Home > EPC and Migas > Next giant EPC Project: Pupuk Kaltim V

Next giant EPC Project: Pupuk Kaltim V

bagaimana kabar rencana Pupuk Kaltim V? proyek EPC raksasa berskala hampir menyentuh USD 900 juta ini dikabarkan masih terkendala masalah pasokan bahan baku gas. yang diperlukan adalah sekitar 82 MMSCFD sebagai feed gas dan tentu siapa pemasoknya harus ditentukan oleh BP Migas.

dari sisi produksi beras nasional, project EPC ini luar biasa penting. semoga BP Migas cepat membuat keputusan tentang kepastiannya.

perihal siapa saja EPC yang tertarik, tentu tidak jauh2 dari spesialis pupuk seperti PT Rekayasa Industri, PT IKPT maupun juga (sekalipun lebih dikenal sebagai EPC Migas) PT Tripatra. tentu mereka harus bekerja sama dengan selected licensor Ammonia-Urea yang ditunjuk, yang kalau tidak salah adalah Snamprogetti dari Italia.

seperti halnya proyek2 pupuk lainnya, setiap EPC Project untuk industri ini biasanya sangat padat teknologi dan menjadi wahana terbaik bagi para engineer muda tanah air sebagai tempat pengembangan diri.

=============

berita ulasan rencana detailnya berikut dikutip dari mediaindonesia.com

BUMN pupuk terbesar, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT), akan membangun pabrik pupuk urea ke-5 berkapasitas di atas satu juta ton per tahun dengan investasi sekitar US$865 juta untuk mengantisipasi pertumbuhan permintaan pupuk di masa depan.

“Saat ini, masih dalam persiapan tender. Lahan sudah hampir siap dan sedang dijajaki sindikasi pinjaman dari bank nasional,” ujar Dirut PKT Hidayat Nyakman, Sabtu (3/5), di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Ia mengatakan, pabrik pupuk urea ke-5 atau Kaltim V itu juga merupakan pengganti dari pabrik Kaltim I yang sudah tua dan tidak efisien lagi. Rencananya, PKT akan menggunakan pinjaman dari sindikasi bank nasional di antaranya Bank Mandiri untuk membiayai investasi pembangunan pabrik yang diperkirakan menelan biaya sekitar US$865 juta.

Selain memproduksi urea sebesar 1,15 juta ton per tahun atau sekitar 3.000 ton per hari, pabrik Kaltim V juga akan memproduksi amoniak dengan kapasitas yang hampir sama. “Kami juga sedang menjajaki pasokan gas untuk pabrik baru tersebut,” katanya. PKT menargetkan pabrik Kaltim V bisa segera terealisasi, dengan target produksi secara komersial pada 2015.

Categories: EPC and Migas Tags: , , ,
  1. August 20, 2011 at 12:48 am

    saya sangat2 bangga terutama untuk meningkatkan kesejahteraan untuk menbanggun,prasarana peningkatan penbangunan,baik di PT.PUPUK KALTIM baik DI LNG PT .BAdak,terutama ,untuk persiapan demi masa depan anak2 kita walaupun, saya setatus wira swasta.project.saya pernah turun tangan untuk mengerjakan Pusdiklat PKT/ PT KNE pupuk kaltim. juga dan saya lanjut kontractor Pt,chiyoda /PT.IKPT Train E,F,G,H,.loading dock Retrafit, maka dari itu,harapan kami pihak,2 bagi yang menekmati hasil payah kita bersama untuk meninggkatkan budi daya masyarakat dan sekitarnya, muda2 han anak2 kita bisa ada penepatan yang lebih expesion ke depan amin walaupun orang tua ikut mengawasi sumbang sih tenaga amin.

  2. August 23, 2011 at 7:51 am

    saya sebagai wiraswasta sebagai contractor baik di pernah di contractor PT.BADAK LNG.PT PUPUK KALTIm walaupun sekarang tetap tinggal bontang kaltim. Mulai TH.2003 S/D 2011 alkamdullilah saya ikut Contractor Pt.Thiess. PT.TOTAL indonesian sebagai Subcont saya mengharapkan muda2 han anak2 kita bisa menetapkan sebagai karyawan di wilayah Bontang kaltim,

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: