Home > Common > Biaya Hidup di Malaysia

Biaya Hidup di Malaysia

Tentunya biaya hidup di Malaysia tergantung kepada tempat (apakah kota besar/kecil), jumlah tanggungan dan juga lifestyle.

Berikut kira-kira:

A. Tempat tinggal:

Apartemen di KL (full furnished, 3 kamar) sekitar RM2000-3000. Yang mewah juga ada (sekitar KLCC) bisa lebih dari RM 4000. Tapi kalau mencari yang RM1200-RM1500 juga ada. Kalau di kota lebih kecil (seperti Melaka), RM 1000 sudah furnished, 3 kamar.

Jika tidak suka tinggal di apartemen (karena suasananya antisocial alias tidak bergaul he he he), bisa sewa rumah. Rumah teres (tidak bertingkat) sekitar RM300-RM500, kalau yang bertingkat sekitar RM500 keatas, dan semuanya biasanya non-furnished. Biaya isi rumah (TV, mesin cuci, kompor, etc) sekitar RM3000-anh lah. Enaknya kalau tinggal di rumah (bukan apartemen) adalah punya halaman, keluar gampang dan tentu bisa bergaul dengan lingkungan. Saya pribadi lebih enjoy di rumah sewa karena lebih hommy dan serasa dirumah sendiri

B. Transportasi:

Kalau di KL, mass transportation ok, anda perlu one-way sekitar RM1.3-1.5 untuk LRT ataupun bus, pukulrata anda paling habis (kalau sendirian) RM 80an sebulan, meski memang melelahkan kalo belanja bersama keluarga harus naik kendaraan umum terus.

Kalau sewa mobil (exclude bensin lho) sekitar RM1000 untuk mobil sekelas Kancil (di Indo disebut Ceria) dan RM1800 untuk sekelas Wira, kalau mau yang mewah seperti Altis juga ada (RM3000 sebulan).

Yang ideal adalah sebenarnya kredit mobil, tapi unless anda dikontrak kerja lebih dari 3 tahun, dan ada penjamin dari perusahaan (atau WN Malaysia), anda sulit untuk mengajukan kredit ke bank. Jika bisa, anda cuma membayar RM600-an sebulan sudah bisa bawa Proton Waja (kredit 7 tahun).

Cara lain (seperti yang saya lakukan) adalah membeli used car. Alhamdulillah, sebulan setelah disini saya bisa dapet Proton Saga ’91, Automatic, 1.5i cuma sekitar RM6400 include balik nama dan pajak.

Bensin sekitar RM1.95 seliter, dan karena jalannya jarang macet saya bisa tembus 1:10-10.5 untuk mobil berumur 16 tahun. Not bad kan…

C. Makan:

Tentu juga tergantung tempat dan selera makan anda, tapi untuk yang gak bawa keluarga, bujet sekali makan RM5-6 ringgit sudah lumayan, sudah dapet minum jus, kok. Saya sendiri merasa untuk makan, di Malaysia sedikit lebih mahal dari Jakarta.

Demikian… ada yang ingin bertanya atau menambahkan?

About these ads
Categories: Common
  1. rina gooddie
    November 30, 2007 at 7:20 am

    kampungmelayu,

    saya mau tanya tentang biaya hidup (totalnya) perbulan berapa?? saya berencana untuk sekolah s2 di UKM (Bangi-Selangor). insyaAllah berangkat ke malaysia januari ini. sangat butuh informasi biaya hidup… mohon di jawab yaa..via email saya itu.
    thanx

  2. November 30, 2007 at 12:59 pm

    akak rina (di malaysia akak=mbak),

    informasi biaya hidup, sekali lg, sangat tergantung lifestyle. tapi setau saya banyak mhsw indo s2 yg dapet RM 1500/bulan bisa survive kok (exclude tuition fee ya).

    yg jelas kalo di bangi, transportasi umum banyak (jd gak usah sewa/beli mobil), sewa kamar juga pasti banyak tersedia karena selangor daerah ramai.

    yg belum saya sebut diatas barangkali biaya rutin rumah (ini pun kalo anda sewa rumah): air sebulan RM 10-15, listrik dgn aircond 1 sekitar RM 70-90, streamyx (internet 24 jam) RM 77, astro basic RM 38…

    ps: mohon hindari menyebut kata ‘butuh’ di malaysia karena maknanya disini sama sekali diluar dugaan anda…

  3. dimas aja
    December 26, 2007 at 10:00 am

    mau minta pendapat nih, saya dapet tawaran kerja di Penang. Gaji yg ditawarkan sekitar RM4200/ bulan. Kalau dibanding kan dengan KL hidup di Penang lebih murah kah? bagaimana dengan harga aprtment di Penang? Status saya married dan istri lagi hamil. Kalau jadi saya ambil offer ini, istri juga ikut. Kira2 gmn?

  4. December 26, 2007 at 12:47 pm

    mas dimas,
    biaya hidup di penang sepertinya tidak jauh beda dengan di melaka. dengan bujet RM 2000-3000 perbulan dah cukup (rumah RM 400 atau apartemen RM 1000, makan RM 1200 berdua, utility RM 150-200). yang perlu diperhatikan angkutan umum susah, jadi anda harus punya mobil. Kalau sewa mobil perbulan mahal sekali bisa RM 1000 (mobil kecil), bagusnya anda beli yang murah tapi oke bisa dapet RM 7000 (mobil tahun 90 awal).
    Kalau anda ajak istri, dan visa istri tidak dicover company, anda harus bayar sekitar RM 600 pertahun.
    Gaji RM 4200/bulan itu net apa gross? Kalau net dah cukup, kalau gross mungkin cukup tapi agak sedikit berat kalau anda perlu mobil. Sebagai bayangan, gaji pegawai rendahan disini sekitar RM 2000-3000 net dah cukup untuk satu keluarga (tapi ingat bahwa orang lokal mendapat banyak tunjangan dan kemudahan kredit etc).

  5. December 27, 2007 at 12:18 am

    mas dimas, ingin menambahkan lagi:
    1. penang itu kota terbesar ke tiga di sini (setelah KL dan Johor Baru, Melaka ke lima). mungkin biaya hidup sedikit lebih tinggi tapi dengan gaji RM 4200 net anda bisa hidup
    2. anda gak mesti punya mobil, motor juga bisa kok, anggaran RM 2000 dah oke. harga bensin sama dengan di indo.
    3. kalau anda tinggal di daerah kilang (pabrik) anda akan banyak ketemu orang indo dan pasti banyak kiat2 untuk hidup di sana
    4. masalah kesehatan juga murah kalau di hospital kerajaan, tenang pak.

    salam

  6. anto
    January 5, 2008 at 8:44 am

    Dear,’

    Saya dapat tawaran kerja d penang dengan gaji RM2500, yang ingin saya tanyakan bagaimana dengan kendaraan umum dsna, keamanan, apakah dengan gaji tersebut saya bisa survive dsna?. maksud jangan menyebut kata “butuh” apa yah??? mohon penjelasannya melalui email saya, karena saya buta sama sekali keadaan dan suasana d Penang.
    terimakasih

  7. January 5, 2008 at 1:23 pm

    mas anto,
    RM 2500 di Penang kelihatannya cukup berat kalau anda bawa keluarga, sewa rumah, punya kendaraan dll. Tapi kalau anda single, rumah ditanggung dan kantor dekat rumah kelihatannya cukup. Jangan lupa tentang tax/pajak.
    Setau saya kendaraan umum agak susah di Penang, bis ada tapi susah diandalkan (jadwal etc). Secara umum, di Malaysia yang kendaraan umum bisa diandalkan hanya KL dan Johor Baru saja. Anda harus tinggal dekat kantor kalau gak mau repot.

  8. January 9, 2008 at 3:58 am

    Kampung Melayu,

    Saya zulkifli kebetulan saya nekat untuk bekerja di malaysia, karena di indonesia Profesi saya kurang dihargai, sya designer grafis kebetulan saya mencoba melamar kerja disana di alor setar, jika saya jadi bekerja disana kira-kira biaya hidup per-bulan berapa?saya menawarkan gaji sebesar RM 4200, apakah saya masih bisa menabung, mengingat saya sudah berkeluarga. trus gaji serendah2nya yang ideal buat saya berapa sehingga dalam stu bulan bisa mengirimkan buat keluarga dan biaya hidup saya disana…terimakasih…

    • nena
      July 20, 2009 at 5:12 am

      ass mas zulkifli..
      saya cuma mau membantu menjawab persoalan mas zulkifli..
      saya mahasiswi yang kuliah di universiti utara malaysia,lebih tepatny d daerah sintok kedah(jrak dr alor star sktr 30 mnt)
      untuk informasi,biaya hidup di daerah utara malaysia(sintok,penang,alorstar,jitra,dsb) itu jauuuuhhh lebih murah di banding d KL sbg ibukota.sbg perbandingan untuk biaya makan di KL sehari sktr 25-30rm(3x makan),sementara di kedah/daerah utara 10-20rm(3x makan).
      hidup dsni sm dg sprt hdup d jogja.biaya makan,transportasi dan penginapan sangat2 murah di banding di kota.Tapi di syangkan,daerah utara jauh dr kota,pling terdekat ke penang,jd agak sedikit kurang hiburan dan lumayan membosankan.
      untuk transportasi memang agak sedikit susah untuk daerah utara,karna tidak ada monorail atau LRT/train sprti d KL,tp dsni ada bus nmnya MARALINER,patas AC itu hrgany 1-3rm skali jln. tp d sarankan untuk punya kendaraan pribadi untuk lebih nyaman.
      mas bisa menyewa mobil bulanan ataupun harian,klo ga salah bulanan itu 1000-1500rm/bln untuk mobil kancil (ceria),klo sewa harian itu 1 hr 70rm,setengah hri 50rm,sementara perjamnya 5rm..relatif lebih murah drpd sewa mobil di jkt.

      mudah2an bisa membantu ya mas..

      jd menurut saya,dg salary segitu,cukup untuk biaya hidup dan mengirim ke indonesia.

      • October 19, 2009 at 3:07 pm

        NEna, tinggal di sintok yach..? sudah lama kah, tinggal disana?
        perkenalkan nama saya PUTRI, Ingin bertanya pada NEna secara langsung, semua tentang UMM. Insyaallah Ada niat tuk mendaptar S2.
        MOhon Petunjuknya.. seandainya NEna mo berkenan ,meng-mail saya via JAPRI juga ya..appreciated sekali.. putri.taufik@bakerhughes.com

        terimakasih sebelumnya,

        salam kenal PUTRI

  9. January 12, 2008 at 3:31 pm

    pak zul,
    RM 4200 net? kelihatannya cukup pak, apalagi jika anda sendiri dan keluarga di indonesia. saya yakin anda masih bisa kirim ke rumah minimal RM 1000-1500 tiap bulan (lumayan kan 3.5 juta perbulan)…
    alor star itu adanya di kedah, di utara malaysia yang relatif sepi dan jauh dari bandara internasional, mungkin anda harus agak2 jarang pulang.

  10. January 14, 2008 at 7:57 am

    maaf, hmmm…saya juga ingin dapat info ttg lowongan kerja disana, khususnya desain dan administrasi apakah anda bisa infokan ke teman2..lalu jika saya diterima disana bagai mana cara mengurus dokumen2 nya..langkah apa yang harus saya tempuh pertama kali?

    terimakasih

  11. haris
    January 14, 2008 at 8:24 am

    terimakasih atas info Bapak di blog ini, diam-diam saya telah mengikutinya, dan saya sudah sampai di melaka utk study.

    sekarang sdg mencari ‘room’, mungkin dalam waktu dekat sudah dapat.

    sekali lagi terimakasih atas blog ini.

  12. January 28, 2008 at 11:49 am

    Saya dapat tawaran kerja di Selangor, dengan penawaran basic RM1800 dan allowance min RM400 serta akomodasi ditanggung perusahaan.
    Saya masih lajang, kontrak kerja 1 tahun setelah itu ditempat di Jakarta dikantor barunya, apakah dengan penghasilan yang ditawarkan tersebut cukup untuk saya yang masih lajang, n perlu diketahui bahwa saya ingin juga ada saving untuk keperluan nikah yang relatif lumayan banyaknya.
    terima kasih sebelumnya

  13. February 3, 2008 at 10:21 am

    biaya hidup selangor saya kira cukup tinggi, namun mengingat akomodasi ditanggung (di Melaka juga banyak pekerja kilang / pabrik yang tempat tinggal di tanggung) saya tetap ada peluang anda menabung. apalagi anda lajang.
    syaratnya jangan terlalu boros saya kira, karena selangor tidak jauh dari KL dan anda bisa tergoda untuk belanja (ingat KL tidak semurah Jakarta).

  14. Cupid
    February 14, 2008 at 9:12 am

    Dear Kampung Melayu,

    Saya ada pertanyaan mirip dengan Dimas, sy ditawarkan basic salary RM 4200, housing allowance RM600, Pension allowance RM504. But semua-nya masih kena TAX ya..
    Yg mau sy tanya, utk sewa rumah/apt di penang cost-nya berapa ya? living expense-nya berapa? apakah cukup dengan pendapat segitu? and masih bisa nabung supaya bisa kirim uang utk keluarga di indonesia?
    Oiya, satu hal lg tempat kerja ini di BayanLepas Industrial Zone.. disana kira2 gimana ya?

    Terima kasih

  15. February 24, 2008 at 1:18 pm

    saya ingin tahu sekolah sma mana yg harganya murah&lumayan bagus.
    bagaimana dgn penang free school dan methodist boy school?
    serta berapa total biaya kehidupan disana sebulan?
    apakah 1500RM cukup?
    tolong du blz di drickz89@yahoo.com

  16. Nuning Sapto riningrum
    March 4, 2008 at 7:48 am

    Ass.wr.wb

    Saya mau tanya, suami saya mau kerja di Malaysia. sebelumnya saya harus tanya2 dulu kira-kira kalau saya kesana dengan suami berapa kira-kira gaji yang ideal? lalu saya mempunyai anak di indonesia, jadi saya harus kirim uang. suami saya katanya akan kerja di Kedah darul aman.
    saya minta biaya hidup yang irit per bulanya..
    terimakasih
    -nuning-

  17. April 1, 2008 at 12:01 pm

    selamat malam…….mas “kampung melayu”!
    kayaknya pertanyaan dan diskusi tentang gaji memang gak ada habisnya ya………..saya sendiri butuh infonya (maklum baru mau ke malaysia nih). saya baru diterima nih di SCM tepatnya di selangor, sebagai freshgraduate saya diberi gaji RM.2000 sudah free tax dan tempat tinggal ditanggung perusahaan tapi makan dan transport ditanggung sendiri. kira-kira bisa saving gak ya ? apalagi setahu saya di selangor kan biaya hidupnya mahal. mohon sharing infonya, via japri juga ok. (yani_rosandi@yahoo.com)

    thanks dan salam kenal juga

  18. Calon Ex Malysia
    April 6, 2008 at 6:36 am

    Dear Mas,

    Saya baru ketemu dgn blog ini. Lebih fokus ke EPC dan Malaysia. Bagus..
    Saat ini saya baru saja mengajukan resign dari perusahaan di Malaysia. Alasannya karena sdh dapt kerja di Jakarta dgn gaji lumayan, rumah di Jakarta, dekat keluarga, dan status permanen.

    Tetapi keinginan untuk resign dan apply ke ke indonesia lagi timbul sebab saya merasa merasa kurang nyaman dgn gaji yang diterima.

    Semula saya kira gaji saya cukup besar, di assign sebagai Snr Process Engineer dgn 6 th experience mendapat gaji net 9500 RM, tahun ke-2 ada kenaikan smp 10,300 RM (saya bandingkan dgn yg di blognya Pak Anjar, ada Engineer EPC exp. 10 th di offer 10,500 RM, kalau saya 6 th dapat segitu, tentunya wajar).

    Tetapi, setelah beberapa bulan, ada Designer baru juga dari Indonesia dgn experience 3-4 tahun, dibayar 10,500 RM.
    Kebetulan kami memakai agen yang berbeda.

    Tapi syukurlah, ternyata saya dapat pekerjaan yang cukup bagus di Jakarta. Insyaallah sampai pensiun. Amiiin.

    - Randy -

    • andi
      October 28, 2010 at 8:42 am

      Comment ini kayaknya pernah baca di beberapa blog…dan ciri khasnya menyebutkan angka 10,500 RM…anda ini ada masalah psikologis atau frustasi barangkali kayaknya hahahaha….serius…banyak yang gaji lebih dari segitu tapi gak pernah baca yg diekpos ulang2 di banyak blog…belum lagi yang dapat bonus tahunan…jadi just keep the number only for yourself….karena gak semua teman2 kita dari Indonesia seberuntung itu…jadi hormati mereka yg jauh dari angka itu…mereka juga butuh kenyamanan bekerja selain urusan gaji bro Randy :p

  19. Riyana
    April 8, 2008 at 9:47 am

    sore mas,

    saya mo tanya, di malaysia sekarang ada nggak lowongan kerja di malaysia karena saya pingin sekolah disana ‘n kerja sekalian. dan kalau mas punya info beasiswa disana sekalian kasih tau saya ya mas, he3……

    makasih….

  20. April 20, 2008 at 6:23 am

    need info how make money with epc / earn perclick visit http://www.privurl.co.nr

  21. wiwit
    May 17, 2008 at 3:44 pm

    selamat malam……
    saya mau tanya…..saya mahasiswa lulusan s1 yang berniat melanjutkan s2 di kedah, kira2 biaya hidup per bulannya berapa ya???
    oya saya jg mau tanya, apa ada tempat tinggal yang cm 1 kamar, seperti kost gt?? tapi bukan asrama mahasiswa…..
    saya tunggu balasannya di email saya ya……
    terimakasih……

  22. NUR AZIZAH
    June 12, 2008 at 5:41 am

    Kira2x 2 bulan lagi saya berangkat ke malaysia tepatnya di Johor di perusahaan electronic melalui agen. Gaji yang saya terima RM 800/bulan, fasilitas untuk tempat tinggal dan transportasi sudah dibiayai oleh perusahaan, jadi semuanya gratis. yang mau saya tanyakan: Apakah saya masih bisa menabung untuk tiap bulannya? Karena saya hanya mengeluarkan untuk biaya makan dan internet saja. Mohon untuk rincian makan dan internet disana. Dan apakah orang2x malaysia sangat menghargai Indonesia? Mohon di balas melalui email saya. saya tunggu balasannya karena 2 bulan lagi saya pertama kali pergi ke malaysia. Terima kasih banyak untuk semuanya

  23. June 17, 2008 at 3:35 am

    setau saya internet cukup mahal (kalo pake warnet) sekitar RM 2-3 sejam, tapi kalo langganan kabel broadband sekitar RM 99. biasanya pake streamyx.
    johor baru itu kota besar dan cukup mahal, biaya makan cukup signifikan kalau jajan, kalo masak ya lebih murah.
    tanggapan orang malaysia ke indonesia ya beda2, tergantung orangnya. tp secara umum, johor itu yang bangun juga orang indonesia kok (orang bugis dan jawa)

  24. Hdr
    June 24, 2008 at 2:31 am

    Saya ada rencana untuk kerja di johor, perkiraan gaji sekitar RM2000. Pertanyaannya, kira² perkiraan hidup secara terperinci untuk tinggal disana dengan istri dan satu orang anak berapa? Terima kasih banyak atas informasinya

  25. kabayan
    June 24, 2008 at 5:31 am

    Saya ada tawaran kerja juga di salah satu vendor telekomunkasi di malaysia dgn rate 2200 uero permonth. kira2 cukup gak utk cost living disana. krn tiap bulan sy harus membantu kirim uang juga ke keluarga saya di Jakarta.

  26. June 25, 2008 at 4:31 am

    thanks yach untuk informasinya .. even im late to read that information. but its ok.. lebih baik terlambat khan dari pada tidak tahu sama sekali..
    btw.. dalam waktu dekat ini ,saya berencana untuk pergi berlibur mengunjungi teman di penang – gorge town… kira2 estimasi biaya nya berapa mulai dari tiket, fiskal sampai dengan berapa jumlah uang yang harus saya bawa untuk pegangan aja..mengingat untuk tempat tinggal saya sudah di sediakan oleh teman saya tersebut. oh iya keberadaan saya di sana hanya 3 hari aja seh.. tolong banget yach

  27. July 1, 2008 at 7:56 am

    pak thanks infonya berguna sekali.

    Pak saya jg mau tanya, kebetulan kemarin dapat tawaran kerja sebagai IT Support di Malaka. Kalau tawarannya jadi, awal Agustus ini saya sudah disana.

    Awalny mereka offer 985 RM / bulan (gross), exclude Medical reimbursement (worth 1month salary) untuk work permit+ticket di cover. Kemudian nego akhirnya mereka offer 1400 an. Dengan pengalaman 5 tahun sebagai IT, apa segitu worth it pak ?..

    Saya coba lihat salary survey malaysia di jobstreet gambarannya kurang lebih spt yg bapak sebutkan di atas, untuk junior aja kurang lebih 1200-2200 RM. Anehnya mereka koq offer awalnya di bawah 1200, hehe aneh bener..

    Mohon gambaran living cost di Malaka dengan pendapatan 1400 RM pak. thx ya pak

  28. Nank
    July 11, 2008 at 6:29 am

    Saya mendapat tawaran kerja untuk Pengawasan Proyek di Kuala Lumpur, tapi perusahaan tidak memberi penawaran soal gaji, saya yang diminta untuk mengajukan Gaji yang diminta, dengan Akomodasi ditanggung Perusahaan. Saya Engineer, lulusan S1, Pengalaman kerja 11 thn, sudah berkeluarga dengan anak 1 tapi tidak akan dibawa (tetap tinggal di indonesia) namun tetap menjadi tanggungan saya.. Berapa kira2 gaji ideal yang bisa saya minta dan bagaimana saya menunjukkan rincian yang layak (gaji pokok + tunjangan). Tax_nya brp %,

    Mohon Advisnya.. Terimakasih..
    Tolong ditembuskan ke e_mail : nank.ek@gmail.com

  29. roses-man
    July 15, 2008 at 10:19 am

    Bang Hamdi,
    Wah ada blog bahas ttg malay juga neh. Padahal pas blog ini dirilis, aku lagi gawe di salah satu airline di sana. Gaji lumayan, lebih dari cukup lah… tapi suasana di sana sepertinya gak nyaman (kl suasana kerja sih oke2, gak ada masalah).
    Dulu tinggal di BBST, sepang, nge-kost RM500, transport kerja RM4 perhari, makan RM10-RM15 perhari (cuma menu gak bisa milih, masakannya cuma ada itu2 aja… gak banyak pilihan kayak di indo). secara general masih bisa saving (banyak…..)
    Kebetulan ada tawaran yang bagus dari jakarta, walau hitungannya lebih kecil dari sana. Padahal pas resign ditawarin naek posisi (plus gaji tentunya). Sayang, suasana di sana gak terlalu nyaman…. akhirnya back to jakarta deh……

  30. July 17, 2008 at 10:07 am

    Soal biaya hidup bro, almost the same cuman sini kita harus bayar sewa rumah, saya tinggal di KL dengan istri dan anak-anak. saya kuliah master, istri saya juga kuliah master dan 2 putri saya sekolah di sekolah Kedubes RI. Alhamdulillah 1400 RM tiap bulan cukup bro walau harus ngirit.

  31. July 19, 2008 at 10:24 am

    pak saddia,
    semoga sukses kuliah anda dan meraih master dengan cemerlang. saya yakin anda pasti lebih baik (secara akademik) dibanding rekan2 lokal. iya kan?

    salam,

  32. August 12, 2008 at 2:16 am

    Ass.

    Salam kenal mas, bisa minta petunjuknya soal biaya hidup di cyberjaya Malaysia?
    saya dapat tawaran di sana sebagai Graphic designer dan marketing advertising, gaji yg ditawarkan MYR 3,000/month gross + MYR 250/month travel allowance. ijin kerja dan tiket pesawat di urus, tapi tempat sewa sendiri.
    apakah kira-kira cukup mas? untuk sewa tempat ongkos dan makan disana, mengingat saya juga harus mengirim uang ke ortu dirumah. mohon masukannya.

    Terima kasih sebelumnya.

    Regards,
    Deni. M
    http://www.denote.blogspot.com

  33. August 13, 2008 at 2:47 am

    mas deni,
    sewa rumah di cyberjaya sekitar RM 200-300 (kamar) sebulan. kok ada travel allowance? memangnya lokasinya jauh dari kota? setau saya nih cyberjaya public transport lumayan. atau itu untuk ganti ongkos bus? gaji segitu saya kira cukup meski mungkin harus hemat (alangkah baiknya kalau itu nett bukan gross), dan gak bisa sering pulang ke indo karena harga tiket mulai naik (gara2 fuel naik)

    good luck, semoga sukses

  34. August 15, 2008 at 10:44 am

    terimakasih balasannya mas,

    yang 250 itu memang uang transport sepertinya. saya dapat nettnya skitar 2800RM (u sewa tmpat, makan, transport, utility) mas. dengan status single mdah2an bisa survive sekalian kirim angpau ke ortu tiap bulan yah… (though maybe not quite much, heheh…). Terima kasih.

    regards,

  35. August 17, 2008 at 3:01 pm

    Assalamualaikum…

    Salam Kenal.

    Kebetulan pertanyaan saya sama persis dengan pertanyaan Mas Deni.
    Karena saya juga diterima kerja di tempat, posisi, dan salary yang sama dengan dia.

    Tapi bedanya, kalo Mas Deni masih single, saya sudah menikah dan istri saya sedang hamil 5 bulan saat ini.

    Sebenarnya perusahaan tersebut sudah mengijinkan bahkan menawarkan sponsor bagi istri saya untuk ikut ke malaysia juga.

    Hanya saja mengingat beberapa bulan lagi istri saya akan melahirkan, saya jadi bertanya-tanya dimana rumah sakit yang bisa jadi rekomendasi dan kira-kira berapa birthing cost di malaysia sana?
    Dan apakah ada prosedur tertentu untuk foreigner yang melahirkan di malaysia?

    Terima kasih banyak

    Wassalam
    Adhee

  36. henk
    September 3, 2008 at 6:25 am

    Dear Mas Hamdi, wah sesama alumni smandel nih :)

    baru saja saya dapat offering base salary RM6500 untuk bekerja di Cyberjaya, dengan beberapa allowance menjadi ~RM7700. Kira2x untuk hidup bertiga (dengan istri dan satu balita) masih bisa saving nggak ya? O ya, besarnya pajak penghasilan di malaysia kira2x berapa persen, btw saya ditawari permanent employee di sana.

    Thanks sebelumnya,
    Henk

  37. ahmad
    September 4, 2008 at 2:14 pm

    Mas, saya mau tanya kalau mau buka usaha sendiri di malaysia, untuk orang indonesia apakah boleh? saya ingin berjualan produk dari indonesia yg ingin saya jual ke malaysia.
    Apakah ada asosiasi perkumpulan pengusaha orang indonesia, dan dimana tempatnya. Saya merasa saatnya ber expansi ke luar negeri. tlg direply ke email saya di firstindonesia@yahoo.com
    Terima kasih banyak

  38. data jaya
    September 10, 2008 at 5:17 am

    Hallo mas,salam kenal

    saya mau tanya nie,saya dapat tawaran kerja di KL dengan salary 4000 / month.saya masih single.yang saya tanyakan,kira-kira saya bisa safe brapa ya klo saya tinggal kost d sana,makan 3 kali sehari,transportasi dalam 1 bulan.pokok nya ngirit banget mas.

    Terima kasih banyak,

    Data Jaya

  39. Reza
    September 16, 2008 at 2:45 pm

    Yth. Mas Kampung Melayu,

    Saya dapat tawaran jadi dosen, kontrak 3 tahun, di PTN wilayah Selangor DE, dengan gaji Basic + tunjangan RM 6300-an. Saya berencana bawa istri + anak 3 (tiga) kesana. Kontrak tidak nyebutkan adanya peningkatan gaji selama masa kerja tsb.
    Menurut pendapat mas, apakah cukup aman dengan take home pay segitu untuk di Selangor dengan 3 anak? Apa masih bisa nabung ? Mengingat asuransi kesehatan keluarga +biaya sekolah nanggung sendiri. Mohon pencerahannya. Trims.

  40. Ersyah
    September 19, 2008 at 3:58 am

    Salam kenal, Mas.

    Saya perlu sarannya… Saya dapat tawaran mengajar di salah satu PTN di Selangor, dengan gaji + tunjangan sekira RM 6000-an/bulan. Saya berencana untuk bawa istri dan 3 orang anak saya kesana. Apakah menurut mas gaji sekian masih bisa nabung nggak,ya? Juga, berkenaan dengan sekolah dasar disana, untuk warga asing apakah Sekolah Umum cukup akomodatif, terutama dari segi bahasa & acceptance terhadap orang asing?
    Mohon saran2nya, trims.

  41. September 20, 2008 at 1:54 am

    Mas Ersyah,

    Saya sudah diskusikan dengan rekan saya yang jadi dosen di Melaka (juga dengan 3 anak).
    Menurut beliau, biaya hidup di selangor hampir sama dengan kota2 di Malaysia (kecuali KL), yang beda mungkin sewa rumah (mungkin sekitar RM 500/bulan untuk rumah 2 kamar tidak bertingkat). Jadi bisa dibayangin kalo gaji segitu cukup apa nggak memang tergantung sama orangnya. Menurut beliau hidup selain di KL, gaji sekitar RM 4000, sudah cukup lumayan dengan kreditan mobil, kalo bisa nabung? itu tergantung orangnya juga, kalo sering jalan2 ke luar kota dengan menginap di hotel ama sering makan diluar ya susah mau nabung. Tapi kalo masak sendiri dan sesekali aja jalan2nya mungkin bisa nabung up to RM 1000 perbulan.

    • nazih
      June 11, 2009 at 5:18 pm

      Salam, perkenalkan saya nazih, saya ada tawaran kerja di KL dengan gaji bersih 1800 RM (sesudah biaya rumah plus minus 800 RM), apakah saya bisa saving dengan biaya segitu di KL pak??? terimakasih informasinya, sangat senang sekali untuk bisa saya pertimbangkan,

      salam,
      nazih

    • nazih
      June 11, 2009 at 5:18 pm

      mungkin bisa di balas japri ke email saya, pak, nazihkingalarif@yahoo.com

      terimakasih

  42. Mikee
    September 25, 2008 at 12:31 pm

    halo mas kampung melayu, saya salut banget dengan webpage yang mas buat. Mau tanya donk, kalau mau kerja di malaysia itu, persyaratan nya apa saja ya..?
    trus apakah harus punya teman “penjamin” seperti kita ke negara2 eropa dan amerika..?
    apakah memungkinkan melamar kerja di sana tanpa melalui agent..?
    Saya single dan berencana menikah 2 tahun kedepan. Rencana saya, ingin menambah tingkat pendapatan agar bisa menabung untuk menikah.
    Terima kasih atas informasinya. mikha@bhinneka.com

  43. Oscar
    September 28, 2008 at 4:17 am

    Hallo Mas

    Saya kalo mau apply Proffesional Visa , Working Permit bagaimana caranya ya ?
    Sorry pertanyaannya kalau basic banget thanks you

  44. sony
    October 10, 2008 at 10:16 am

    Saya berencana bekerja di Pasir gudang dengan offering sebesar 8000 RM, Rumah, mobil, ditanggung. Apakah bisa di terima penawaran itu?

  45. October 12, 2008 at 1:51 am

    pak sony,
    saya tidak tahu profesi dan pengalaman kerja anda, jika anda engineer dengan pengalaman lebih dari 8 tahun sebenernya anda pantas dapat lebih dari RM 10ribu. jujur saja, saya baru saja dapet offer di port klang (Akersolutions) RM 21000 nett (tapi tidak saya ambil).

    secara umum RM 8000 dengan rumah dan mobil ditanggung, itu lebih dari cukup. Anda bisa hidup sedikit di atas rata2.

    salam,

  46. rin
    October 20, 2008 at 4:05 am

    Hai Mas Kampung Melayu, salam kenal.

    Saya process engineer, exp 7 th. Saat ini ada yang nawarin kerja di Aker Solutions KL dengan rate RM 13000 after tax. Tadinya saya minta RM 17500. Menurut Mas, tawaran mereka apa gak kerendahan? Apalagi Aker Solutions punya reputasi yg bagus.

    salam,
    rin

  47. redby
    October 21, 2008 at 2:09 am

    Assalamu’alaikum. . .
    Mz kmpungmelayu, sya mau tany. Sya ank indo. Thun dpan “2009″ Mau nrusin kuliah k Malaysia. Tp sya dak tau mutu msing2 universts. Sya ingin ambil Fakultas Ekonomi jurusan Managemen dan Bisnis. Dmana sya bsa dpat kn kuliah yg terbaik sesuai jurusn yg sya ingn kn itu ? Apa nama Universiti ny ?
    Trus biaya kuliah ny per smester brapa ?
    Syarat Kuliah d Malaysia apa saja?
    Mhon bntuan ny. Tolng balas k email sya. Mhon dng amt sngt info ny. Trimaksh bnyk sblum ny Mz.

  48. IPRAS
    October 23, 2008 at 2:46 am

    Assalamualaikum

    Klo xperience 1 yr di EPCI project (offshore engineer) kira2dapet berapa?
    misalnya ditawarin 5000 RM (take home pay) tax dan kawan2 di bayar agen, lokasi selangor, Advise me please…

    terimakasih;.

  49. lenny
    October 26, 2008 at 8:36 am

    Assalamu’alaikum. . .
    salam kenal mz kampung melayu,sya mo bertanya sya lagi mengajukan lamaran kesalah satu maskapai penerbangan murah yg berpusat di malaysia (KL) sebagai assistant manager operation, sya lulusan S1 Perbankan dengan pengalaman +- 12 thn kira- kira berapa gaji yang sesuai /offer biar tidak kerendahan dan bisa mengcover biaya hidup (single),

  50. lenny
    October 26, 2008 at 8:43 am

    Assalamu’alaikum. . .
    salam kenal mz kampung melayu,sya mo bertanya sya lagi mengajukan lamaran kesalah satu maskapai penerbangan murah yg berpusat di malaysia (KL) sebagai assistant manager operation, sya lulusan S1 Perbankan dengan pengalaman +- 12 thn kira- kira berapa gaji yang sesuai /offer biar tidak kerendahan dan bisa mengcover biaya hidup (single),trims

  51. Izzi
    October 31, 2008 at 10:28 am

    ass.www
    salam kenal, saya mahasiswa tingkat akhir insyaallah bakal selesai awal tahun depan dan kalau tidak ada halangan saya mau meneruskan untuk studi master di malaysia.
    saya mau nanya kira-kira biaya hidup di trengganu perbulannya berapa ya? kalau di perak dan johor juga berapa per-bulannya. karena saya mau milih salah satu dari tiga tempat itu dan tentunya saya mau biaya hidup yang paling murah (mau ngirit..kasihan ortu, ngluarin duit melulu…)

    mohon banget bantuannya ya kepada kampung melayu. terima kasih banyak

    best regards,

    Izzi

  52. fitri
    November 4, 2008 at 5:15 am

    Salam Pak Hamdi,

    senang membaca blog anda. sangat informatif.

    saat ini saya sedang melanjutkan kuliah master di Perak. berencana menjadi pengantin baru tahun depan, insyaAllah. rencananya, calon suami akan menemani saya belajar di malaysia. saat ini dia bekerja di bidang telekomunikasi di Indonesia dengan pengalaman kerja 4tahun. kami mencoba untuk mencari informasi lowongan kerja di bidang telekomunikasi disini, namun tidak tahu harus mulai dari mana. semoga Pak Hamdi dan rekan2 lain bersedia membantu.

    ada jg ketakutan dari saya tentang diskriminasi saat bekerja dengan orang malaysia. takutnya calon suami malah g nyaman kerja disini. bagaimana suasana kerja di malaysia ini y pak?

    terimakasih dan sukses selalu.

  53. florid
    November 5, 2008 at 1:55 pm

    bpk, januari’09 sya berencana skul bhs.inggris di UCSI utk skitar 5 bln saja. saya krg jelas jurusan inggris itu ada di kampus yg mana (setau saya UCSI memiliki bbrp kampus mungkin di kota2 yg berbeda). apa bpk tau dikota mana UCSI utk bhs.inggris berada? saya ingin tau tempat tinggal jenis apa aja yg ada di sekitar lokasi kampus tsb. apakah bpk bs bantu saya utk info t4 tinggal yg include AC & internet, single room, dan brp harganya. sya sgt membutuhkan info dr bpk, trims ya pak…
    salam,
    florid

  54. dewi
    November 11, 2008 at 2:41 am

    Saya mau tanya, suami saya baru aja kerja di Selangor gaji RM3000 gross. Rumah sewa sendiri RM300.

    Rencananya saya mau ikut tinggal disana. Kami belum punya anak,jadi cuma berdua aja.

    Kira-kira biaya hidup berdua di selangor perbulan berapa? Listrik, air berapa?
    Trus bisa saving berapa?

  55. November 18, 2008 at 6:11 am

    Mohon saranya pak,

    Aku ditawarin kerja di ALor Star dengan gaji 4500 RM (excluded tax),kebetulan posisinya head engineer, kira – kira perlu diterima ngga ya,?Dengan istri dan satu anak dan gaji segitu tanpa allowance apa – apa apakah bisa kami menabung nantinya?Ada saran mengenai standard gaji,allowance,akomodasi,visa dlll?Trims sebelumnya.

  56. December 23, 2008 at 9:45 am

    Mas mau nanya nih semua.. saya di tawarin kerja gaji RM 5500 gross / month… yah annual RM 66.000 lah… saya developer software. Itu cukup banyak ga yah nabungnya ? mengingat masih musti bayar tax dan nih kerja di KL central. Kira2 total biaya brp yah ? saya single.
    thx

  57. VUC
    January 6, 2009 at 4:18 am

    Salam kenal pak Hamdi,

    wah blognya informatif sekali pak. Saya berencana lulus kuliah tahun ini, berpikir untuk cari kerja disana, kebetulan calon saya orang sana. Yang mau saya tanyakan, kalau rata-rata gaji fresh graduate engineer di malaysia berapa ya (johor tepatnya) ? terus kalau biaya menikah disana rata-rata berapa ya? terima kasih banyak sebelumnya pak

    salam,
    vicky

  58. January 8, 2009 at 6:59 am

    hi,mau nanya donk cara daftar kuliah di malaysia gmana?aku pengen ambil kedokteran.di indonesia ada ga agennya?univ yg bagus apa?tlg yaa bales k email aku.makasi

  59. Andi Adrian
    January 11, 2009 at 11:09 pm

    Kampung Melayu,

    Saya seorang fresh graduate, dapat tawaran kerja di Selangor, dengan penawaran RM 2500. Tapi itu masih belum dipotong tax income, biaya perpanjangan visa, dan juga masih dengan akomodasi, makan, dan transport yg ditanggung sendiri.

    Saya masih lajang, kontrak kerja 3 tahun. Apakah dengan penghasilan yang ditawarkan tersebut cukup untuk saya yang masih lajang, dan apakah saya masih bisa saving per bulannya?.

    Oiya, bisa minta tolong juga saya dikirimkan rincian biaya hidup di selangor, dan kira2x berapa ya gaji bersih saya setelah dipotong tax income,perpanjangan visa, dan potongan lainnya..

    Terima kasih banyak sebelumnya..

  60. January 13, 2009 at 12:28 am

    Saya ingin juga s2 di UKSelangor Malaysia.Sudah sejak dulu malahan. Saya sudah menabung Rp10juta cukup gak ya?

    coz rencananya saya kuliah sambil kerja (kerja u biayai kuliah). Nah enaknya melamar dulu di universitas sejak di Indon,atau melamar disana dulu.

    Thanks

  61. January 13, 2009 at 12:30 am

    Saya ingin juga s2 di UKSelangor Malaysia.Sudah sejak dulu malahan. Saya sudah menabung Rp10juta cukup gak ya?

    coz rencananya saya kuliah sambil kerja (kerja u biayai kuliah). Nah enaknya melamar dulu di universitas sejak di Indon,atau melamar disana dulu.

    Thanks berat

  62. MOHD SIDEK
    January 17, 2009 at 2:47 am

    Assalamualaikumm…apa khabar

  63. MOHD SIDEK
    January 17, 2009 at 2:58 am

    Assalamualaikum… En. Andi…sebenarnya kerja dgn berpendapatan Rm2500.00 di Malaysia sudah memadai… kerana sewa rumah anggaran 400 -500 jika anada bujang cukup dgn sewa bilik rm150-200 sebulan. Biaya makanan disini jika anda rajin memasak agak jimat kerana bahan2 mentah seperti daging dan ayam agak murah berbanding indonesia ttp harga sayur ada lebih sedikit dari jakarta. Tetapi anda boleh shopping di hyper market dan super market yang banyak terdapat di selangor. harga makanan dalam lingkunag rm4-6 ringgit bagi makan siang atau malam.
    kos pengangkutan disini agak murah jika anda membeli pas bulanan atau naik bas rapid kl yg mana Rm2 utk tiket harian dimana anda boleh naik bas dgn nombor yg sama utk satu hari.
    Contoh anda naik bas no U66 dan anda boleh naik bas bernombor bermula dengan sebarang bas U menggunakan tiket yg sama(contoh U66,u69,u88,u 89 dan lain2). Sila rujuk laman web rapidkl.com. Sebarang no bas bermula U anda boleh gunakan dalam satu hari menggunakan tiket yang sama. Amat menjimatkan.
    Jika anda nak beli kereta atau mostorsikal juga disini murah… motor second hand boleh dpt dgn harga cash Rn1000 atau kereta dgn harga serendah Rm5000.
    Berdasarkan pemerhatian yg saya lihat…rata2 org Indonesia lbh suka menggunakan pengangkutan awam di Malaysia yg lbh teratur yg senang didapati disemua bandar2 besar di Selangor, KL, Melaka, Jb, Penang dan lain2 tempat.

  64. Andi Adrian
    January 17, 2009 at 8:55 am

    oiya kampung melayu, jawaban dari pertanyaan saya bisa minta tolong dikirimkan ke email saya ya…

    Terimakasih banyak atas bantuannya….

  65. hanif
    January 28, 2009 at 12:26 am

    kampung melayu saya mau tanya, saya ada rencana ingin lanjutkan S1 di malaysia yang sebelumnya saya mengikuti program diploma di indonesia namun tidak mengerti sama sekali prosedure, sistem, pendaftaran maupun segalanya. saya benar2 buta masalah ini. saya sering mendengar ada agen2 pendidikan yang khusus masalah ini. bagaimana komentar anda?apakah ada referensi tentang agen?atau sebaiknya saya bagaimana?mohon bantuannya atau balas ke email hniev_metal@yahoo.com. terimaksih

  66. February 3, 2009 at 8:12 am

    Ass. bang Hamdi,

    Ternyata sampeyan ada di sini yah..lama gak jumpa euy! Sy Heru suryo, MS 94 sesame alumni itebe seangkatan bang vijay..moga2 masih inga2…

    Bang, sy gawe disalahsatu nasional oil & gas company sbg facility eng’r & ini ada offering dr salah satu oil-gas com di brunei. Mungkin bisa di share jg ttg living cost di sana spt apa? kayaknya agak mirip2 malay ya..?

    Kalo ke malay sy sih pernah melancong ke malaka, KL, genting, negeri sembilan & masyarakatn nya cukup welcome disana..

    thanks sebelumnya,

    wassalam,

    Heru

  67. February 11, 2009 at 10:47 am

    tempat tinggal untuk yang cuma jalan-jalan berapa ya? kira2 3-7 hari gitu…??? Kalau dari AirPort ke tempat penginapannya gimana?? Ada angkutan tidak? Trimakasih…

  68. February 15, 2009 at 6:02 am

    Assalamualaikum!
    Mo numpang nanya Mas…
    Saya dapat tawaran kerja di universitas di daerah kuantan Pahang dengan gaji RM2500. Tempat tinggal & transportasi ditanggung (kalau tidak bawa keluarga). Saya sudah menikah dan punya 1 anak. Saya berencana membawa keluarga saya yang berarti saya mesti sewa rumah dan biaya transport sendiri. Cukup tidak ya gaji yang saya dapat untuk biaya hidup di Pahang (masih bisa nabung nggak ya?) Terima kasih atas jawabannya.
    Wassalam.

  69. February 23, 2009 at 1:04 pm

    asslkmwrwb…
    Wah, teman2 bnyk banget yg nyari info ke Malaysia ye…? padahal di zaman 2006-2007 ntuh, lagi “panas” kondisinya, mayoritas “pribumi” Malay gak ngehargai TKI (dan kadangkala although) Expatriat. Baca2 deh bnyk berita dan info penderitaan para WNI yg “dipojokkan” (baca : kyknya diusir scr halus…) disini.
    Kami pun saat akhir 2007 pindah from Bangkok ke KL, “terpaksa” dgn berbagai pemikiran “yg sangat dalam”, hehehe… serta ada “jaminan keamanan” yah dari pihak company, :-p.

    Yg jelas, gaji anda berapa pun, pasti standardnya lebih tinggi dari pada di Jkt. Biaya hidup (konsumsi, transportasi, dsb) itu mah tergantung stylenya anda &kelg. Pasti bisa hidup-lah, para buruh dan pembantu RT aja (yg tenaga2 informal) dgn gaji sekitar RM400-RM800, mereka bisa hidup layak, dgn ttp kirim uang buat kelg di tanah air. Apalagi para mahasiswa, yg nerima beasiswa 2x lipat dr itu per bulan, apalagi para expatriat. Jangan takut “susah” deh kalo’ soal duit, ;)
    Tapiiiii… soal “makan hati”, yg ini kudu disiapin diri. Orang malay kebanyakan TIDAK MENGHARGAI WNI! Direktur di Petronas aja (direktur lhooo…) yg WNI, sering mendapat perlakuan “nyakitin hati” di KL ini.
    Pelayanan publik, services2 segala macem, pastiiii ada “perbedaan layanan” sesuai RAS. Biasanya urutan RAS yg dihargai : Pribumi /Melayu asli, Malay keturunan China, Malay keturunan India, dan selanjutnya barulah warga Asing. Bedaaaa banget dgn keramahtamahan di Indonesia, atau Thailand, yg mana “everytime always smile”, “pembeli adalah raja”, “care for customers”. Beda, bo’!
    Di Mlay, harus “kuat2in” diri, (once more) bnyk “sabar” urusan pergaulan ini, terutama di kota besar spt KL. Memang sih, saya sndiri dah akrab dgn bbrp Melayu asli, spt supir teksi langganan, dan pedagang nasi lemak dekat condo, :-P. Tapiii, mereka2 yg “deket” ama qta juga “liat status ” kita, ;-). Kalian akan liat perbedaan deh, bila kalian nganter sekolah anak dgn jalan kaki, atau dgn naek Mercy, naaah… “pelayanan” terhadap kalian akan berbeda. ;-)

    So, Sapa2 yg masih minat “merantau ke Malay” ini, Siapkan extra tenaga dan kesabaran hati, ;-)
    Buruan cari teman dekat biar gak berasa sepi, biar ada tempat berbagi. Itu aja dari saya.
    -ry-

  70. nestia
    February 26, 2009 at 3:42 am

    mas kampung melayu,

    saya mau nanya, saya ini fresh graduate. baru mau mulai2 nyari kerja d daerah KL dan selangor. tapi yg saya denger, byk company yg ga bersedia membayar visa untuk para pekerjanya. kira2 brapa harga visa untuk pekerja dsini ya?? klo untuk pelajar cuma rm60 saja. tolong informasinya d kirim k email saya saja.

    trima kasih

  71. Jacky
    February 28, 2009 at 3:26 am

    pak sy mo tanya,kalo misalnya technical support range gajinya kira2 berapa yach ??
    thx u..

  72. ahsan
    March 7, 2009 at 7:29 am

    assalamualikum wr wb, sy niat tuk ngelanjutin kuliah di malaysia, tp pengen cari beasiswa di malaysia…. gmn cara dapet beasiswa di UTM ato MMU cyberjaya,,, ?? jazakallah

  73. diana
    April 7, 2009 at 8:45 am

    assalamu’alaikum…
    saya mau tanya, saya ingin meneruskan s2 di malaysia bidang bioteknologi di universitas sains malaysia, kira-kira total biaya per bulan berapa(biaya hidup, biaya kuliah, dan biaya lainnya yang mungkin dibutuhkan)?
    trus mungkin gak kalo setelah kuliah disana saya mendapatkan beasiswa? dan kerja part time apa yang cocok buat mahasiswa s2 by research?
    atas jawabannya, saya ucapkan terima kasih banyak…tolong di bales via email…

  74. April 16, 2009 at 3:23 am

    Assalamualaikum,
    Mo nanya ni pak,
    Saya seorang perawat,diterima bekerja sebagai Clinical Instructor di Kolej Shahputra Kota Kwantan Pahang. Kira2 kondisinya seperti apa ya..?
    Gaji yang di tawarkan RM.2800, disediakan tempat tinggal dan transport ke tempat kerja.
    Kira2 setelah dikurangi biaya makan dll saya masih bisa nabung berapa ya.?
    O ya , apakah di sana saya bisa buat bisnis kecil2an, misalnya buka warung makan dll..
    Terima kasih atas informasinya.
    kalu bisa tolong balas ke email saya widodorn@yahoo.com
    Wassalam,

  75. ibu Dian
    May 14, 2009 at 4:55 pm

    Assalamualaikum,
    Senada dengan bapak Ahmad saya dan suami pun ingin membuka usaha sendiri di Malaysia.
    Mohon informasi mengenai orang Indonesia yang akan buka usaha di sana. proses yang dijalani, biaya sewa toko dll. mohon dibalas di email saya diandokter@yahoo.com.
    Saya tunggu balasannya. sebelumnya terima kasih banyak.

  76. Lia
    June 14, 2009 at 8:49 am

    Salam kenal,

    saya baru saja ditawarin kerja di travel agent gitu, ownernya bilang gajiny 800RM tempat tinggal ditanggung oleh company, is it worth it? soalny klo liat post2 yang lain qo smua diatas gaji yg ditawarin ke saya,
    Trims ya pak ditunggu replynya yah

  77. dita
    July 19, 2009 at 3:24 pm

    malam mas…mau tanya donk..saya punya anak umur 4 tahun….dan saya sudah bercerai dengan suami…sekarang calon suami saya kerja di malaysia dan kami berencana akan menikah..dan selepas nikah kami akan tinggal disana semua…apa syarat2nya untuk saya dan anak saya yang masih di bawah umur itu….tolong di jelaskan ya…trimakasih

    • July 21, 2009 at 10:50 am

      bu dita,
      seingat saya untuk urus dependant itu sekitar RM 700-an perorang. ini permit pertahun lho. dapat diurus di imigrasi di sana dan harus ada surat pengantar dari companynya suami anda

  78. bima
    September 13, 2009 at 8:14 pm

    Dear All,
    mohon bantuanny bagi yg berpengalaman di KL
    saya kerja di indonesia, dan mau pindah departemen (masih perusahaan yg sama) tetapi akan dikirim ke KL (malaysia) tepatnya perusahaan airline.
    Saya sudah interview dan dijelaskan basic salary 2,2 jt, allowance RM 500, dan tunjangan lain sekitar RM 1000, kalau ditotal sekitar RM 2200. tapi itu semua akan saya terima dalam bentuk Rupiah
    RM 1 = Rp 2700 // jadi RM 2200 = sekitar 6,2 jt katakan lah pembulatan 6 jt
    saya hidup single, dan blum tau apa2 disana..yg saya pertanyakan apakah dengan salary segitu saya bisa survive, dan bisa menabung?
    dan apakah saya ambil atau tidak dengan tinggat ekonomi tahun 2009 ini….
    thanks

  79. maca
    October 1, 2009 at 2:10 am

    suami sy mendapat tawaran kerja di KL. Gaji sekitar RM6500, tanpa health insurance untk keluarga. saya pertanyakan apakah dengan salary segitu saya bisa survive, dan bisa menabung?

  80. October 3, 2009 at 3:28 am

    @maca:
    RM 6500 sepertinya sudah bisa survive jika keluarga tidak banyak (anak 1-2). health insurance tidak perlu, kalau sakit bisa ke klinik, biasanya sekitar RM25 paling mahal sekali datang.
    kalo menabung tentu tergantung gaya hidup ya. saya perkirakan untuk keluarga kecil, RM3000-RM 5000 sudah cukup kok untuk hidup satu bulan dengan menyewa rumah kecil (RM 250-RM350/bulan), jadi harusnya masih bisa menabung.

    • joe
      October 18, 2009 at 1:33 pm

      Mas KampungMelayu, sewa rumah di KL yang RM 250-RM350/bulan itu dimana ya? Thanks.

  81. November 30, 2009 at 5:12 am

    Aslmlkm Mas…
    Salam kenal, saya Aziz.
    Gini Mas, saya ada rencana untuk kuliah S2 di IIU. Mungkin sekitar tahun 2011 atau 2012. Yang sy mau tanyakan, kira-kira untuk nyari part time job sulit atau nggak yah Mas…? Terus, ada nggak beasiswa dari kampus atau lembaga lainnya di Malaysia? Hmm, kira2, jumlah mahasiswa Indonesia yang sekarang tinggal di Malaysia ada berapa yah Mas?

  82. November 30, 2009 at 5:13 am

    Owh ya Mas, tolong bales ke email saya saja. Makasih banyak Mas…

  83. Dewi
    December 2, 2009 at 5:38 am

    Dear all,
    Nama saya Dewi, saya seorang dokter yang akan melanjutkan studi S2 (spesialisasi) di Kuala Lumpur. Kebetulan suami saya seorang dokter juga. Yang saya ingin tanya apakah ada teman-teman yang punya pengalaman bagaimana mengurus ijin praktek disana? Rencananya bila saya kuliah, maka suami saya yang praktek. Trims…

  84. amrull
    December 31, 2009 at 4:15 am

    assalamualaikum wr.wb.
    terima kasih atas informasinya mas
    tapi sejujurnya saya akui kalau saya belum puas dengan penjelasan mas artinya saya membutuhkan penjelasan dari mas lebih detail lagi.
    saya mau kuliah ke universtias yang ada di malaysia sebenarnya sih maunya ke Universitas Kebangsaan Malaysia tapi saya akan lebih memilih universitas yang kira-kira jauh lebih murah dari UKM. kira-kira Universitas apa yang paling murah dan sesuai dengan jurusan yang pingin saya ambil yakni jurusan ekonomi syariah. saya tunggu jawaban dari mas

  85. January 4, 2010 at 6:03 am

    Tanya mas,
    saya seorang researcher yang ingin research di Kota Penang
    Cukup nggak ya dengan gaji RM 6200 per bulan. Saya bersama istri dan 2 orang anak kelas 4 SD dan TK. Kalau cukup, bisa saving nggak ya

  86. badil
    February 11, 2010 at 10:51 am

    Mas.. Mo nanya…dapat Offer di Cyberjaya…
    tp masih bingung mo tinggal dimana..soalnya berangkat ama istri.

    pengennya sih nyewa rumah di luar cyberjaya soalnya di Cyberjaya mahal sekali.

    ada saran gak mas, nyewanya dimana dan public transportnya gampang utk pergi kerja.
    saya dengar ada Bus DTS yg langganan perbulan ke Cyberrjaya.

    makasih banyak ya mas….

  87. andri tjiu
    March 3, 2010 at 12:22 am

    salam mas kampungmelayu

    sepertinya banyak juga yang tinggal di cyberjaya trs tinggal dikawasan sekitarnya
    saya juga bulan maret akhir ini akan mulai bekerja di cyberjaya di emerio.

    mas badil sudah dapat tempat tinggal di cyberjaya atau diluarnya?

    karena DTS kayanya langganan per bulan 200 atau 300an yah? jadi kl di luar juga kurang lebihnya minimum 500RM dengan perkiraan kl kos dpt 200RM di daerah puchong
    tp dari puchong ke DTS terdekat juga harus naik bis kan, berarti ini tambahan biaya lagi.

    saya masih single,di indonesia ada cicilan rumah juga
    maka saya harus saving lumayan untuk cicilan rumah plg utama.

    ada yg punya kamar kosong untuk disewa yg deket2 DTS?

    kl perlu cepet contact saya bisa di andri.tjiu@yahoo.com

  88. Nisa
    March 3, 2010 at 2:42 am

    Mau tanya ya,

    Kalo biaya hidup di Pulau Pinang sekitar berapa ya per bulan?

    Saya ada rencana untuk meneruskan studi di USM. Kira-kira adakah yang tahu berapa kisaran biaya kuliahnya sehingga saya bisa bersiap-siap?

  89. lia
    March 5, 2010 at 8:44 am

    kampung melayu,

    mau tanya donk tmpt” murah di KL sekitar dubes RI, krn sy akan bekerja disana sekitar bln mei 2010, dgn gaji RM3000, apakah dgn gaji segitu msh bisa saving n ksh kiriman ke indonesia.

  90. indra
    March 8, 2010 at 11:05 am

    manu tanya ya..
    saya dapet tawaran kerja di daerah subang jaya-selangor. dengan salary 2000RM dan difasilitasi rumah, mobil dan uang komunikasi untuk keluarga yang ada di indo. saya sudah menikah dan istri ingin ikut jika saya pergi/kerja di malaysia dengan konsekuensi biaya hidup istri tidak di tanggung oleh perusahaan… mohon masukannya,apakah bisa terpenuhi dengan salary dan fasilitas diatas untuk bisa hidup di malaysia…
    atas jawabannya terima kasih

  91. Andy
    March 19, 2010 at 5:51 am

    mas kampung melayu.
    bulan ini tgl 30 aku mau berangkat ke penang dengan gaji RM 2600 rumah,dan kendaraan di tanggung.saya amu tanya biaya makan di penang sehari abis berapa?masih bisa kah saya menabung,karna saya punya 2 anak…
    tolong di email ke saya

    thankz alot

  92. BM
    March 20, 2010 at 8:29 am

    Mas Mau Tanya nih,
    Istri kebetulan dapat tawaran di salah satu vendor hardware di Penang, dan saya akan segera menyusul begitu mendapat pekerjaan di sana. Apakah mas punya link untuk cari apartemen atau sewa rumah di Penang? Terima kasih atas bantuannya :)

  93. diofickar wyansafadzil
    March 30, 2010 at 12:47 am

    saya mw bertanya kira kira kalau biaya hidup diampang itu
    berapa ???

  94. diofickar wyansafadzil
    March 30, 2010 at 12:49 am

    karena saya ingin kuliah disana .., dan biaya college disana berapa biaya yang harus dikeluarkan

  95. refta
    April 12, 2010 at 3:54 am

    hi pak, saya mau tanya nih, kalau universitas negeri di malaysia, biaya untuk s2 komputer nya berapa pak? kalau biaya hidup kira2 berapa dalam rupiahnya? mohon bantuannya. Terima kasih.

  96. sudrajat
    April 26, 2010 at 5:12 am

    saya daoet tawaran kerja sbg dosen di melaka, malaysia, gaji 4400 RM, kontrak 2 tahun, sudah termasuk akomodasi dan asuransi kesehatan.. Mohon diberikan gambaran biaya hidup, pajak gaji, dan masih bisakan menabung/berapa kira2 besaran tabungan. trims

  97. heztie
    April 28, 2010 at 1:19 am

    mas kampung melayu,

    mohon infonya tentang TODAY’S MALL ULU TIRAM _ JOHOR BAHRU..

    sy ada rencana mau ikut pameran ‘ carnival bazaar ramadhan’
    pada tgl 4 agustus-9 september (35 hari)
    dimana sy hrs membayar biaya stand, homestay, tiket ke johor (lwt batam), pajak brg sebesar Rp. 15jt.

    saya masih ragu2 karena belum pernah pameran ke luar negri, untuk itu mohon infonya:

    1. biaya hidup (makan) di johor dan pd tgl tsb adalah bulan puasa, bagaimana situasinya atau aturan yg berlaku saat bln puasa

    3. sy pameran pernik2 handmade untuk anak2, bagaimana prospeknya? konsumtif ga warga johor? kira2 berapa harga 1 buah tshirt disana?

    4. bandara yang terdekat di johor? dan kira2 harga tiket johor-semarang

    mohon infonya mas, biar sy mantap ikut pameran… makasiiiiihhhh bgt

  98. vina aulia
    June 17, 2010 at 2:33 am

    saya akan meLanjutkan S2 d Malaya University (civiL engineering)..
    kira2 peNerimaan mahasiswa baru d sana skitar buLan apa iah???
    truz mengenai bahasa pengantar gmn??sehari2 pake bahasa meLayu ato bhs inggris???
    untuk biaya hidup RM2000/month cukup gak???
    untuk sewa t4 tinggaL kira2 per bulannya brapa???
    rencana saya juga sambiL kerja…

  99. ajw24
    July 30, 2010 at 4:11 am

    Salam kenal,

    Saya ada rencana ke malaysia minggu depan, ke KL, cm 2 hari.

    Saya mau tanya, kira2 untuk makan, transport, dan beli oleh2 saya harus bawa uang berapa ya?

    Kalau mau beli oleh2 yang murah dimana?

    Dan kalau mau jalan-jalan yang enak kemana, biaya nya berapa?

    Terima kasih.

  100. kamandanu
    July 30, 2010 at 4:55 pm

    Saya dapat tawaran kerja di sebuah perusahaan manufaktur di Johor, kawasan industri Tebrau, sebagai IT Technician.
    saya ditawari gaji “cuma” RM1500.
    Yang ingin saya tanyakan, apakah dgn gaji segitu saya dapat hidup dgn layak di Johor? sementara saya masih harus menghidupi anak dan istri saya.
    Bagaimana perbandingan biaya hidup antara Johor dan Jakarta?

    Terimakasih sebelumnya.

    • August 1, 2010 at 2:08 pm

      RM 1500 saya kira sangat rendah pak, angka yang paling minimum saya kira untuk pekerja seperti bapak saya kira di kisaran RM 3000. fresh graduate engineer (orang lokal) di sana mendapat gaji kira2 di RM 3000 juga.
      biaya hidup Johor lebih tinggi dari Jakarta, karena terimbas dengan lokasi yang dekat dengan SIngapura

  101. Echa.Yoes
    August 5, 2010 at 10:59 am

    Hallo Mas,
    Mohon bantuannya, sy ditawarin kerja di PTP Johor bulan August’10 ini, saat ini posisi saya sebagai Finance Supervisor, pengalama 5thn, kira-kira berapa ya salary yg wajar tuk posisi yg sama di Johor?.

    Mohon informasinya segera, thx

  102. imah
    September 24, 2010 at 12:39 pm

    salam..
    pak, senang sekali saya bisa membaca blog bapak
    pak, saya mau tanya pendapat bapak
    saya dapat tawaran kerja di kawasan perindustrian jakar, kemaman terengganu dg gaji 1500 gross. setelah saya baca blog bapak, sepertinya uang segitu rendah sekali nilainya di sana ya pak? apakah saya bisa survive dg gaji sebesar itu? mohon pendapat bapak, untuk pertimbangan saya apakah tawaran kerja ini layak saya ambil. terimakasih ya pak atas jawabannya..

  103. rifky
    September 25, 2010 at 9:59 am

    halo!!

    Saya dapet tawaran krj d KL sbg optician/pekerja optik, dpt tawaran gaji basicnya 1700RM, fasilitas rumah, komisi+incentive. Kira2 dgn fasilitas diatas, sya bisa hidup cukup dan bisa menabung ga yaa??
    Lalu kehidupan dsana bagaimana?bahasa yg sering digunakan english kah??
    Mohon sgala informasinya.
    Terimakasih.
    Silahkan jwb ke superifky@gmail.com

  104. alan
    October 9, 2010 at 2:39 am

    Ass..salam kenal mas sblmnya..saat ini saya dapat tawaran pek di Malaysia dgn offering RM 2.000 sdh semuanya (exclude incentive). saya pengalaman 5 thn di sales terutama Telemarketing.Perusahaan yg menwarkan pek adlh Dell (Computer). apakah segitu cukup? sy sdh menikah blm punya anak, ada rencana bawa istri dan hrs krm ke indo juga tiap bln. dan worth it ga ya segitu offering?..TERIMA KASIH BANYAK SEKALI LAGI SEBELUMNYA ATAS MASUKANNYA MAS

  105. alan
    October 9, 2010 at 2:49 am

    tambahan utk skrg saya posisi assistant telemarketing manager

  106. Bastian
    November 27, 2010 at 2:54 am

    any other information about all living cost in Malaysia?
    for example, how many the cost of eat?
    or anything?

  107. muhammad thahir
    December 4, 2010 at 7:37 am

    gaji besar kecil pasti akan berpengaruh pada gaya hidup, jadi intinya sama saja. Punya duit banyak, beli rumah mewah, mobil, dll, semuanya itu butuh biaya pemeliharaan. Sementara duit sedikit (gaji kecil) juga bisa punya rumah (kecil), kendaraan (motor) yang biaya pemeliharaannya juga kecil. Sama2 bisa makan, sama2 bisa sedekah. Saya melihat tidak ada beda antara penghasilan besar dgn gaji kecil, yang membedakan adalah sejauh mana dia orang mengerti untuk apa uang itu dipakai dan dibelanjakan.

    Punya gaji besar bersedekah 100 ringgit, punya gaji kecil bersedekah 100 ringgit, tapi nilainya lebih besar bagi yang bersedekah 100 ringgit.

    Salam,
    Taher

  108. muhammad thahir
    December 4, 2010 at 7:39 am

    Gaji besar kecil pasti akan berpengaruh pada gaya hidup, jadi intinya sama saja. Punya duit banyak, beli rumah mewah, mobil, dll, semuanya itu butuh biaya pemeliharaan. Sementara duit sedikit (gaji kecil) juga bisa punya rumah (kecil), kendaraan (motor) yang biaya pemeliharaannya juga kecil. Sama2 bisa makan, sama2 bisa sedekah. Saya melihat tidak ada beda antara penghasilan besar dgn gaji kecil, yang membedakan adalah sejauh mana dia orang mengerti untuk apa uang itu dipakai dan dibelanjakan.

    Punya gaji besar bersedekah 100 ringgit, punya gaji kecil bersedekah 100 ringgit, tapi nilainya lebih besar bagi gaji kecil

    Salam,
    Taher

  109. December 5, 2010 at 12:09 pm

    saya kan insya allah mw kuliah S1 di KLIUC
    nah itu tidak lah murah.
    nah yang saya tanya biasanya banyak tidak sii mahasiswa yg bekerja part time di malaysia dan kira” besaran gajinya berapa?
    thank you

  110. Fauzi
    December 13, 2010 at 9:03 am

    Asswrwb,
    Mohon infonya teman2, kbtulan saya dapat tawaran kerja di KL dan penawaran gajinya sekitar MYR 6000. Apakah ini dapat dikatakan tawaran yang bagus? terus terang saya belum pernah tinggal lama di KL, cuma pernah liburan 3 hari aja.
    thanks,
    Fauzi

  111. shah
    December 15, 2010 at 1:53 am

    fresh grad di KL utk S1 gaji rata2 Rm2000 to 3ooo tergantung perusahaannya.
    KL living cost for bachelor aku summmarise as below:
    Apartment room rental – 300 to 400(ini furnish, bed ,kipas + wardrobe)
    public transport – 100
    makan minum monthly – 400 ini kalo hemat yaa
    HP – nah ini tergantung kita
    others – 250
    Entertainment – 300 ini jg tergantung kita
    kalo pake mobil kecil yaa tambah sekitar 400 p/m ini kalo ambil credit
    in a nut shell kalo di kl gaji 2000 masih bisa hemat tp terlalu kecil

    if you are living outside KL, JB Penang , living cost drop roughly 30% cm transport harus ada lho

    salam,
    Shah
    malindo in KL

  112. mahfud
    January 6, 2011 at 4:41 am

    salam, saya mahfud di aceh, insyaalla saya tanggal 12 januari 2011 akan ke malaysia untuk ambil S1,dengan biaya pemerintah aceh, tapi kulyah nya di Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) yang terletak di tanjung malim negeri perak. kalau saya lihat di internet memang lumanyan jauh dari KL,
    saya juga belum pernah ke negeri jiran malaysia.
    pertanyaan saya bagaimana kira2 biaya hidup di tanjung malim itu, terus dengan biaya RM1600 / bln cukup tidak.

  113. gina
    January 14, 2011 at 12:28 pm

    orang terdekat saya akan sekolah S2 Spesialisasi Obstetri dan Ginecology…kalo di KL berapa y biaya hidup sehari2 klo tinggal di rumah kontrak???belum ada gambaran sama sekali…tentang semuanya..nohon bantuannya..

    • reez
      January 23, 2011 at 7:34 am

      tergantung gaya hidup..
      sewa rumah teras 1 lantai ± Rm 700an
      listrik tergantung pemakaian ± Rm 100 – Rm 150 per bulan
      kebutuhan perut sehari ± Rm 20 (ini saya lho hehe..)
      rokok sehari ± Rm 4.70 – Rm 10 (klo merokok :p)
      (khusus 4.70 untuk sampoerna original atau sampoerna dengan cukai indonesia dan 8 untuk sampoerna dengan cukai malaysia, 10 itu harga rata² untuk marlboro dan sejenisnya)

      untuk tarif bus/ lrt tergantung dari tujuan, biasanya saya pake monorail dari terminal putra ke KLCC Rm 2.30 (cuma tau itu aja, blm pernah nyoba ke terminal lain)

  114. nunu
    January 16, 2011 at 1:17 pm

    mohon info secepatnya pak

    suami saya dapet offer job di malaysia awal bulan depan, pihak perusahaan nawarin bbrp lokasi seperti NEGERI 9, MALAKA, JOHOR, PAHANG, KELANTAN, TRENGGANU kira2 menurut pabat yang paling bagus daerah mana yah ?karena saya sama sekali gak tau kondisi kota2 tersebut.
    saya sendiri lbh tertarik antara NEGERI 9, MALAKA, JOHOR. tapi saya tidak tau kondisi daerah tersebut,
    suami saya dpt salary 7000RMY, tunj rumah 750RMY, transport 450RMY dapet mobil dari kantornya. mohon penjelasaanya dengan gaji segitu tp saya bisa save money min $US1000

    thanks

  115. muhammad thahir
    January 22, 2011 at 10:44 am

    Hi Prends,

    Ada gak ya, yang tinggal di Miri, saya akan kesana hari senen 24 Jan 2011. Kerja di MMC Engineering. Tolong dibantuin cari sewa rumah yang murmer (murah meriah) yang gak jauh dari t4 kerja. Trims.

    Bisa japri ke email mdtaher@ymail.com

    Salam,
    Tahir

  116. heny
    February 16, 2011 at 2:32 am

    hi,

    saya menikah dengan pria malaysia yg tinggal di Johor Bahru.dalam waktu dekat ini saya akan ikut dengan dia kesana. tapi ada ketakutan dalam diri saya,karena saya tidak tahu kondisi johor atau KL. bisa info saya pak. walaupun suami org sana ttpi saya ingin tau mengenai biaya pendidikan krn saya saat menikah saya membawa 1 anak dr pernikahan sebelumnya.lalu apakah saya bisa bekerja juga disana? mohon informasinya, bisa dikirimkan ke email saya langsung pak.saya inghin tau biaya hidup, kebiasaan, biaya pendidikan dan prospek kedepannya apakah lebih baik disana atau saya harus stay di indo??

  117. hannah sorayana
    February 21, 2011 at 2:00 am

    dear,…

    saya renacana mau sekolah chef di KL tapi masih bingung dengan biaya hidup disana,.. dan kalau sekolah memasak yang bagus disana apa dan brapa kira2 biayanya plus biaya hidup disana?? tolong sangat butuh informasinya, thank before….

  118. RIAN
    March 21, 2011 at 12:39 pm

    Saya mau tanya nih, sy ditawari job otomotif Proton di Malaysia dengan gaji RM 1300 semua sdh termasuk mess, cukup gak ya misal kalau sy masak sendiri bisa kirim berapa ke Indonesia? and aman gak kerja pakai work permit d Malaysia

  119. ade
    April 4, 2011 at 8:21 am

    kira” rupiahnya berapa ya….

  120. Lee
    May 3, 2011 at 1:47 pm

    Saya ingin membuka usaha salon di malaysia..
    Bagaimana cara dan kiat2nya?
    Tlg yg sdh tinggal d malay, berkenan share..
    Juga u/ tempat tinggal dan sewa tempat usaha.. Mksh

  121. Lee
    May 3, 2011 at 1:51 pm

    Tlg jika ada informasi bs dkabari k :
    New_spirit@indosat.blackberry.com

    Makasih :D

  122. Paspasan
    May 5, 2011 at 1:01 pm

    mohon informasi tentang gaji dasar pekerja kilang elektronik di malaysia khususnya sekitar lembah klang dan kuala lumpur (gaji dasar perbulan, overtime, makan minum dan penginapan), terima kasih sebelumnya dan salam sukses untuk anda selalu

  123. Paspasan
    May 5, 2011 at 1:20 pm

    Sekedar Informasi

    salam sejahtera dan sukses selalu,

    kadang saya jadi bingung sendiri ….. umumnya masyarakat indonesia yg berasal dari berbagai tingkat pendidikan dan berlatar belakang dari berbagai tingkat kehidupan kok bisa ya tertipu ama agensi tenaga kerja di Indonesia yg nawarin kerja di malaysia, lucu kan …
    gini ceritanya, misalnya …. untuk pekerja kilang / pabrik elektronik aja mereka dijanjikan gaji sebesar 480 Ringgit Malaysia dengan uang makan perhari 3 RM dan lembur per bulan kalo ga salah sekitar 70 RM, tapi kok mereka mau ya …

    maksudnya, apa mereka tidak diberikan informasi taraf kehidupan di malaysia terutama di kuala lumpur dan sekitar lembah klang (selangor) sangat tinggi, kalo hanya menerima sekitar kurang lebih 600 RM … mau nabung apaan …. hehehe lucu, juga mereka … maunya kalo ada keinginan bekerja di malaysia sebagai pekerja kilang mohon cari info di Perwakilan RI (Kedutaan Besar Republik Indonesia/ KBRI Kuala Lumpur) mungkin KBRI KL bisa membantu memberikan info yg sebenarnya kan ..

    telpon aja di bagian tenaga kerja di KBRI KL dgn no. tel. +603 2116 4071, 4072, 4073, 4074 … mudah2 an dapat membantu. oya ini email saya : otf_isthebest@yahoo.com …. mungkin saya bisa membantu kawan2 ok, selamat berjuang deh …

  124. Ichan Amir
    May 12, 2011 at 6:29 am

    Salam kenal saya Ichan Amir.
    Saya sedang bekerja di pulau sumatra,kebetulan ditempat saya bekerja menyediahkan beasiswa pendidikan s2, akan tetapi hanya biaya pendidikan. sekitar 40 jutaan/ 13,913 RM semuanya.Lulusa EKonomi Manajemen

    Saya berencana mau ambil s2 bahasa dan sastra inggris, di Universitas Malaya Kuala Lumpur. Akan tetapi saya kepikiran biaya makan dan tempat tinggal, karena penuh keterbatasan.

    Jadi mohon informasinya:
    1. Apakah saya dari S1 ekonomi bisa mengambil s2 sastra inggris.
    2. Terus berapa biaya hidup paling murah ( konsumsi & Tempat tinggal) termurah?
    3. Apakah saya bisa kuliah s2 sambil bekerja untuk menutupi biaya hidup tersebut dan tempat tinggal.
    4. Kalau untuk bagian sastra inggris part time apa yang cocok atau pekerjaan part time lainnya?

    Ditunggu

  125. arhiny
    June 20, 2011 at 8:27 pm

    Bisa bantu informasi buat program S2 di ukm atw yg lainx… ?? makasih ^_^

    arhiny.edison@ymail.com

  126. anonymous
    June 24, 2011 at 9:37 pm

    selamat pagi semua,

    saya mau tanya bagi siapa saja yg ingin jawab, sy masih belajar s1 administrasi bisnis di ucsi university, yg mau saya tanyakan adalah seberapa besar peluang kerja di malaysia nanti nya? dan kisaran gaji yg ditawarkan perusahan2 untuk fresh graduate seperti saya nanti nya.
    thx :)

  127. andri
    July 22, 2011 at 2:41 am

    saya dengan andri,saya rencana akan kuliah disana,tapi gak mau membebankan orang tua saya,saya rencanna sambil kerja kira” yang paling cocok buat saya keja dimana ya?

  128. Decia
    July 26, 2011 at 12:52 pm

    halo, saya mau tanya dong, kalo kuliah di ukm itu biaya hidupnya berapa ya per-bulan. saya mau kuliah di ukm nanti sept. kira-kira sekarang berapa untuk ukuran mahasiswa? dan soal bahasa, apakah di malaysia (KL khususnya) harus menggunakan b.inggris utk komunikasi? mohon dibalas. terimakasih.

  129. JENNY
    August 4, 2011 at 10:56 pm

    SAYA MAU NANYA KALAU KULIAH DIMALAYSIA BARU LULUS SMA UNIV YG BAGUS DAN TDK MAHAL DAN BRP BIAYANYA TLG INFONYA

  130. August 13, 2011 at 7:17 pm

    terima kasih saudara yagn membuat blog ini. Sangat membantu untuk memberi gambaran.

  131. ika
    October 5, 2011 at 10:16 am

    saya ika, mau tanya, saya ada rencana melanjutkan kuliah S2 kesehatan masyarakat dimalaisya, alamatnya dimana y? bagaimana dengan biaya hidup disana dan apakah bisa saya kuliah sambil kerja? trimakasih atas infonya

  132. dian
    January 3, 2012 at 1:33 pm

    mas kampung melayu ,tolong info ttg cari rmh sewa seharga RM 250-300 didekat mahkota medical center? trims

  133. sofian
    January 4, 2012 at 3:23 pm

    Salam kenal,
    Saya Sofian dari Surabaya, Minta informasi kalo mau kerja di Malaysia lewat agen apa?
    Saya S1, pengalaman kerja 9 tahun, di perusahaan bahan kimia electroplating ( pelapisan logam) posisi Kepala Laboratorium, Mungkin ada informasi lowongan pekerjaan di Malaysia, dan gajinya. bisa lewat email : sofiansalim77@yahoo.com.
    Terima kasih

  134. indri
    January 12, 2012 at 5:56 am

    I nak tanya,macam mana i nak mulakan hidup di johor baru.
    Boleh bagi tau siapa nak di contact untuk mengarahkan bagaimana sebaiknya tinggal di jb dengan formal n save.

  135. shah
    December 20, 2012 at 1:57 am

    rame juga ya yg masih ga jelas biaya di malaysia..kalo ada yang masih bingung bisa tanya terus ke KBRI Kuala Lumpur

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 47 other followers

%d bloggers like this: