Satya menjelaskan, revisi UU Migas tersebut merupakan hasil rekomendasi dari Panitia Khusus (Pansus) bahan bakar minyak (BBM) yang keluar September 2009.
Menurut dia, revisi bertujuan untuk meningkatkan iklim investasi, menaikkan produksi minyak nasional serta menyempurnakan birokrasi. “UU yang berlaku saat ini belum sempurna,” tuturnya.
Satya menjelaskan, rencana revisi undang-undang migas tersebut sudah ada dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) dengan nomor urut 68 dari 180 UU yang direncanakan akan direvisi.

Categories: EPC and Migas Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: