Home > EPC and Migas > Block Mobil Cepu sudah ditenderkan

Block Mobil Cepu sudah ditenderkan

165ribu barrel perday adalah angka yang cukup fantastis jika diproduksi oleh satu lapangan minyak, tapi kira2 itulah ambisi Mobil Cepu Ltd ketika memulai menggelar tender pekerjaan EPC untuk block Cepu.

dari berita yang beredar, beberapa EPC lokal dan international sudah mendaftarkan diri. tentu saja ‘kue yang menggairahkan’ (ditengarai bisa mencapai lebih dari 800 juta dollar USD in total) dari tender ini lah yang menarik minat banyak pihak.

kita tunggu perkembangannya, setidaknya this has been started…

dari nonblok.com

Mobil Cepu Limited (MCL) memulai tender proyek Full Field Development (FFD) migas Blok Cepu di Bojonegoro, Jatim, yang didalamnya meliputi sejumlah item proyek.

“Proses tender FFD yang terdiri dari sejumlah proyek migas sedang berlangsung dan dalam menentukan pemenang tender akan melibatkan berbagai pihak,” kata Eskternal Relation MCL, Deddy Afidick, Minggu (30/5).

Deddy tidak menyebutkan jadwal pelaksanaan tender. Dia hanya menyebut, sejumlah proyek migas Blok Cepu yang disebut FFD tersebut, merupakan fasilitas produksi untuk produksi puncah atau penuh minyak Blok Cepu sebesar 165 kilomter.

Sesuai jadwal produksi puncak Blok Cepu tersebut, sesuai skenario baru bisa direalisasikan pada tahun 2013. “Ya semoga saja proses tender berjalan lancar,” katanya.

Dia merinci, proyek FFD yang sedang dalam pelaksanaan tender tersebut yaitu central procecing facilitied (CPF) dan tapak-tapak sumur di kawasan Blok Cepu di Kecamatan Ngasem dan sekitarnya.

Selain itu, sarana jalur pipa 20 inci sepanjang 72 kilometer di darat mulai lapangan minyak Banyu Urip Blok Cepu di Kecamatan Ngasem, hingga laut di Tuban.

Masih dalam proyek itu, paket proyek pipa distribusi lainnya yaitu pembangunan jaringan pipa dibawah laut sebesar 20 ici dari tepi pantai menuju tengah laut sepanjang 23 kilometer. “Masih dalam paket itu, juga dibangun menara tambat (mooring tower),” katanya menjelaskan.

Di tengah laut tersebut, juga dibangun proyek tempat penampungan minyak yangg disebut floating storage and floading yang berfungsi menampung dan memuat minyak ke kapal tanker.

Menurut dia, proyek penunjang migas Blok Cepu yang tidak kalah penting di antaranya pekerjaan sipil dan infrastruktur pendukung kesemuanya disebut engineering procurement and construction (EPC).

Sementara itu, bersamaan dengan tender proyek FFD, MCL mulai mengebor sumur minyak pengembangan di lapangan Alas Tuwo Barat di Desa Ngunut Kecamatan Dander, Alas Tuwo Timur di Desa Ngasem Kecamatan Ngasem.

Kemudian lapangan migas Kedungkeris, di Kecamatan Kalitidu dan lapangan Kandangan di Desa Kandangan, Kecamatan Malo.

Dengan adanya sumur migas pengembangan tersebut, sebagai langkah mengejar produksi puncak sebesar 165 ribu barrel per hari. [ant]

Categories: EPC and Migas Tags: ,
  1. muhtar
    July 9, 2010 at 8:58 am

    Just Info: Untuk Banyu Urip Offshore Pipeline & Mooring Tower sekarang lagi jalan tendernya, cuman kayaknya tersendat2.. sampe sekarang technical stagenya aja belum clear.

  2. August 26, 2010 at 4:04 am

    hi…

    need info neh…

    siapa saja EPC yang dapat pekerjaan ini.

    thx ya

    • kiki
      November 5, 2010 at 12:29 am

      EPC yg ikutan ada 10, baik lokal maupun asing, dan rata2 mereka semua berpartner dalam mengerjakannya, seperti biasa IKPT, Tripatra, Rekin, Adhi Karya dsb….

  3. Lukcy
    February 11, 2011 at 6:04 am

    Gimana hasil dari tender Project ini?
    Apa sudah ada yang menang? Kalau sudah trus Start Project mulai kapan??

  4. sfasdfsadf
    November 10, 2011 at 1:35 pm

    tripatra menang tuh mulai november ini pertengahan award di umumkan

  1. July 24, 2010 at 2:57 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: