Home > Uncategorized > Kontraktor FSRU pertama di Indonesia

Kontraktor FSRU pertama di Indonesia

diberitakan di banyak media bahwa Golar LNG telah ditunjuk sebagai EPCI kontraktor pemenang untuk proyek LNG Regasifikasi pertama di Indonesia yang dimiliki oleh PT Nusantara Regas (joint antara Pertamina 60% dan PGN 40%).

fasilitas yang dibangun adalah tipe floating (terapung) sehingga portable alias bisa dipindahkan setelah masa kontrak selesai. berbeda dengan kontrak EPCI standar yang biasanya hanya sampai 3-4 tahun (sampai plant siap dijalankan), maka kontrak floating storage (kapal) adalah dalam bentuk leasing.

info yang didapat adalah Golar LNG harus segera menyerahkan kapal storage dan proses (yang akan terapung) di akhir tahun depan dan juga bertanggung jawab menyewakan (lease) selama sekitar 11 tahun.

dari mana kah sumber LNG nya? berbeda dengan rencana semula untuk mengambil dari Tangguh, yang diberitakan adalah ada perjanjian antara Nusantara Regas dengan LNG dari Bontang (PT Badak) yang disupply oleh Total Indonesie E&P.

terus terang berita ini luar biasa melegakan, akhirnya setelah sekian tahun selalu menjadi wacana, floating regasification menjadi kenyataan di Indonesia. di sisi lain, ini menjadi solusi masalah distribusi energi dimana akhirnya LNG yang diproduksi di Kalimantan bisa langsung dinikmati oleh konsumen di pulau Jawa tanpa terkendala masalah pipanisasi.

konsekuensinya adalah: apakah ini akhir dari cerita Bakrie memperjuangkan Kalija (Kalimantan – Jawa) pipanisasi?

Categories: Uncategorized Tags:
  1. October 18, 2010 at 3:37 pm

    Informasi yang menari Pak Edi.
    ditunggu up date informasinya…

    Salam,
    maba

  1. October 30, 2010 at 9:29 am

Leave a comment