Home > EPC and Migas > Proyek EPC (berikutnya) di Musi Rawas

Proyek EPC (berikutnya) di Musi Rawas

setelah dipimpin oleh Pak Dahlan Iskan, terlihat sekali cukup banyak gebrakan yang dilakukan oleh PLN. salah satunya adalah launching rencana project EPC untuk PLTG di Sumsel.

Jika dilaksanankan, tentu pertanyaannya apakah tidak bentrok dengan rencana pengembangan SSWJ (South Sumatera West Java) Pipeline yang dimiliki oleh PGN? seperti diketahui project mega billion itu rencananya mengangkut cadangan gas diwilayah Sumsel (mulai dari Grissiknya ConocoPhillips dan juga tapping sources wilayah yang dilaluinya) ke Jawa. Kebetulan saya sendiri pernah terlibat (sebagai commissioning leader) – sebagai kontraktor saat itu – saat first stage commissioning pipeline yang masuk dari laut/selat sunda ke station PGN Bojonegara dengan end-user KDL (Krakatau Daya Listrik).

Sisi menarik lain adalah potensi pengembangan Musi Rawas jika project ini dilaksanakan. Tahun 2004-2006 saya juga pernah terlibat pembangunan PPGS (Project Pengembangan Gas Sumbagsel) Pertamina di salah satu pelosok Musi Rawas sehingga sedikit banyak paham bahwa project EPC (apalagi sekelas PLTG) akan membantu perekonomian daerah setempat. Musi Rawas sendiri meski berada di Sumsel namun aksesnya agak susah dan malah lebih dekat dari Bengkulu (4-5 jam dari Bengkulu).

Disisi lain (baca berita dibawah), project Singa Medco yang dikerjakan IKPT memang mau selesai namun project Jambi Merang Hess yang dikerjakan Tripatra (process plant) dan Rekin (pipeline) sepertinya tidak akan selesai dalam waktu dekat ini.

Berikut berita terkait dari kapanlagi.com

Kapanlagi.com – PT PLN (Persero) merencanakan pembangunan dua pembangkit berbahan bakar gas dengan kapasitas total 600 mega watt (MW) di Sumatera Selatan (Sumsel) pada 2010. Dirut PLN Dahlan Iskan di Jakarta, Rabu mengatakan, kedua pembangkit akan memanfaatkan pasokan gas yang berada di wilayah Sumsel. “Pembangunan pembangkit juga memanfaatkan pipa yang sudah ada di wilayah tersebut,” katanya.

Menurut dia, ke dua pembangkit direncanakan berkapasitas masing-masing 200 MW yang akan dibangun di Prabumulih dan 400 MW di Musi Rawas. Pembangkit Prabumulih memanfaatkan gas sebesar 45 juta kaki kubik per hari (MMSDFD) dari Lapangan Singa yang dioperasikan Medco EP Indonesia. Sedang, pembangkit di Musi Rawas memakai pasokan gas sebesar 80 MMSCFD dari Lapangan Jambi Merang yang dioperasikan Hess Indonesia.

“Kami sudah menandatangani kontrak ke dua pasokan gas itu dan direncanakan mulai mengalir pada Maret 2010,” katanya. Dahlan menambahkan, pihaknya telah memutuskan untuk membangun sendiri pembangkit mengingat sudah mendapat kepastian pasokan gas dan harga yang juga cukup rendah.

Namun, pihaknya masih mengkaji mekanisme pengadaannya.

Sejumlah opsi yang sedang dikaji antara lain berjenis pembangkit listrik tenaga gas ( PLTG) atau langsung pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU).

Jika berbentuk PLTG maka kebutuhan investasi ke dua pembangkit diperkirakan mencapai US$420-480 juta. Namun, kalau PLTGU maka investasi bisa mencapai US$660 juta.

“Kami juga belum memutuskan apakah mekanisme pengadaannya melalui sewa, kerja sama operasi atau lainnya,” katanya. Dahlan juga mengatakan, pasokan gas dari Singa dan Jambi Merang tersebut sebelumnya direncanakan dibawa ke Jawa. Namun, mengingat pembangkit gas yang kini beroperasi di Jawa sudah terpenuhi dari rencana pembangunan terminal penerima gas alam cair (LNG) di Teluk Jakarta, maka rencana tersebut urung dilaksanakan.

Di sisi lain, kapasitas pembangkit yang saat ini ada di sistem interkoneksi Jawa juga sudah mencukupi yakni 30% di atas beban puncak. Selain, kebutuhan investasi seperti kompresor untuk membawa gas melalui pipa ke Jawa juga cukup besar. (ant/meg)

Categories: EPC and Migas
  1. tukang listrik
    May 1, 2010 at 12:37 am

    Pernah di Re*in jg to pak?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: