Home > EPC and Migas > Prestasi Pertamina ONWJ

Prestasi Pertamina ONWJ

ada berita yang benar tapi salah dari tempointeraktif edisi 14 April 2010.

cukup menggelikan karena media sebesar Tempo belum bisa membedakan antara Pertamina EP dan Pertamina Hulu Energi. berita dibawah ini seharusnya merujuk ke Pertamina Hulu Energi ONWJ (diakuisisi dari BP Indonesia tahun lalu) bukan ke Pertamina EP. untuk itu, berita dibawah sudah saya revisi (replace ‘Pertamina EP’ dengan ‘Pertamina Hulu Energi ONWJ’.

yang membedakan antara Pertamina EP (PEP) dan Pertamina Hulu Energi (PHE) adalah PEP mengelola blok minyak/gas yang 100% milik Pertamina sementara PHE mengelola blok minyak/gas yang hanya sebagian sharenya dimiliki oleh Pertamina. dalam konteks PHE ONWJ, Pertamina memiliki 46% share dan sekaligus bertindak sebagai operator.

Prestasi yang di highlight adalah blok ONWJ (terbentang dari kepulauan seribu sampai pesisir Indramayu) sejak diambil alih Pertamina berhasil memproduksi migas lebih banyak daripada saat dikelola BP.

Berita yang beredar, minggu lalu mereka berhasil menembus produksi oil diatas 30ribu barrel per day, yang relatif lebih tinggi daripada kisaran produksi ditahun tahun sebelumnya (dikelola pemilik sebelumnya).

Mereka juga giat mengembangkan lapangan baru yaitu APN (yang sekarang dalam proses persiapan tender EPCI) dan GG (yang direncanakan akan bersinergi dengan user/offtaker dikawasan Balongan).

Berikut berita detailnya:

TEMPO Interaktif, Jakarta – Pertamina Hulu Energi ONWJ tahun ini menyiapkan dana sebesar sekitar US$ 506 juta untuk mengembangkan Blok Offshore North West Java (ONWJ).

Dana itu terdiri dari US$ 142 juta untuk belanja modal (capital expanditure) dan US$ 364 juta untuk belanja operasional (operational expanditure). Pelaksana Tugas Harian Direktur Utama PHE Dwi Martono menjelaskan, anggaran tahun ini lebih tinggi daripada tahun lalu. Hal itu perlu dilakukan untuk mengejar target produksi dari Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) sebesar 23,5 ribu barel per hari. Pertamina Hulu Energi ONWJ saat ini sedang mengembangkan dua lapangan minyak dan gas, yaitu APNG dan APNF yang siap berpoduksi pada 2011. “Kita sedang mengkaji pengembangan lapangan GG,” tutur Dwi Martono di Jakarta, Kamis (15/4).

Untuk menggenjot produksi, Pertamina Hulu Energi ONWJ terus melaksanakan eksplorasi sumber minyak sampai kuartal ketiga tahun ini. “Mudah-mudahan bisa meningkatkan produksi, terutama gas,” ujar Martono. Setelah mengalami penurunan produksi sejak Januari lalu, Pertamina Offshore North West Java (ONWJ) akhirnya mencapai produksi 30 ribu barel. “Hari ini Pertamina EP mencapai batas psikologis,” ujar Martono. Pencapaian tersebut melampaui target dari Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi untuk ONWJ sebesar 25,3 ribu barel per hari. Menurut dia, dari Januari hingga Maret produksi minyak dan gas turun karena faktor cuaca dan juga perbaikan pipa. “Kenaikan ini juga didukung oleh perbaikan pipa,” ujar Martono. Tahun ini, kata dia, Pertamina Hulu Energu ONWJ masih melakukan kegiatan eksplorasi lapangan hingga kuartal ketiga. “Jadi masih mungkin produksi diatas 30 ribu barel lagi,” tuturnya.

Categories: EPC and Migas Tags: ,
  1. made
    April 29, 2010 at 5:45 am

    kapan nih prestasi TAR ONWJ dimuat

  2. May 3, 2010 at 3:30 pm

    kalau negara kita bisa memproduksi (mengolah) minyak sendiri betapa beruntungya negeri ini yang kaya akan alam.(minyak,gas,batu bara,emas,dll)

    • Oki
      August 26, 2010 at 4:07 am

      Nice,

      ini dia yg kita tunggu, peran pertamina utk mengelola sumber daya sendiri biar mandiri dan sukses.disitu banya ladang di offshorenya, jd kita bs petik elmu untuk develope sendiri di masa depan untuk ladang lainya di indonesia.

      Salam

  3. Suwaryo
    May 25, 2012 at 1:39 am

    Semoga Pertamina juga mengembangkan sayap untuk pengelolaan sendiri Ladang minyak yg lain di Indonesia.
    seperti halnya PHE-Onwj ,
    kita ketahui bersama, banyak block minyak di indonesia ( Block Natuna, Block Cepu , etc) masih di kelola oleh perusahaan minnyak asing.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: