Home > EPC and Migas > Update Refinery Banten dan Balongan

Update Refinery Banten dan Balongan

berita dibawah cukup menggembirakan, karena (mudah2an) rencana pembangunan mega refinery di Balongan (peningkatan 3x lipat dari kapasitas sekarang yang sekitar 125000 barrel per day) dan Banten (sekitar 150000 barrel per day) yang dimiliki Pertamina bisa terjadi. rencana ini menjadi berlarut-larut karena memang perlu dukungan dana yang sangat kuat.

project skala raksasa ini pasti akan menyedot banyak para engineers lokal di EPC yang biasa membangun kilang minyak seperti Rekayasa Industri dan IKPT. skala kilang yang besar dan teknologinya yang massive pasti menjadi tempat yang sangat menantang untuk para engineers ini menunjukkan kemampuannya.

di tahun 2008 seingat saya pernah ada calon investor dari Iran yang tertarik untuk membangun kilang di banten ini, namun rencana ini seperti tertelan angin mungkin sedikit banyak diakibatkan posisi Iran yang diboikot secara tidak adil oleh Amerika Serikat.

mudah2an berita dibawah yang dilansir vivanews.com ini tidak akan berakhir seperti berita investor Iran di atas…

====================

Investor asal Kuwait menyatakan ketertarikannya berinvestasi dalam industri refinery atau kilang bahan bakar minyak (BBM) di Balongan dan Banten. Total investasi yang akan masuk di bidang minyak dan gas itu nilainya mencapai US$7-8 miliar.

Menteri Perindustrian MS Hidayat menuturkan, pada Kamis depan (19 Agustus 2010) nota kesepahaman (MoU) antara investor Kuwait dengan Pertamina melalui Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan dilakukan di Jakarta.

“Ini kerjasama antara Pertamina dengan Kuwait. Pada tanggal 19 nanti ada MoU,” kata Hidayat di Kantor Menko Perekonomian, Kamis 12 Agustus 2010.

Dengan dibangunnya refinery ini, menurutnya, manfaat yang didapat Indonesia ke depan adalah berupa pemenuhan produk bahan bakar minyak (BBM) untuk dalam negeri termasuk juga industri turunannya yang mencapai 20 produk.

===========

Categories: EPC and Migas Tags:
  1. ROPP'ers
    August 12, 2010 at 7:44 pm

    Mudah-mudahan bisa segera terwujud dan ikut terlibat, biar kalau detasering gak usah jauh-jauh ….alias bisa datang-sering he he he …

    salam,

    ex-fans Cireks & Argo Jati

  2. August 13, 2010 at 12:22 am

    mudah-mudahan dapat menyedot engineers lokal ya Pak. saya ingin bertanya, mungkin pertanyaannya sedikit keluar dari jalur.
    suatu ketika saya pernah mendapat informasi keunggulan sebuah perusahaan kontraktor X bahwa dukungan dananya sangat kuat.
    sebenernya pengertian dukungan dana tersebut bagaiamana? apakah itu berupa kas dan aset perusahaan tersebut ataukah di support perusahaan pembiayaan (misal : Bank ) . terima kasih

    Salam,
    Maba

  3. yanyan
    August 20, 2010 at 6:19 am

    mudah2 an project ini cepat terealisasi.
    disamping bisa menyerap banyak tenaga kerja juga mengamankan pasokan kebutuhan domestik bbm, yg klo gak salah kita pernah impor minyak mentah dari singapore…

    salam,
    yanyan

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: