Home > EPC and Migas > Pertagas NGL dimulai!

Pertagas NGL dimulai!

menyambung berita sebelumnya , berdasarkan berita dari inilah.com dibawah, project Pertagas NGL telah dimulai minggu ini.

cukup menarik karena Pertagas sebagai salah satu ‘anak baru’ di organisasi Pertamina berhasil memulai pekerjaan EPC yang cukup besar. apalagi mengingat bahwa NGL plant termasuk salah satu tipe gas-plant yang cukup kompleks (setidaknya dibandingkan gas treatment lainnya).

di Indonesia setidaknya ada beberapa NGL plant (di Badak dan Arun dalam kompleks LNG plant), kemudian juga North Geragai NGL plant milik Pertamina Hulu Energi Jambi Merang (joint dengan Hess – yang kemudian diambil alih ke Talisman), juga Betara Complex nya Petrochina yang punya NGL Recovery.

selamat kepada para shareholder kegiatan ini: Pertagas, E1, dan Tripatra.

Good Luck!

berikut berita detailnya:

http://inilah.com/news/read/ekonomi/2010/06/10/590881/pertagas-siapkan–investasi-ngl-sumsel–us$190-juta/

“Investasi kilang NGL di Sumsel capai US$190 juta, rencananya on stream 2012,” kata President Director PT Pertagas, Suharyanto di Jakarta, Kamis (10/6).

Untuk proyeknya sendiri saat ini dalam pembangunan yang dimulai sejak 7 Juni yang lalu. Selain pembangunan NGL di Sumsel, Pertagas tengah menyelesakan beberapa proyek strategis, di antaranya persiapan pembangunan pipa transmisi Simenggaris ke kilang Methanol Bunyu sepanjag 70 KM, rencananya onstream pada 2011 mendatang.

“Investasi proyek ini mencapai US$29 juta, alokasi dana tersebut untuk pre feed serta untuk tender EPC-nya,” katanya.

Sebenarnya kilang tersebut sudah ada, namun butuh perbaikan sehingga mampu beroperasi secara normal. Adapun kapasitas pipa transmisi tersebut capai 25 mmscfd.

Adapula pembangunan pipa transmisi gas, Semarang-Gresik sepanjang 256KM. Sekarang dalam proses feasibilities study bersama PT Kereta Api, karena nantinya akan memakai jalur Kereta Api.

Untuk capex 2010 ini, selain mengandalkan dana internal perusahaan, Pertagas mendapatkan suntikan dana dari induk perusahaan (Pertamina) dan dari holding sekitar Rp500 miliar. [cms]

Categories: EPC and Migas Tags: ,
  1. Lily Satryadi
    June 30, 2010 at 5:58 pm

    Om Edi,

    Apa bedanya NGL dan LNG ?

  2. July 3, 2010 at 5:26 am

    NGL itu mengambil liquid dari natural gas, biasanya yg diambil hanya komponent ‘berat’ seperti propane dan butane. NGL biasanya ada ketika komponen berat masih bisa dijual.

    LNG itu mengubah natural gas menjadi liquid, krn itu yg diambil adalah semua komponen terutama sekali methane dan sedikit ethane.

  3. pecem-ceara
    July 3, 2010 at 5:37 pm

    kalo untuk proyek FSRU (floating storage regasification unit)diindonesia itu dibawah naungan pertagas juga kah…?

  4. July 4, 2010 at 1:24 pm

    FSRU itu berada di bawah payung Nusantara Regas, yang merupakan joint venture antara Pertamina (Persero) dan PGN. jadi secara institusi bukan dibawah Pertagas, meski mungkin ada keterlibatan individunya.

  5. SYARIPUDIN.A
    January 30, 2011 at 2:26 pm

    kepada pimpinan pertamina or talisman
    saya putra daerah bayung lencir saya ingin ber?setelah tes thn 2007 lalu pertamina tidak pernah melakukan sleksi lagi.jadi kmna saya harus menyampaikan lamaran kerja jika ingin bekerja dipertamina?????????
    jika lewat email.tlng kasih tau alamat emailnya terima kasih sebelumnya……………………………………….!!!!!!!!!!!!!!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: