Home > EPC and Migas > Pertamina di bisnis Migas

Pertamina di bisnis Migas

saya sering menerima pertanyaan tentang apa beda Pertamina EP dan Pertamina Hulu Energi, dan juga apa hubungannya dengan Pertamina Pusat di bisnis migas upstream (exploration and production).

perlu diketahui bahwa semua usaha komersial dibawah pengawasan BP Migas harus merupakan badan usaha yang didirikan khusus untuk wilayah blok migas yang dikelolanya. jadi jika anda mau dihire oleh ConocoPhillips misalnya, anda harus tahu apakah ini untuk ConocoPhillips (South Jambi) atau ConocoPhillips (Corridor) karena kedua badan usaha itu merujuk ke ladang migas yang berbeda.

dalam konteks Pertamina, harus dipahami bahwa Pertamina (Persero) secara langsung BUKAN berada dibawah BPMigas, karena Pertamina (Persero) adalah holding company yang juga meliputi bisnis retail dan downstream yang berada di bawah koordinasi BPH Migas. tepatnya adalah Pertamina (Persero) ‘melimpahkan’ WK (wilayah kerja) ke anak2 perusahaannya dibidang hulu yang berada dibawah koordinasi BPMigas, lebih khusus lagi adalah Pertamina EP dan Pertamina Hulu Energi (PHE).

lalu apa bedanya antara Pertamina EP dan PHE? berikut sedikit detailnya:

  1. PT PERTAMINA EP (PEP) dengan visi “PEP World Class” pada 2014. Perusahaan ini menyelenggarakan usaha hulu di bidang minyak dan gas bumi meliputi eksplorasi dan eksploitasi, serta penjualan produksi minyak dan gas bumi hasil kegiatan eksploitasi. PEP juga menyelenggarakan kegiatan usaha penunjang lain yang secara langsung maupun tidak langsung menunjang kegiatan usaha tersebut di atas.
  2. Wilayah kerja PT Pertamina EP merupakan limpahan dari sebagian besar Wilayah Kuasa Pertambangan Migas PT Pertamina (Persero). Wilayah Kerja yang mulai dikelola oleh PT Pertamina EP sejak 17 September 2005 termasuk di dalamnya seluruh area yang sebelumnya dikerjasamakan oleh PT Pertamina (Persero) melalui TAC (Technical Assistance Contract) sebanyak 33 kontrak serta JOB EOR (Joint Operating Body Enhanced Oil Recovery) sebanyak 3 kontrak.

    Semua blok migas yang dimiliki adalah 100% milik Pertamina EP (tanpa ada partisipasi kepemilikan dari pihak lain), meski pengelolaannya bisa dilakukan oleh pihak lain dalam bentuk TAC maupun JOB seperti disebut di atas.

  3. PT PERTAMINA HULU ENERGI (PHE) adalah salah satu anak perusahaan PT PERTAMINA (PERSERO) yang bergerak di bidang pengelolaan portofolio usaha sektor hulu minyak dan gas bumi serta energi lainnya. Kegiatan PHE kedepan dirancang sesuai visi 2014 yaitu: Menjadi perusahaan multinasional yang terpandang di bidang energi di sektor hulu migas dan energi (Respectable Multinational Upstream Energy Company).
  4. Perusahaan ditugaskan untuk mengelola dan mengembangkan portofolio-portofolio usaha hulu migas yang telah dan/atau akan dijalankan dari berbagai bentuk kerjasama seperti JOB-PSC, IP/PPI, BOB dan sebagainya, baik di dalam maupun luar negeri. Tugas ini tercermin di dalam mission statement perusahaan sebagai berikut: Melaksanakan pengelolaan operasi dan portofolio usaha sektor hulu minyak dan gas bumi serta energi lainnya yang flexible, lincah dan berdaya laba tinggi yang memberikan nilai tambah bagi stakeholders.

    blok2 yang dimiliki oleh Pertamina Hulu Energi adalah blok yang berpatungan dengan oil company lain, dan karenanya penanggung jawab operasinya tergantung dari kesepakatan antara para pemilik tsb.

(disini saya ‘mengabaikan’ profil Pertamina Gas, Pertamina Geothermal Energi, Pertamina Drilling Service Indonesia dan EPTC Training Center, karena badan-badan usaha tsb tidak berada dibawah koordinasi BPMigas)

lalu apa saja contohnya anak2 usaha Pertamina EP dan anak2 usaha Pertamina Hulu Energi?

contohnya Pertamina EP adalah Pertamina EP Region Jawa (yang membawahi Cepu, Jatibarang dan Subang) dan juga Pertamina EP Region Sumatera (yang membawahi antara lain Prabumulih). buat rekan2 yang pernah terlibat di project PPGS (Proyek Pengembangan Gas Sumbagsel) sekitar tahun 2003-2006 maka itu adalah contoh dari Pertamina EP.

sedangkan contoh Pertamina Hulu Energi adalah PHE ONWJ Ltd (yang dulunya BP West Java) dimana Pertamina bertindak sebagai operator dan juga contoh lainnya adalah PHE Jambi Merang dimana Talisman yang bertindak sebagai operator. ingat, sesuai penjelasan diatas, blok2 yang dimiliki bukan 100% milik Pertamina, dalam konteks ONWJ maka pemilikya adalah Pertamina (46%), CNOOC (36%), Inpec (7.25%), Salamander (5%), Itochu (2.5%) dan Talisman (2.5%). perlu diketahui bahwa ONWJ adalah satu-satunya blok PHE yang dioperasikan oleh Pertamina.


Categories: EPC and Migas Tags: ,
  1. nugra indra
    September 7, 2011 at 6:40 am

    Sekarang ada lagi mas PHE WMO (West Madura Offshore)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: