Home > EPC and Migas > Update: Gendalo Gehem

Update: Gendalo Gehem

di tulisan sebelumnya tentang deepwater, pernah disinggung rencana chevron untuk memulai project Gendalo Gehem.

di awal desember ini, akhirnya secara resmi diumumkan nama-nama kontraktor yang memenangkan proyek tersebut. untuk kontrak Front End Engineering Design (FEED) pengerjaan Floating Production Unit (FPU) diberikan kepada Technip Indonesia. Kontrak FEED subsea pipeline diberikan kepada Worley Parsons Indonesia, sementara Onshore Receiving Facility diberikan kepada Singgar Mulia. meski saya belum mendapatkan informasinya, sepertinya pekerjaan pipanisasi (pipeline) yang lain, yaitu export gas and condensate pipeline juga diberikan kepada WPI.

ketiga nama diatas tentu bukan nama baru di dunia engineering khususnya dalam pekerjaan FEED, khususnya offshore, meski begitu saya tetap surprise bahwa pekerjaan pipeline akhirnya dimenangkan oleh Worley Parsons Indonesia. setau saya (please reader to confirm) bahwa semua pekerjaan yang terkait dengan pipeline biasanya dikerjakan oleh Worley Parsons di Kuala Lumpur (bukan di Jakarta). jika memang demikian, sungguh disayangkan karena salah satu kesempatan engineer Indonesia untuk mempertajam kemampuan pipeline engineering menjadi hilang (as we really lack of local senior pipeline engineer!)

dari informasi, diketahui bahwa project deepwater skala USD 6 billion ini pada kedalaman 6000 feet ini offtakernya adalah LNG Bontang di Kalimantan Timur. disebutkan juga bahwa Chevron sudah memulai aktivitas farm-in (mengundang investor lain), Sinopec disebut-disebut yang akan berpartisipasi lain. Pertamina sendiri setau saya (please reader to confirm) sudah memiliki saham sekitar 10% di salah satu bagian dari Makassar Strait Block ini.

  1. Husni
    December 21, 2010 at 3:34 am

    Terima kasih atas update2 an-nya terhadap projects2 yang di tender. Kalau boleh saya nanya Pak, bagaimana untuk mengetahui projects2 apa saja yang sedang di tender mulai dari pengerjaan FEED-nya sampai dengan detailed engineering-nya. Berhubung saya baru saja masuk ke dalam industri migas sebagai vendor/supplier dan belum ada kenalan banyak dari rekan2 procurement dan engineer EPC or OnG. Mohon bantuannya Pak! Terima kasih banyak

  2. salman
    January 11, 2011 at 3:45 am

    Selain Gendalo Gehem, project yang lumayan lama nggak ada updatenya adalah Husky Oil Madura Strait Dev Project. Terakhir 2009 project ini masih FEED by Technip, tapi kalau cek POD BP Migas 2011 kok Project ini di target di Q1 ya buat executionya. Tolong di share update buat project ini, apakah Husky Oil yang akan mengurus proses bidding untuk project ini atau mereka akan serahkan semua project ini ke FPSO operator untuk proses bidding dan pengoperasianya.
    Mohon di sharing kalau ada info.

    Salam
    Salman

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: